Teknologi Perawatan Gigi dan Mulut Terbaru 2022

Memeriksa kesehatan gigi atau mendiagnosis penyakit gigi biasanya dilakukan dengan melihat gejala dan mengamati kondisi gigi Anda. Namun, di era teknologi tinggi, pemeriksaan gigi tidak hanya dilakukan dengan pemeriksaan fisik, tetapi juga pemeriksaan kesehatan yang mengandalkan berbagai alat canggih. Ingin tahu seperti apa teknologi perawatan gigi dan mulut terbaru. Nah, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Teknologi Perawatan Gigi

Penting untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Ini karena gigi berperan penting dalam membantu Anda mencerna makanan, yang membuat Anda pandai berbicara.

Menjaga kesehatannya tidak sebatas rajin menyikat gigi atau flossing. Anda juga harus melakukan pemeriksaan gigi secara teratur setidaknya setiap enam bulan sekali. Jika Anda memiliki masalah dengan gigi Anda, dokter Anda mungkin merekomendasikan tes tambahan.

Pilih dokter gigi terdekat dengan tempat tinggal Anda untuk pengujian lebih lanjut untuk masalah ini. Nantinya di poli gigi, dokter bisa memeriksakan kesehatan giginya menggunakan sejumlah alat canggih, teknologi perawatan gigi dan mulut seperti:

Veneer Gigi

Sebenarnya perawatan gigi ini sudah berkembang sejak lama, namun dengan teknologi perawatan gigi canggih, veneer terbaru dibuat lebih tipis dari sebelumnya. Veneer gigi adalah cangkang tipis yang digunakan untuk melapisi gigi seri yang bengkok atau bermasalah.

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap HP vivo iQOO Pro Terbaru

Veneer versi lama memiliki kelemahan karena harus menghilangkan sebagian email gigi dari permukaan untuk membuat pemasangan veneer terlihat lebih alami. Masalahnya, email gigi merupakan komponen penting dari gigi karena melindunginya dari gigi berlubang, suhu yang tidak tepat, atau bahan kimia.

Veneer modern, yang disebut No-Prep atau Minimal-Prep, dibuat setipis wadah lensa dan memiliki keuntungan ditempatkan langsung pada gigi tanpa menghilangkan enamel.

Karies Laser

Teknologi perawatan gigi canggih selanjutnya dalam perawatan gigi adalah karies laser. Perawatan ini digunakan untuk mendeteksi gigi berlubang jauh lebih akurat dan efisien daripada metode skrining konvensional.

Cara kerja perawatan ini adalah mengandalkan teknik non-invasif yang memindai gigi untuk menunjukkan kondisi struktur gigi. Laser khusus yang digunakan memantulkan cahaya pada struktur gigi yang sehat. Di sisi lain, gigi yang membusuk atau mati memantulkan cahaya berkualitas rendah atau tidak ada cahaya sama sekali.

Teknologi Perawatan Gigi Sinar-X

Tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menggunakan teknologi perawatan gigi sinar-x untuk memeriksa gigi Anda? Ya, seperti tes pencitraan biasa, rontgen dapat membantu menentukan kondisi gigi Anda. Biasanya, dokter menyarankan tes ini untuk memeriksa masalah pada akar gigi, posisi rahang yang mungkin salah, atau susunan tulang wajah.

Sinar-X adalah suatu bentuk energi yang dapat disebarkan atau diserap oleh benda keras seperti gigi dan tulang dan muncul sebagai area berwarna cerah dalam sebuah gambar. Pemeriksaan gigi lanjutan ini membantu dokter menemukan penyebab masalah gigi yang biasanya tidak terdeteksi oleh pemeriksaan fisik.

BACA JUGA :   HP Samsung Terbaik Dan Terbaru Di Dunia 2021

Lebih khusus lagi, berikut ini adalah beberapa tujuan penggunaan rontgen gigi:

  • Mendeteksi adanya karies di antara gigi.
  • Carilah perubahan pada saluran akar gigi akibat infeksi.
  • Amati adanya pengeroposan tulang di rahang dan bahkan cari abses atau tumor.
  • Membantu menentukan posisi gigi untuk implan gigi, kawat gigi, gigi palsu, atau prosedur gigi lainnya.

Teknologi Perawatan Gigi CAD/CAM

Dalam teknologi perawatan gigi canggih, CAD adalah singkatan dari “desain berbantuan komputer” dan CAM adalah singkatan dari “manufaktur berbantuan komputer.” Keduanya digunakan untuk mendukung prosedur kosmetik dan pembuatan jembatan gigi.

Jembatan gigi sendiri merupakan perawatan yang mengisi celah-celah di antara gigi kosong agar gigi lebih terlihat. Secara tradisional, prosedur ini mengharuskan dokter untuk membuat cetakan pada gigi. Cetakan gigi kemudian dikirim ke laboratorium untuk membuat gigi palsu.

Namun, dengan teknologi gigi CAD/CAM, desain gigi dibuat di komputer dan diteruskan ke mesin yang membuat gigi palsu.

Leave a Comment