Apa Itu Alternator Mobil Anda Wajib Tau!

Anda sering mendengar orang membicarakan alternator mobil, tetapi tidak tahu apa sebenarnya komponen mobil itu? Ini adalah saat yang tepat untuk mulai memahami apa itu alternator dan peran pentingnya untuk kendaraan apa pun, termasuk mobil.

Artikel Twibbonk berikut merangkum beberapa informasi seputar alternator, termasuk pengertian, komponen dan fungsi alternator, mulai dari bengkel terpercaya hingga biaya servis alternator.

Apa Itu Alternator Mobil

Mobil semakin menjadi kendaraan masyarakat untuk keperluan transportasi. Namun, memiliki mobil tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik, termasuk suku cadang mesin.

Jika terjadi masalah atau kerusakan pada bagian tertentu, pemilik kendaraan bertanggung jawab untuk memperbaikinya di rumah atau dengan mengunjungi bengkel resmi atau bengkel umum untuk mendapatkan servis yang tepat.

Salah satu komponen yang berperan penting dalam performa mobil adalah alternator. Pernahkah Anda mendengar istilah tersebut? Generator mobil berkaitan erat dengan baterai mobil dan sumber listrik.

Jika Anda tidak terbiasa dengan generator, Anda mungkin tahu apa itu generator. Padahal, alternator mobil dan genset adalah sama. Artinya, itu adalah komponen pembangkit listrik mobil. Karena listrik sebenarnya merupakan komponen penting di semua jenis kendaraan. Peran dinamo generator adalah untuk menghasilkan listrik untuk setiap komponen yang membutuhkan daya untuk beroperasi.

BACA JUGA :   Rekomendasi Pilihan Mobil MPV Paling Menarik Teruntuk Keluarga

Fungsi Alternator mobil

Sebagai salah satu bagian terpenting dari kendaraan apa pun, termasuk mobil, Anda mungkin mulai bertanya-tanya apa fungsi alternator otomotif. Untuk menjadi alat yang menghasilkan listrik untuk semua komponen mobil, termasuk yang membutuhkan tenaga. Artinya, komponen tunggal ini berfungsi untuk mensuplai daya.

Pernahkah Anda berpikir bahwa aki adalah sumber listrik kendaraan Anda? Alternator bekerja saat mesin kendaraan hidup. Artinya saat mesin dimatikan, komponen tersebut tidak akan bekerja dengan baik.

Bagian kendaraan yang biasanya membutuhkan suplai listrik adalah penerangan, audio dan AC. Tentunya alternator berfungsi untuk mengisi baterai agar baterai tetap mempertahankan tegangan yang stabil sehingga tidak mudah rontok.

Suku Cadang Otomatis

Agar alternator dapat bekerja dengan baik, tentu tidak dapat bekerja sendiri. Ada komponen alternator penting di sini yang perlu diperhatikan. Bahkan tidak jarang masalah pada alternator mobil disebabkan oleh salah satu komponen yang rusak. Untuk memperbaiki masalah atau kerusakan pada alternator, Anda juga harus memeriksa kerusakan pada satu atau lebih komponennya.

Apa saja komponen Alternator mobil

Rotor

Rotor merupakan komponen alternator yang berputar pada stator, yang berperan penting dalam membangkitkan medan magnet. Sebuah rotor terdiri dari satu set rotor, juga dikenal sebagai kumparan generator medan magnet. Ketika arus mengalir melalui kumparan, kutub magnet inti terpolarisasi ke kutub N dan sebagian ke kutub S.

BACA JUGA :   Situs Jual Beli Mobil Terbaik dan Paling Aman Terpopuler di Indonesia

Kutub-kutub tersebut kemudian membentuk kumparan melengkung yang berputar di dalam stator.

Penutup

Salah satu komponen penting dari alternator mobil adalah penutup. Komponen yang satu ini merupakan letak dari semua komponen yang ada. Bentuknya menyerupai lubang dengan fungsi tersendiri yang disebut unit pendingin yang mencegah mesin dari panas berlebih, terbakar dan merusaknya.

Katrol

Komponen selanjutnya adalah puli alternator yang dihubungkan dengan belt, yang nantinya dapat memutar dan memutar oli rotor yang terdapat pada belt. Itu berbentuk seperti roda yang bertanggung jawab untuk menerima semua putaran mesin.

Bantalan

Biasanya ada dua atau lebih bantalan di mana ujung-ujung kumparan rotor berputar.

Regulator

Komponen penting lainnya dari alternator adalah regulator. Fungsinya untuk memastikan alternator tetap menghasilkan tegangan yang stabil meski rpm naik terlalu cepat. Komponen yang satu ini juga mencegah mesin mudah rusak akibat fluktuasi tegangan.

Dioda

Dioda adalah komponen alternator yang mengubah arus menjadi arus searah. Arus kemudian akan mengalir ke bagian-bagian yang membutuhkan listrik.

Leave a Comment