Cara Baca Arti Kode Ban Motor Dengan Benar

Kode Ban Motor – Tidak semua orang yang bisa mengemudi (terutama) tahu pasti apa arti kode produksi ban yang tercetak di pinggir ban.

Padahal, ban adalah satu-satunya komponen motor yang bersentuhan langsung dengan aspal. Oleh karena itu, spesifikasi ban yang dipasang pada kendaraan harus sesuai dengan kebutuhan.

Selain membaca manual, cara mengetahui spesifikasi ban selanjutnya adalah dengan membaca arti kode ban.

Hal ini penting agar tidak salah memilih ban dan ukuran yang sesuai dengan velg sepeda motor Anda. Ukuran ban juga mempengaruhi kualitas berkendara.

Sebelum salah pilih, simak dulu arti dari kode ban motor berikut ini. Ini dapat diperhitungkan saat membeli ban.

Jenis Kode Ban

Ada dua jenis kode ban sepeda motor: metrik dan imperial. Artikel ini akan fokus pada kode ban sepeda motor metric, yang cukup umum di pasaran.

Kecepatan Ban Motor

Berikut adalah beberapa kode-P yang berguna untuk mengetahui kecepatan maksimum yang dapat ditempuh ban: Dalam indeks kecepatan, ban kode-P dirancang untuk mencapai kecepatan maksimum 150 km/jam.

Ukuran Lebar

Misalnya, ban berkode 80/90-14 M/C 41P. Artinya, angka 80 sebelumnya mewakili lebar ban dalam milimeter (mm), dan angka 90 adalah kode untuk rasio tinggi ban terhadap lebar, yang biasa disebut sebagai aspek rasio. Jika lebar ban 80mm, berarti rasionya adalah 90% x 80 = 72mm.

BACA JUGA :   Spesifikasi Mobil Pajero Dengan Harga Terbaru 2022

Jenis Ban Motor

Kode Medium Compound (M/C) memberikan informasi tentang jenis ban yang digunakan. Nomor 14 yang terdaftar menunjukkan ukuran cincin roda dalam inci, dan nomor 41 menunjukkan beban maksimum yang direkomendasikan dalam indeks beban.

Saat dikonversi, ban tersebut mampu menahan beban hingga 150 kg.

Kode Unik

Setelah itu, ban juga memiliki kode numerik seperti 2421. Angka tersebut menunjukkan bahwa ban tersebut diproduksi pada minggu ke-24 tahun 2021.

Selain memahami arti kode ban, Anda juga perlu memperhatikan kualitasnya. Ban berkualitas baik memiliki bahan yang kokoh dan daya cengkeram yang baik. Dan satu lagi, belilah ban sepeda motor dari sumber yang terpercaya.

Nah itulah artikel yang berisi tentang cara mudah membaca kode ban berdasarkan fungsi yang diinginkan, sebelum membeli ban perhatikan terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan yang tidak di inginkan.

Leave a Comment