7 Apa yang Dapat Dilakukan Laporan Keuangan Untuk Bisnis Anda

7 Apa yang Dapat Dilakukan Laporan Keuangan Untuk Bisnis Anda

7 Apa yang Dapat Dilakukan Laporan Keuangan Untuk Bisnis Anda – Membaca “Laporan Keuangan” sering membuat orang merasa bingung. Laporan keuangan adalah catatan transaksi keuangan suatu perusahaan selama satu periode atau satu tahun. Ada juga banyak jenis laporan keuangan, masing-masing dengan kegunaannya sendiri.

Nah, jangan abaikan peran laporan keuangan untuk bisnis karena ternyata banyak sekali manfaatnya untuk Anda. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

7 Fungsi laporan keuangan tahunan untuk perusahaan Anda

1. Refleksi syarat dan ketentuan

Bagaimana Anda tahu jika perusahaan Anda berhasil atau perlu perbaikan? Caranya adalah dengan melihat laporan keuangan yang ada. Dari situ, Anda bisa melihat berapa pemasukan dan pengeluaran yang dimiliki perusahaan Anda.

Jika ada yang tidak sesuai, Anda bisa mengatasinya dengan cepat sebelum kerugian menjadi lebih besar. Anda juga dapat melihat informasi selain untung rugi, seperti: B. Aset, Arus Kas, dan Hutang Usaha.

2. Bahan evaluasi untuk ekspansi

Bagi Anda yang berencana untuk mengembangkan bisnis, baik itu membuka toko baru atau menambah produk penjualan, ada baiknya untuk meninjau laporan keuangan terlebih dahulu.

Fungsi laporan keuangan adalah untuk membantu Anda menilai apakah bisnis yang Anda jalankan cukup stabil atau tidak.

Katakanlah Anda melihat bahwa penjualan sebelum liburan sekolah lebih tinggi daripada penjualan menjelang akhir liburan. Dengan memasukkan informasi ini, Anda dapat lebih bertekad dalam mengembangkan rencana ekspansi bisnis!

3. Referensi saat mengambil keputusan

Salah satu kesulitan dalam menjalankan bisnis yang dapat dibantu oleh pelaporan keuangan adalah pengambilan keputusan. Tentu saja, bahkan jika Anda adalah orang yang intuitif, selalu ada keraguan tentang keputusan apa pun kecuali jika didukung oleh bukti nyata. Nah bukti nyata yang Anda butuhkan adalah laporan keuangan.

BACA JUGA :   5 Tips Usaha Ice Tea yang Menguntungkan

Misalnya, jika Anda masih ragu apakah Anda ingin membuka posisi baru, Anda dapat melihat situasi keuangan perusahaan Anda di laporan keuangan tahunan.

Contoh lain, seperti rencana relokasi perusahaan atau pengadaan produk baru, dapat dipertimbangkan kembali dengan melihat laporan keuangan tahunan.

4. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Anda mungkin ingin mencari investor atau mitra bisnis baru untuk mendukung bisnis Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu menyajikan laporan keuangan tahunan perusahaan Anda.

Tanpa mereka, perusahaan yang Anda jalankan akan kehilangan kredibilitas karena dipandang kurang berhati-hati dalam mengelola keuangan atau bahkan ditengarai sebagai perusahaan yang tidak kompeten.

Bagaimanapun, Anda kehilangan kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jangan biarkan kasus ini terjadi pada perusahaan Anda, oke? Mulailah menyusun laporan keuangan secara teratur dan menyeluruh.

5. Dapat menghindari risiko bisnis

Setiap sektor ekonomi pasti memiliki risikonya masing-masing, baik itu faktor internal maupun eksternal. Sekarang tinggal seberapa cepat Anda memanfaatkan peluang dan menghindari risiko dengan cara terbaik.

Ini adalah salah satu fungsi laporan keuangan, sebagai alat untuk memprediksi apakah risiko yang akan diambil sepadan dengan potensi manfaatnya.

Anda perlu melihat arus kas dan kinerja keseluruhan bisnis Anda dirangkum dalam laporan keuangan. Dengan cara ini Anda dapat menilai kelangsungan hidup perusahaan Anda di masa depan.

Hal ini dikarenakan sistem perpajakan di Indonesia bersifat self-assessment, sehingga Anda harus menghitung sendiri besarnya pajak yang harus dibayar.

Jika Anda telah menyiapkan laporan keuangan komersial dengan hati-hati, Anda juga akan terhindar dari risiko salah penilaian dan sanksi pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *