Detoks Digital: Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Apakah Anda ingin memeriksa media sosial Anda sesekali tanpa keluar dari gadget Anda atau menyadari bahwa media sosial membuat Anda kehilangan waktu? Melakukan detoks digital mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Apa itu Detoks Digital?

Manfaat Detoks Digital untuk Kesehatan

Dari segi kesehatan, detoksifikasi adalah obat yang lengkap. Detoksifikasi juga merupakan proses membuang produk limbah, racun dan zat berbahaya dari tubuh.

Tujuan dari detoks adalah memberi kesempatan pada tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan mengisinya dengan cara yang positif.

Di sisi lain, detoks digital mengacu pada periode waktu ketika seseorang memutuskan untuk tidak menggunakan gadget, komputer, tablet, dll. teknologi (semua atau sebagian) dan media sosial. Penundaan waktu ini disebut “dekripsi” perangkat digital.

Ini dianggap sebagai cara untuk fokus pada interaksi sosial nyata tanpa gangguan.

Seperti detoksifikasi tubuh, detoksifikasi digital dirancang untuk mengurangi stres, hiperstimulasi, dan perilaku kompulsif yang terkait dengan penggunaan teknologi.

Mengesampingkan perangkat digital Anda untuk sementara waktu dapat menghilangkan stres karena terhubung ke dunia maya. Penyebab stres yang disebabkan oleh dunia maya antara lain:

Penyebab Stress Gadget

  • Waktu penggunaan online atau gadget
  • Konsumsi media sosial dan hiburan secara berlebihan
  • Konsumsi konten online yang berlebihan
  • Terlalu jauh di dunia maya.
  • Ketergantungan yang sangat tinggi pada penggunaan gadget
  • Periode koneksi digital berkelanjutan yang tidak pernah berhenti
  • Mengapa Anda membutuhkan detoks digital?
BACA JUGA :   Wajib Ketahui Kelebihan & Kekurangan Dari HP Samsung Galaxy A32

Bagi sebagian besar penduduk kota, terkoneksi dengan dunia digital sudah menjadi bagian dari keseharian mereka.

Sebuah studi tahun 2018 yang dilakukan oleh Nielsen Company menemukan bahwa rata-rata orang dewasa Amerika menghabiskan 11 jam sehari untuk mendengarkan, melihat, dan berinteraksi dengan media digital.

Internet dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan menyediakan hampir semua informasi yang kita butuhkan. Dengan satu smartphone, kita dapat mengkonsumsi lebih banyak informasi daripada yang kita butuhkan.

Tetapi pada saat yang sama, sesuatu yang lain terjadi. Ketika teknologi menembus jauh lebih dalam ke dalam kehidupan pribadi, itu menarik lebih banyak perhatian dan keterlibatan.

Teknologi yang membantu Anda menghemat waktu justru membuat Anda menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kerja.

Dengan ketergantungan digital ini, banyak hal yang berpotensi mengganggu kesehatan Anda. Detoksifikasi digital memiliki keuntungan untuk membebaskan diri dari kecanduan ini.

Tanda Bahwa Anda Harus Melakukannya Detoks Digital

Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda mungkin memerlukan detoks digital:

  • Saya merasa cemas ketika saya tidak dapat menemukan gadget saya atau saya lupa meletakkannya.
  • Rasakan kebutuhan untuk memeriksa gadget Anda setiap beberapa menit.
  • Merasa tertekan, cemas atau marah setelah menghabiskan waktu di media sosial.
  • Jika Anda tidak terus memeriksa gadget Anda, Anda takut ketinggalan sesuatu.
  • Karena Anda berselancar di dunia digital, Anda sering terlambat bangun tanpa disadari.
BACA JUGA :   Review Samsung Galaxy Z Fold 3 Terbaru 2021

Cara Yang Tepat Untuk Memulai Detoks Digital

Detoksifikasi digital bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tapi itu tidak berarti Anda harus melepaskan kebutuhan digital Anda sepenuhnya. Ikuti tips ini untuk melakukan detoks digital secara bertahap.

Tetapkan batas

Misalnya, mematikan gadget pada waktu-waktu tertentu. Misalnya saat makan, apalagi dengan orang lain. Anda bisa melakukannya tidak hanya untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, tetapi juga untuk hobi yang tidak berhubungan dengan gadget atau teknologi digital.

Putuskan secara realistis

Memiliki detoksifikasi digital lengkap dan memutuskan hubungan dari dunia media sosial dapat menyegarkan bagi sebagian orang. Tetapi kedengarannya tidak mungkin bagi mereka yang mengandalkan teknologi digital untuk kebutuhan mereka.

Hilangkan Gangguan

Cara lain untuk melakukan dekripsi digital adalah dengan mematikan notifikasi gadget. Banyak aplikasi media sosial, termasuk Facebook, Instagram, Twitter, dan situs web berita, mengirim pemberitahuan setiap kali ada informasi baru, yang mengganggu.

Detoksifikasi digital terdengar sangat mustahil. Namun jika Anda melakukannya secara perlahan dan teratur, melakukan detoks digital akan membantu.

Leave a Comment