Tips Efektif Merawat Motor Matic Lebih Awat

Di Indonesia, tren penggunaan sepeda motor matic memang sudah biasa. Baik perempuan maupun laki-laki sudah terbiasa menggunakan sepeda motor ini, sehingga pangsa pasarnya mengungguli sepeda motor dan motor sport.

Tak heran jika banyak pabrikan sepeda motor di Tanah Air berlomba-lomba memboyong sepeda motor matic ke pasar. Seperti Honda yang meluncurkan motor Vario, salah satunya. Kita tahu bahwa motor keluaran merek ternama Honda ini memiliki tipe keluaran yang berbeda-beda: Bario 110, Vario Techno 125, Vario 150 dengan sistem pembakaran karburator atau injeksi.

Sayangnya, banyak orang yang hanya bisa mengendarai berbagai jenis sepeda motor, namun tidak terlalu memperhatikan perawatan sepeda motor matic. Sepeda motor baru atau bekas sebenarnya butuh perawatan agar awet. Tidak perlu menyesal. Benar, tidak semua orang memahami kondisi mesin sepeda motor matic yang baik.

Nah, jika Anda pengguna sepeda motor matic, kali ini Anda bisa mempraktekkan di rumah beberapa tips cara merawat sepeda motor agar mesin sepeda motor Anda awet dan tahan lama. Untuk itu dibawah ini akan kita ulas bagaimana cara merawat vario techno 125 secara keseluruhan. Jangan khawatir. Tips ini juga bisa diterapkan pada handling motor Vario 110, motor Vario 150 atau lainnya. kondisi apapun.

Namun perlu diperhatikan bahwa meskipun tidak jauh berbeda dengan perawatan sepeda motor pada umumnya, perawatan sistem pembakaran karburator atau motor menggunakan injeksi lebih melelahkan dan membutuhkan perhatian khusus.

Tips Efektif Merawat Motor Matic Lebih Awat

Ganti Oli

Perawatan motor matic ini dianggap yang paling penting, sehingga perawatan dilakukan sesuai dengan jadwal penggantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 km dan maksimal penggantian oli transmisi motor (oli gardan) saat motor mencapai 5000 km. Jika Anda lupa standar kilometer untuk ganti oli, sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap 2-3 bulan sekali dan jangan lupa gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor yang Anda miliki.

Panaskan Motor

Panaskan motor merupakan perawatan yang memaksimalkan kinerja mesin dengan cara memanaskan mesin agar oli di dalam mesin siap melumasi mesin. Cara yang baik untuk memanaskan motor matic adalah dengan memanaskan motor selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Jika menggunakan starter elektrik, hanya kick starter yang harus digunakan. Tentu saja, itu akan menghabiskan lebih banyak baterai motor.

Periksa Kondisi Van Belt

Pentingnya memeriksa kondisi van belt bagi pemilik sepeda motor tidak bisa dipungkiri. Kondisi rubber van belt dapat menyebabkan kerusakan di tengah jalan, sehingga motor berhenti dan tidak bisa lagi dikendarai. Jika mengganti sabuk van sangat penting, Anda harus menggunakan suku cadang asli untuk memastikan motor lebih awet.

BACA JUGA :   Rekomedasi Pilihan Warna Motor Yamaha Lexi 2021

Tidak Kekurangan Oli

Kebiasaan buruk yang umum terjadi saat merawat dan merawat sepeda motor adalah sampai sepeda motor matic kehabisan oli. Jangan menghentikan motor di jalan, karena kehabisan bensin dapat merusak mesin motor. Terutama pada injeksi. Untuk itu, usahakan selalu untuk menghindari motor yang menunjukkan indikator E pada speedometer dan membiasakan diri dengan motor dengan bahan bakar penuh untuk mengantisipasi hal tersebut.

Perawatan Aki Motor

Mengetahui status aki motor matic bukanlah hal yang mudah, sehingga semua pengguna motor , kebanyakan motor pernah mengalami AKI Dead. Ketika hal ini terjadi tentunya selain kehilangan tenaga dari motor dan meredupnya lampu, hal yang paling menyebalkan ketika aki motor mati adalah harus menggunakan kickstarter untuk menghidupkan motor. Saat Anda menghabiskan lebih banyak energi. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk mengganti AKI dalam waktu 7-8 bulan setelah penggantian terakhir.

Stabilisasi Kecepatan Gas

Biasanya hal ini sering dilakukan oleh para pengguna motor matic. Artinya, dalam kondisi kencang, kecepatan motor tiba-tiba menurunkan gas dan sebaliknya. Ini karena umur mesin dapat dikompromikan tanpa Anda sadari. Jika kecepatan tidak stabil, tidak hanya akan merusak mesin tetapi juga van belt motor.

Servis Motor Matic Secara Rutin

Perawatan servis rutin motor matic biasanya meliputi penggantian oli, pembersihan karburator dan penyetelan motor.

Ganti Oli Shockbreaker Motor Matic

Oli ditemukan tidak hanya di mesin motor, tetapi juga di pemutus kejut. Sehingga shock motor perlu diganti agar tidak melakukan hal lain selain bekerja secara normal. Jadwal ganti oli motor shock bisa diganti setiap kali motor mencapai 10000KM.

BACA JUGA :   Review Mobil Toyota Alphard 2.5 G AT Solusi Mobil keluarga

Leave a Comment