8 Cara Mengendari Motor Matic Dengan Aman dan Benar

Sepeda motor otomotif adalah raja jalanan di negara ini. Hampir 80% pengguna kendaraan roda dua di Indonesia adalah pengguna sepeda motor matic. Jadi wajar saja jika kendaraan ini sering terlihat di jalan. Motor matic sangat populer di Indonesia.

Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan cara mengendarai motor matic. Karena mengendarai sepeda motor matic berbeda dengan mengendarai sepeda motor kopling. Mengendarai sepeda motor juga berbeda. Terutama saat akan menuruni bukit atau menanjak. Siapa pun yang tidak tahu cara mengendarai sepeda motor matik di turunan akan membahayakan pengendara lain di jalan.

Nah, beberapa konten di bawah ini akan memandu Anda untuk memahami cara mengemudikan sepeda motor matic yang benar.

8 Cara Mengendari Motor Matic

1. Starter Elektrik

Menghidupkan sepeda motor matic berbeda dengan sepeda motor atau kopling. Sambil menarik tuas rem, tekan starter elektrik untuk menyalakannya. Tidak menyala? Pada beberapa sepeda motor yang lebih baru, standar samping mungkin masih terbuka karena standar samping secara otomatis mematikan mesin sepeda motor.

BACA JUGA :   Berikut Ini 3 Kota Beli Motor Diskon Mantab 2021

Masih tidak ingin menyalakannya? Bawa ke bengkel. Baterai mungkin telah meminta penggantian.

2. Periksa Motor Dalam Keadaan Sehat

Pastikan dulu sebagai pemotor kamu tidak mengantuk atau bingung karena cintamu ditolak orang lain. Karena mengemudi dengan emosi itu berbahaya. Pastikan juga sepeda motor Anda dalam keadaan sehat. Lebih baik lagi jika Anda mencuci sepeda Anda agar halus dan Anda tidak malu untuk mengendarai sepeda yang Anda sukai.

3. Pegang Sepenuhnya Pegangan gas

Ada beberapa pendapat tentang ini. Ada yang bilang pegang pegangan gas dengan satu jari dan letakkan jari lainnya di tuas rem. Saya harap Anda dapat secara refleks mengerem dengan cepat di posisi ini.

Namun, pandangan di atas salah. Posisi yang benar adalah menggenggam gagang gas sepenuhnya dengan semua jari. Posisi tangan seperti ini memberi Anda kendali yang lebih baik terhadap sepeda motor Anda. Dan ketika Anda ingin menginjak rem lagi, gasnya keluar sedikit demi sedikit dan kecepatannya melambat. Ini akan membuat logika Anda lebih tenang saat menggunakan rem.

4. Duduklah Dengan Nyaman

Sebelum mengambil gas, disarankan untuk terlebih dahulu menentukan cara duduk dan posisi tangan. Karena lokasi dapat mempengaruhi kualitas berkendara. Jangan berjalan sebelum Anda merasa nyaman. Seperti Anda tidak melakukannya sebelum Anda merasa nyaman.

5. Rasakan Perbedaan Tarikan Gas Motor Matic Anda

Kolam gas dari motor matic dan motor jenis lain pasti berbeda. Kolam bensin pertama di matic ini terlihat sangat berat. Mesin otomatis itu sendiri dirancang untuk berjalan ketika RPM tertentu tercapai. Jadi tarikan awalnya agak berat, tapi saat motor bergerak, sistem mesin tidak terasa berat lagi. Kalaupun ingin melaju secepat mungkin, sepeda motor matic tidak kalah dengan sepeda motor lainnya.

BACA JUGA :   Harga Mobil Jeep Terbaru dan Termahal 2021

6. Gunakan Rem Depan dan Belakang Motor Matic Anda

Salah satu poin penting adalah menggunakan kedua rem secara bersamaan untuk memastikan kualitas pengereman memenuhi harapan. Gunakan insting Anda untuk menarik tuas agar pengereman tidak terlalu spontan.

7. Kenali Kendaraan Anda Sendiri

Yang terpenting, Anda harus selalu familiar dengan kendaraan yang Anda miliki. Bahkan dalam jenis kendaraan yang sama, ada perbedaan antar kendaraan. Mengetahui tentang kendaraan dan mengenali setiap karakteristik akan selalu membanjiri Anda dengan keselamatan berkendara.\

8. Gunakan Rem dan Gas Motor Maric Dengan Benar

Penggunaan motor matic pada diferensial dan kemiringan sedikit berbeda. Saat akan menurun, pastikan untuk melepaskan gas dan menggunakan rem yang ada untuk memperlambat sedikit. Ini karena bisa berbahaya bagi kendaraan terdekat jika dilepaskan terlalu cepat.

Di tanjakan, Anda perlu mempercepat sebelum jalan menanjak. Sebab jika kecepatannya lambat, kemungkinan besar sepeda motor tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk menanjak di tanjakan.

Leave a Comment