Pengertian Flasher Motor dan Fungsinya, Wajib Tau!

Flasher Motor – Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa lampu sein Anda selalu berkedip secara teratur saat digunakan? Kedipan lampu sein yang teratur diatur oleh salah satu bagian sepeda motor yang kecil tapi sangat penting.

Pernahkah Anda mendengar tentang flasher motor, komponen sepeda motor? Mereka yang tidak terbiasa dengan bagian-bagian sepeda motor harus bingung tentang bagaimana sinyal belok berhubungan dengan berkedip.

Nah, pada artikel kali ini Twibbonk akan memberikan informasi lengkap mengenai pengertian komponen flasher untuk apa fungsinya pada sebuah kendaraan. Berikut adalah deskripsi lengkapnya.

Pengertian Flasher Motor dan Fungsinya

Flasher merupakan salah satu komponen kelistrikan sepeda motor yang memiliki masa pakai yang cukup lama dan dapat mencapai akhir masa pakainya. Namun, ini akan tergantung pada bagaimana motor digunakan dan dirawat.

Sederhananya, ini adalah bagian yang berperan penting saat lampu sein motor berkedip. Tanpa flasher motor tentunya lampu menyala seperti biasa. Biasanya, flasher ini memiliki jarak atau tempo tertentu. Jadi lampu akan berkedip setiap beberapa detik.

Jenis Flasher Motor

Nah, setelah anda mengetahui definisi dan fungsi dari komponen flasher diatas. Selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA :   Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V 2022

1. Flasher 3 Kaki

Terakhir, ada sistem flasher 3 kaki yang biasa digunakan pada kendaraan roda empat seperti mobil. Namun, bisa juga digunakan sebagai sepeda motor. Masa pakainya sendiri juga cenderung lebih awet dibandingkan model flasher LED.

2. Lampu LED

Selanjutnya adalah jenis LED flasher yang cocok untuk sepeda motor retrofit. Biasanya, pengendara juga mengganti komponen lampu sein.

Jika Anda mengganti lampu sein dengan model LED, sebaiknya gunakan model yang serupa. Oleh karena itu, kinerja flasher jauh lebih optimal dan cocok untuk kendaraan.

3. Flasher Standar Pabrik

Yang pertama adalah tipe flasher standar pabrik. Seperti namanya, komponen ini merupakan bawaan pabrikan kendaraan. Jadi biasanya sudah terpasang dan kompatibel dengan sepeda motor.

Dilihat dari kualitasnya, flasher basic ini umumnya jauh lebih unggul dari flasher aftermarket yang ada di pasaran.

Cara Mendeteksi Flasher Motor Yang Tidak Berfungsi

Kerusakan flasher dapat dideteksi dengan beberapa tanda. Salah satunya adalah melihat kedipan lampu yang mulai tidak menentu, atau bahkan lampu sein yang mulai berhenti berkedip. Jika Anda tidak ingin lampu sein Anda menyala, bahkan dalam keadaan terburuk sekalipun. Ini adalah cara termudah untuk mendeteksi kerusakan pada flasher Anda.

Jadi jika Anda mengalami masalah dengan lampu kendaraan Anda, Anda tidak akan jauh dari masalah baterai, kabel, dan terakhir flasher. Selalu periksa kondisi baterai, kabel dan flasher jika lampu kendaraan Anda tidak berfungsi dengan baik atau sebaliknya. Ini bisa menjadi tanda bahwa baterai harus segera diganti, atau mungkin ada kerusakan pada kabel atau komponen flasher. Segera ganti agar Anda dapat berkendara dengan nyaman dan aman.

BACA JUGA :   Apa Itu Ban Vulkanisir dan Ciri-Cirinya

Nah, itu tadi informasi tentang flasher kendaraan. Banyak hal yang dianggap sepele bagi pengendara sepeda motor, padahal komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting, terutama di jalan raya, untuk menghindari bahaya kecelakaan.

Lampu sein yang berfungsi dengan baik membuat berkendara lebih tenang dan nyaman. Menggunakan lampu sein sesuai aturan juga berarti Anda berusaha menjadi pengemudi yang baik di jalan raya.

Leave a Comment