Cara Mudah Mengganti Kampas Kopling Mobil Habis

Salah satu bagian penting mobil yang harus diperhatikan pengguna adalah kopling. Kopling membuat perpindahan gigi lebih mulus tanpa mesin terengah-engah. Karena pentingnya peran kopling, maka diperlukan perawatan berkala terhadap komponen ini. Pengguna mobil juga perlu mengetahui apa saja ciri-ciri kampas kopling mobil yang lepas saat perawatan.

Pasalnya, performa kampas kopling mobil semakin menurun seiring dengan bertambahnya masa pakai kendaraan roda empat. Pekerjaan lapisan kopling erat kaitannya dengan gesekan dan tekanan serta menyebabkan keausan, yang mempengaruhi performa mobil.

Jika kendaraan Anda menunjukkan tanda-tanda lapisan kopling yang aus, komponen tersebut harus segera diganti. Menunda penggantian hanya akan membuat lebih banyak kerusakan. Akibatnya, kondisi mobil semakin hari semakin memburuk, sehingga tidak aman dan nyaman dikendarai.

Berikut ini, Twibbonk memaparkan tanda-tanda atau ciri-ciri kopling otomotif yang sudah aus dan perlu segera diganti. tentang apa?

Apa Itu Kampas kopling mobil?

Seperti diketahui dari mobil, pelapis kopling mobil adalah komponen berbentuk cakram dan terbuat dari asbes. Posisi kampas kopling mobil berada di dekat flywheel yang terhubung dengan mesin, dan berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari dapur pacu ke transmisi kendaraan.

Kampas kopling bekerja dengan memutar poros input transmisi. Sederhananya, pelat kopling digunakan untuk menghubungkan dua poros yang berputar.

BACA JUGA :   Cara Jual Motor Bekas Cepat Laku Dengan Harga Tinggi

Cara Mengganti Kampas Kopling Mobil

Tentu saja, jangan biarkan kampas kopling mulai aus. Jika ini sudah ditandai pada mobil, Anda bisa segera mengganti pelapis mobil dengan yang baru.

Sebagian orang mungkin belum begitu paham cara mengganti kopling mobil yang sudah tipis. Berikut kami ulas cara mengganti kampas kopling sendiri.

  • Langkah pertama adalah mempersiapkan semua alat yang digunakan dalam proses penggantian kopling mobil.
  • Lumasi poros transmisi dan lepaskan bantalan dengan gemuk sebelum pemasangan.
  • Kemudian pasang kampas kopling dengan rumah kopling baru pada roda gila. Pemasangan menggunakan batang pelumas memudahkan pemasangan poros transmisi.
  • Setelah pemasangan pelapis dan rumah kopling selesai, Anda dapat menggunakan kunci pas soket (12mm) untuk memasang baut pengencang ke rumah kopling secara bergantian dan merata.
  • Kencangkan semua baut menggunakan kunci momen. Pastikan pemasangan sekrup kokoh dan tidak goyah.
  • Tempatkan bodi pemindah gigi pada dongkrak, pasang bodi pemindah gigi, lalu pompa dongkrak hingga ketinggian antara pemindah gigi dan rumah kopling sama. Kemudian dorong gearbox ke depan hingga poros transmisi dapat masuk ke poros kopling.
  • Gunakan kunci pas (14mm) untuk memasang baut pemasangan melintang secara horizontal ke gearbox.
  • Kemudian lepaskan jack stand yang digunakan untuk mengamankan perangkat.
  • Pasang penyangga pada bodi transmisi bersama dengan bodi menggunakan 4 baut pengencang.
  • Gunakan kunci ring (17mm) untuk melakukannya.
  • Pasangkan poros baling-baling dengan memulai dari depan dan memasukkan poros hingga masuk ke kotak transmisi di output. Setelah itu, pasang poros baling-baling di bagian belakang dengan 4 mur dan 1 baut pengencang.
  • Pasang kembali kopling pada garpu pelepas dan pasang pegas kembali menggunakan obeng (-) dan tang. Kemudian sambungkan kembali kabel ke soket.
  • Pasang perpindahan gigi dengan tang.
  • Kemudian ganti motor starter dengan kedua baut penahan dan sambungkan kembali kabel aki (-) ke terminal 30/50 starter dan pengapian ST.
  • Lepaskan dongkrak secara perlahan.
  • Jangan lupa untuk melakukan tes setelah selesai. Untuk mengujinya, Anda bisa melakukannya di jalan umum dengan menggerakkan gigi mobil. Proses penggantian berhasil jika dapat berjalan dengan lancar tanpa ada suara-suara aneh.
BACA JUGA :   Honda Matic All New Vario 150 Terbaru

Sebuah lapisan kopling memiliki beberapa komponen yang bekerja sama. Pelapis kopling otomotif terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Simak beberapa komponen kampas kopling dan fungsinya di bawah ini.

Fungsi Kampas Kopling Mobil

Hub Kopling

Komponen pertama di tengah kopling adalah hub kopling. Komponen ini berfungsi sebagai penghubung antara perangkat pelapis kopling lainnya dan poros input transmisi. Hub kopling memungkinkan unit lapisan kopling melakukan gerakan maju dan mundur sedikit.

Torsion Dumper

Komponen lain dari kampas kopling adalah Torsion Dumper. Komponen Torsion Spring Dumper berfungsi sebagai peredam kejut atau torsi saat kopling terus berputar selama akselerasi atau deselerasi atau mulai berpasangan.

Piringan Cakram

Komponen selanjutnya yang menjadi bagian dari kampas kopling adalah piringan cakram. Komponen ini merupakan komponen utama dari unit clutch lining, yang berfungsi untuk menanggung beban kerja saat kendaraan melaju.

Leave a Comment