3 Penyebab Sekring Motor Putus

Bukan hanya cinta dan pacar yang tak terbalas yang bisa putus. Sekring motor juga bisa putus. Padahal, sekring baru belum tentu menjamin daya tahan. Bagaimana bisa? Ini seharusnya menjengkelkan. Juga, ketika sekring putus, klakson dan lampu motor akhirnya tidak menyala. Belum lagi kasus dimana motor kesayangan anda ternyata rusak.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab sekering motor putus, meskipun sekering motor baru saja diganti. Jadi bisa dihindari. Apalagi jika Anda ingin mengendarai sepeda motor dengan orang yang Anda sukai.

Penyebab Sekring Motor Bisa Putus

Hubungan arus pendek dapat merusak sekring motor. Selain itu, ukuran sekring yang lebih kecil dapat menyebabkan kematian ‘listrik’ pada sepeda motor ini. Lebih spesifiknya, inilah penyebab sekring motor putus yang akhirnya mengganggu Anda.

1. Sekering Motor Putus Karena Kualitas Suku Cadang Yang Buruk

Penyebab lain dari sekering motor putus adalah kualitas komponen yang buruk, seperti ketebalan kabel. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah ya? Ingatlah bahwa ada harga dan ada bentuk. Bahkan, sepertinya bisa lebih menghemat waktu untuk membeli suku cadang murah seperti kabel.

BACA JUGA :   Berikut Ini 3 Kota Beli Motor Diskon Mantab 2021

Nah, jika sekring akhirnya putus, Anda mungkin harus menggali lebih dalam untuk menggantinya dengan yang baru. Jadi perhatikan kondisi sekring yang baru saja Anda beli. Pemasangan yang longgar merupakan tanda bahwa sekring terlalu kecil.

Jika sekring terlalu kecil, ada risiko arus listrik. Bahkan dalam kondisi ini, motor dapat terbakar secara tiba-tiba.

2. Sekering Motor Putus Karena Beban Listrik

Sekering motor biasanya putus karena kelebihan beban listrik. Bahkan, panasnya bisa melelehkan sekring dan menyebabkan kebakaran. Dalam hal ini, Anda perlu menemukan sekering baru dengan tegangan lebih tinggi. Periksa juga kualitas kabel. Jangan memilih kabel yang mudah meleleh.

3. Sekring Motor Putus Karena Korsleting

Selain kelebihan beban listrik, sekering juga dapat putus karena korsleting listrik, yang mengganggu kestabilan arus yang mengalir di saluran sekering. Selanjutnya, seperti yang diharapkan, sekringnya rusak dan akhirnya putus. Dalam hal ini, Anda perlu memeriksa motor untuk korsleting. Kami menyarankan Anda untuk menyerahkan tugas ini kepada teknisi toko.

Sebelum terjadi kecelakaan, ada baiknya sekarang periksa kondisi kelistrikan sepeda motor Anda!

Leave a Comment