Mencuci Motor Mesin Harus Dingin, Ketahui Alasannya!

Ketika saya lelah bekerja dengan sepeda motor sepanjang hari, saya ingin mencuci mobil saya segera setelah saya sampai di rumah atau kost saya. Kadang mesin masih panas karena kurang sabar, tapi langsung siram motor dengan air dari selang. Jelas, praktik ini tidak dianjurkan.

Karena lebih baik mencuci motor saat mesin dalam keadaan dingin. Bukan tanpa alasan. Berikut beberapa komentar penting yang perlu diperhatikan sebagai pemilik sepeda motor.

Cuci Motor Anda Saat Mesin Dingin

Sepeda motor bisa cepat kotor dengan penggunaan sehari-hari, bahkan di musim hujan seperti sekarang ini, dan rentan terhadap berbagai partikel debu. Tentu saja, lebih baik untuk mencuci sepeda motor Anda. Namun jangan lupa untuk melakukannya saat mesin dalam keadaan dingin. Mengapa?

1. Perlindungan Thermal Shock

Alasan pertama menunggu mesin dingin sebelum dicuci adalah untuk menghindari panas matahari. Telah ditemukan bahwa mencuci saat mesin panas dapat menyebabkan bahan menyusut secara tiba-tiba karena terkena air dingin. Juga, mesin motor memiliki banyak bagian logam. Kondisi ini disebut thermal shock.

2. Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Motor Anda

Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu mesin menjadi dingin sebelum dicuci. Disarankan untuk menunggu suhu mesin turun sekitar 20-30 menit. Karena itu, mesin sepeda motor tidak cepat rusak.

BACA JUGA :   Spesifikasi Harga Terbaru Dari Motor Yamaha MX King

Tidak masalah apakah Anda mandi di pagi atau sore hari. Meski demikian, tetap harus dicuci secara rutin, minimal seminggu sekali. Jangan menunggu motor kotor sebelum dibersihkan. Jika debu atau kotoran menempel pada sepeda motor dalam waktu lama, tentunya usaha untuk mencuci mobil akan semakin meningkat, bukan?

3. Hindari Uap Saat Mencuci Motor

Alasan lainnya adalah untuk menghindari munculnya uap. Uap muncul saat mencuci dengan mesin panas. Selain itu, uap ini akan menjadi embun pada lampu depan dan spedometer sepeda motor. Dalam praktiknya, jarang, efeknya dapat terlihat pada bintik-bintik air atau bintik-bintik pada bodi motor. Kabut atau uap ini akan menghalangi penerangan lampu, membuat speedometer menjadi keruh.

Leave a Comment