Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online

Dampak Positif  dan negatif    – Game online saat ini sudah banyak di gemari banyak orang. Saat ini orang Dewasa atau pun remaja sudah banyak yang hobi bermain game.

Bermain game memang bisa membuat Anda bebas stres, namun Anda juga harus berhati-hati karena stres Anda bisa semakin bertambah jika permainan tidak selesai.

Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online

Bermain game memiliki efek positif dan negatif yang bisa dialami pemain. Untuk menghindari semua efek negatif, Anda harus bermain game di level normal.

Lalu apa saja dampak positif dan negatif dari bermain game? Berikut penjelasannya.

Dampak Positif Game Online

1. Tambahkan teman

Seperti yang sudah di ketahui saat ini banyak sekali yang hobi dengan bermain game. Anda juga bisa menambah teman dari bermain game.

Jika Anda sering bermain game di game sewaan atau di tempat game online, kemungkinan besar Anda akan memiliki lebih banyak teman.

Baca Juga

2. Membuat cara berpikir Anda lebih cepat

Efek positif kedua dari bermain game adalah akselerasi mental. Bagaimana itu bisa terjadi? ada bisa berfikir secara cepat dan membuat keputusan yang tepat.

BACA JUGA :   Cara Mudah Membuat Akun Mobile Legend Baru Tidak Perlu Hapus Data

3. Meningkatkan kemampuan kemampuan bahasa asing

Kita semua tahu bahwa sebagian besar game yang dibutuhkan berasal dari luar negeri dan kebanyakan menggunakan bahasa Inggris.

Jika Anda ingin memahami permainan dengan lebih mudah, mau tidak mau Anda harus mempelajari arti bahasa atau kata-kata yang digunakan dalam permainan.

Hal inilah yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda.

4. Kurangi stres

Tidak hanya orang tua yang mengalami stres, tetapi anak juga mengalaminya.Beberapa orang tua terkadang menetapkan harapan dan tuntutan yang tidak terlalu disukai anaknya, misalnya terkait hobi dan studi.

Bermain game bisa menjadi salah satu cara si kecil untuk menghilangkan stres untuk mengurangi tingkat stresnya.

5. Latihan kesabaran

Banyak video game dirancang dengan tingkat kesulitan yang begitu tinggi sehingga terkadang bahkan pemain yang ahli membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menyelesaikannya.

Kesabaran semacam ini pasti berguna dalam kehidupan nyata.

6. Latihan kelincahan

Bermain game juga dapat meningkatkan keterampilan Anda. Ada fungsi untuk bekerja, bermain, dan berolahraga secara bersamaan.

Ada banyak permainan dalam video game yang meningkatkan tingkat koordinasi dan wawasan mata Anda.

Dampak negatif Game Online

Selain beberapa efek positif yang disebutkan di atas, bermain game juga memiliki beberapa efek negatif yang bisa Anda terima jika tidak berhati-hati. Efek negatif tersebut adalah:

BACA JUGA :   10 Game Pc offline Terbaik 5 Tahun terakhir

1. Kecanduan

Jika Anda sangat tertarik dengan sebuah game, Anda juga bisa menjadi kecanduan. Kecanduan ini akan sangat berbahaya, terutama jika Anda melupakan semua tanggung jawab Anda atau melupakan semua aktivitas Anda.

Bahkan yang paling ekstrim adalah seseorang menjadi malas makan karena kecanduan game.

2. malas

Kemalasan adalah efek negatif kedua dari bermain game yang juga diakibatkan oleh kecanduan. Jika seseorang malas, seolah-olah semuanya akan terlupakan dan langsung tertidur setelah lelah bermain game.

3. Kurang tidur

Kita sering melupakan kebutuhan dasar ini, dan akibatnya, dampak negatif kurang tidur datang kepada kita, dan kita akan kehilangan tidur ketika kita terlalu sibuk bermain game.

4. Menderita kerugian finansial

Anda juga bisa mengurangi uang saku di kantong anda jika bermain game online.

Selain kebutuhan koneksi, orang yang sangat kecanduan sangat mungkin merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk membeli peralatan gaming atau mungkin merakit komputer gaming.

5. Radiasi yang membuat mata kurang sehat

Jelas bahwa terlalu sering menghadap layar/proyektor akan membuat mata sakit dan tidak sehat, dan radiasi yang dipancarkan, apalagi jika terus menerus, akan menyakiti mata dan terlihat buram saat melihat.

Ini adalah efek paling umum pada pemain. Tidak hanya gamer sejati, mereka yang lama menatap layar komputer atau menonton TV dalam waktu lama juga bisa terkena serangan ini. Efek terdekat yang mungkin adalah Anda harus memakai kacamata.

BACA JUGA :   Game Tebaru HP Android dan iPhone Terbaik di Dunia 2021

6. Mandi malas

Jika Anda lelah di depan PC atau laptop Anda, Anda akan malas untuk bergerak kemana-mana, bukan? Akibatnya, kamu tidak memperhatikan perintah ibumu untuk mandi.

Tidak hanya itu, jika kamu akhirnya memakan jajanan sambil bermain, sampah bekas jajanan akan mengotori meja karena malas untuk membersihkannya.

Demikian informasi mengenai dampak positif dan negatif dari bermain game. Game harus dimainkan dengan benar agar kita tidak mengalami beberapa efek buruk seperti yang dijelaskan.

Jika Anda memiliki anak yang mulai menunjukkan tanda-tanda kecanduan game, pengawasan dan pendampingan saat anak bermain game adalah solusi terbaik.

Leave a Comment