Cara Mudah Meangatasi Kecanduan Media Sosial

Media sosial atau medsos membuat hidup lebih mudah bagi banyak orang. Kami memudahkan Anda menjalankan bisnis, dimulai dengan terhubung dengan keluarga dan teman di seluruh dunia. Namun, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan. Lantas, apa saja gejala kecanduan dan bagaimana cara mengatasinya?

Bagaimana Sosial Media Dapat Menyebabkan Kecanduan?

Ada banyak alasan mengapa banyak orang menggunakan media sosial. Mulailah dengan mempermudah untuk tetap berhubungan dengan orang yang Anda cintai, lalu habiskan waktu untuk menonton video, melihat foto, mencari informasi, atau mengejar hobi.

Meski menawarkan banyak manfaat, penggunaan media sosial sehari-hari juga bisa berdampak negatif, seperti kecanduan.

Seperti halnya semua jenis kecanduan narkoba, aplikasi modern dapat mempengaruhi otak Anda dan membuat Anda kompulsif dan berlebihan. Kebiasaan ini dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari karena Anda terus menggunakan sosmed.

Tanda-tanda kamu kecanduan media sosial

Anda dikatakan mengalami kondisi tersebut jika memiliki tanda dan gejala kecanduan penggunaan media sosial, seperti:

Terdorong Mengunggah Selfie dan Status Untuk Mendapatkan Like

Tekanan luar biasa untuk memiliki foto yang sempurna untuk diposting di Instagram adalah pengalaman umum bagi orang-orang yang kecanduan sosmed.

BACA JUGA :   Tutorial Download Video Facebook Tanpa Aplikasi 2021

Pecandu ini perlu mengunggah foto tanpa cacat untuk membuat pengikutnya cemburu. Prosesnya bisa merepotkan dan merepotkan, tetapi Anda tampaknya tidak peduli dengan konsekuensinya.

Online kapan Saja dan Dimana Saja

Tanda lain dari kecanduan media sosial yang harus diwaspadai adalah online kapan saja, di mana saja. Anda selalu terhubung dengan sosmed, tidak hanya ketika Anda sedang berlibur, tetapi juga ketika Anda sedang menyeberang jalan atau di kamar mandi.

Anda tidak akan pernah bosan memegang ponsel sepanjang hari, menelusuri timeline, menonton video viral tanpa henti, atau melihat ratusan foto liburan teman dan idola. Apa pun yang Anda lakukan saat bermain sosmed, Anda akan menemukan tempat dan cara untuk membenamkan diri di dalamnya.

Bangun Tidur Langsung Main Sosmed

Hampir semua pecandu media sosial memulai hari mereka dengan memeriksa ponsel mereka saat mereka tidur untuk melihat apa yang mereka lewatkan di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Ponsel Anda juga merupakan hal terakhir yang Anda matikan sebelum tidur. Malah mengganggu waktu tidurku karena terus-menerus kecanduan berselancar di medsos.

Tidak Bisa Hidup Tanpa Internet

Hal-hal buruk dapat terjadi dalam situasi di mana tidak ada internet/WiFi misalnya. Perasaan tidak aman dan cemas akan bergumul karena Anda merasa tidak dapat menavigasi timeline untuk mengikuti aktivitas dan status teman dan keluarga Anda.

BACA JUGA :   Aplikasi Keyboard Android Terbaik Untuk Pengguna Smartphone

Fenomena takut ketinggalan berita (kudeta) disebut dengan Fear of Missing Out (FoMO).

Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Untuk menghindari kecanduan tersebut, Anda harus menggunakan media sosial dengan bijak. Jika Anda sudah merasa kecanduan, mulailah membatasi penggunaan sosmed Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menggunakan media sosial dengan lebih sehat.

  • Hapus aplikasi kesehatan sosial yang adiktif dari ponsel atau tablet Anda. Anda bisa mengaksesnya melalui komputer atau laptop, namun tentunya membutuhkan usaha yang lebih.
  • Matikan ponsel Anda di tempat kerja, sekolah, makan, atau aktivitas lainnya bersama keluarga. Selain itu,
  • Anda juga dapat mematikan notifikasi tertentu yang biasanya meminta Anda untuk mengonfirmasi dengan menyesuaikan pengaturan di setiap aplikasi sosmed.
  • Jadwalkan pemutaran sosmed. Luangkan waktu Anda dan atur timer untuk memutuskan berapa lama Anda dapat menghabiskan waktu di sosmed.
  • Tinggalkan ponsel atau tablet Anda di luar ruangan. Tujuannya untuk menghindari membuka sosmed sebelum tidur.
  • Lakukan aktivitas yang tidak terkait dengan penggunaan ponsel, seperti berolahraga, pergi ke perpustakaan, mengikuti kelas memasak, atau bermain di luar bersama teman dan keluarga.
  • Jika cara-cara sebelumnya tidak efektif mengatasi kecanduan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog Anda.

Leave a Comment