Cara Membedakan Bensin Oplos dan Asli, Jangan Sampai Tertipu!

Melihat dampaknya, bisa dikatakan bensin oplos sangat berbahaya bagi kendaraan. Mungkin tergoda untuk pensiun lebih cepat dari waktu ke waktu, terutama pada sepeda motor yang lebih tua. Bahaya dari bensin oplos itu sendiri adalah dapat merusak komponen mesin. Bahkan sepeda motor besar dari pabrikan Honda dapat mengalami kecelakaan mesin atau bahkan turun dengan bahan bakar jenis ini.

Dengan pemikiran ini, mereka yang sering membeli bensin eceran memiliki kewajiban untuk waspada. Hal ini dikarenakan BBM kw banyak dijumpai di pedagang kaki lima. Jangan berpikir untuk mengisi bahan bakar, malah Anda akan terjebak dalam kendaraan yang memasuki bengkel. Selain itu, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk memperbaikinya. Tuhanku, temanku.

Bahkan jika perlu kerja ekstra untuk mencari tahu, tidak perlu khawatir atau kesal. Alasannya adalah bahwa ada beberapa cara sederhana untuk mengetahui bensin mana yang asli dan mana yang asam orofilat. Dan inilah beberapa triknya.

Perbedaan Bensin Oplos dan Asli

Menggunakan Jari Untuk Memeriksa Bensin Oplos Atau Tidak

Selain menjejali hidung, Anda juga bisa menggunakan jari sebagai media untuk mengetes bensin asli atau bensin kw. Triknya sederhana. Masukkan saja bagian tangan ke dalam bensin yang dijual. Tunggu beberapa detik dan amati bagaimana bahan bakar menguap dari jari-jari Kamu. Jika bensin habis atau cepat kering, itu tandanya bensin sudah bersih.

BACA JUGA :   3 Warna Terbaru Dari Motor Honda ADV150

Sebaliknya, jika tidak ada perubahan selama beberapa detik dan residu tetap ada, ini merupakan indikasi bahwa Kamu mengonsumsi bensin asam orofilat. Eksperimen ini mungkin tampak tidak masuk akal, tetapi Kamu harus tahu bahwa bensin adalah zat yang cepat menguap. Oleh karena itu, ruang penyimpanan sepeda motor rapat dan tertutup rapat.

Pakai Koran Bekas

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengujinya adalah dengan media koran. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana dan bagaimana. tenang. Tidak perlu terburu-buru. Ingat, ini Ramadhan. Nah, beginilah cara kamu menggunakan koran untuk mengetahui bensin mana yang tercampur dan asli untuk melihat apakah kamu bisa membaca tulisan pada benda tersebut.

Dengan kata lain, ketika bensin kw atau dicampur, teks di koran kabur. Pasalnya, kebanyakan pengoplos menggunakan minyak tanah sebagai campurannya. Dan tinta di atas kertas tidak bisa menahan bahan. Di sisi lain, jika Anda bisa membacanya, itu pertanda bahwa bahan bakarnya benar-benar asli . Seberapa mudah? Saran saya adalah menggunakan koran bekas.

Memperhatikan Warna Bensin Oplos

Ini tentang bagaimana membedakan antara bensin asli dan bensin oplos. Memperhatikan warna bahan bakar yang dijual juga bisa menjadi solusi. Ini membutuhkan pengamatan yang cermat, tetapi jika Anda sering mengisi bahan bakar di pompa bensin, Anda dapat dengan mudah membedakannya.

Secara umum, bensin asli berwarna bagus jika premium berwarna kuning cerah, pertalite berwarna hijau, pertamax berwarna merah sirup, dan untuk 92 berwarna biru tua. Nah, jika Anda melihat warna yang berbeda saat mengisi bensin, pengecer bisa memastikan itu bensin. Satu hal lagi, semua bensin asli tidak meninggalkan banyak endapan di bagian bawah botol. Bahan bakar selalu bersih tanpa terkontaminasi zat lain.

BACA JUGA :   Motor Yamaha R15 2022 V4 India, Mirip Dengan Motor R7

Ini hanya beberapa tips atau cara sederhana untuk membedakan antara bensin oplos atau asli. Butuh tenaga ekstra untuk mencari mana yang asli, tapi untuk motor sehat pasti tidak masalah. Atau, jika tidak ingin repot, Anda bisa mengisi bahan bakar sepeda motor di SPBU.

Leave a Comment