Fungsi dan Tips Memilih Kaca Film Mobil Yang Tepat

Sebagai pemilik mobil, Anda perlu memperhatikan tidak hanya interior, tetapi juga eksterior kendaraan kesayangan Anda. Agar mobil tampil maksimal, berbagai aksesoris eksternal juga harus ditambahkan. Salah satu aksesoris tambahan yang penting adalah kaca film mobil.

Penambahan kaca film otomotif dapat memberikan sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Jadi tidak masalah jika Anda mengeluarkan sedikit uang untuk memasang pelapis kaca ini di mobil Anda. Sekarang pertanyaannya, berapa harga kaca film mobil?

Pada artikel kali ini, Twibbonk akan membahas harga kaca mobil dari beberapa merk ternama di Indonesia. Selain membahas harga, Twibbonk juga membahas informasi lain seputar kaca film otomotif. Ayo, mari kita lihat!

Apa Itu Kaca Film Mobil?

Kaca film mobil adalah pelapis kaca otomotif yang mengurangi panas matahari dan tidak meningkatkan suhu interior. Aksesori tambahan yang satu ini juga bisa menambah cantik tampilan mobil Anda, sehingga semakin elegan.

BACA JUGA :   Spesifikasi Mobil Porsche Harga Terbaru 2022

Peran kaca film juga penting untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara. Lapisan ini dapat melindungi pengemudi saat kaca depan pecah akibat benturan benda tajam. Dengan melapisi kaca film, pecahan kaca menempel pada kaca film dan tidak mengenai pengemudi atau penumpang mobil.

Manfaat lain dari aksesori ini adalah memiliki kaca film melindungi Anda dari kejahatan karena membatasi visibilitas orang dari luar. Jadi, ada baiknya mengetahui cara memilih kaca film yang tepat agar bisa memberikan perlindungan yang optimal. Meski harga kaca film otomotif berkualitas tinggi tidaklah murah, kualitas tetap harus menjadi prioritas.

Fungsi Kaca Film Mobil

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu fungsi kaca film otomotif adalah untuk melindungi dengan cara meredam cahaya yang masuk. Berikut beberapa fitur lain dari kaca mobil terbaik yang harus Anda ketahui.

1. Peningkatan Efisiensi Bahan Bakar

Fungsi kaca film ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tapi siapa sangka ada hubungan antara pemasangan aksesoris tersebut dengan penghematan bahan bakar? Mobil dengan kaca film terbukti lebih irit 10%-20% dalam konsumsi bahan bakar.

2. Mengurangi Intensitas Sinar Matahari

Seperti disebutkan di atas, kaca film tersebut dapat mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Kaca film dirancang untuk menyerap panas dan memantulkan sinar UV. Ini akan mengurangi panas dari sinar matahari dan menjaga suhu kabin tetap dingin.

BACA JUGA :   Motor Honda CRF150L Terbaru Dengan Desain Keren

3. Mempercantik Tampilan Mobil Anda

Fungsi kaca film otomotif juga berkaitan dengan aspek estetika. Seringkali pemilik mobil memasang kaca film untuk membuat kendaraannya terlihat lebih elegan. Khususnya, kini ada berbagai jenis motif kaca film yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Tips Memilih Kaca Film Mobil

Selain harga kaca mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli kaca mobil.

1. Pemasangan Harus Dilakukan Oleh Seorang Profesional

Anda perlu tahu tidak hanya produk yang harus diwaspadai, tetapi juga cara memasangnya. Meski mudah dipasang, pemasangan kaca film membutuhkan keahlian dan alat khusus untuk memaksimalkan efektivitasnya.

2. Pilih Warna Yang Sesuai Dengan Warna Tubuh

Aspek estetika juga harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan warna kaca film sudah beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan. Pemilihan warna yang sewenang-wenang bisa membuat mobil Anda terlihat norak, sehingga mengurangi nilai estetikanya.

3. Pilih Kaca Film Dari Merek Terkenal

Tips pertama saat memilih kaca film mobil adalah dengan memperhatikan merknya. Secara umum, seperti produk lainnya, setiap merek memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri. Jika Anda memang ingin mendapatkan kualitas yang optimal, Anda bisa memilih merek yang sudah terkenal.

4. Sesuaikan Dengan Budget dan Kebutuhan Anda

Sebaiknya Anda menyesuaikan pembelian kaca film dengan budget dan kebutuhan Anda. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, harga kaca film otomotif dikategorikan berdasarkan kualitas dan merek, sehingga ada banyak pilihan untuk membeli sesuatu yang pas di kantong Anda.

BACA JUGA :   Spesifikasi Warna Motor CB150R StreetFire Terbaru

5. Perhatikan Kegelapan Kaca Film

Tip saat membeli kaca film berikutnya adalah memperhatikan kegelapan atau kedalaman warna. Hal ini karena peraturan Indonesia tentang penggunaan kaca film menetapkan bahwa tingkat kegelapan yang direkomendasikan untuk kaca film tidak boleh melebihi 60%.

Leave a Comment