Aplikasi Kencan Online: Dampak Nya Bagi Kesehatan!

Penggunaan aplikasi kencan online meningkat drastis dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di Indonesia. Dari mencari teman hingga mencari pasangan, aplikasi ini bisa membantu.

Namun tanpa Anda sadari, penggunaannya dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda.

Berteman Dengan Mudah Melalui Aplikasi Kencan online

Aplikasi kencan berbasis swipe (SBDA) yang kita kenal sebagai Tinder menyediakan tempat bagi individu untuk berinteraksi dan membangun hubungan sebelum mereka bertemu secara langsung.

Hal ini juga cukup mudah digunakan. Segera setelah Anda membuka aplikasi, Anda akan segera melihat profil orang-orang yang berpotensi Anda kencani.

Kemudian, jika Anda ingin mengetahui profil mana yang ditampilkan, geser ke kanan pada profil untuk mengetahuinya. Jika Anda tidak tertarik, geser ke kiri di profil Anda.

Kemudahan ini membuat aplikasi kencan online menjadi sangat populer. Jika dulu Anda harus keluar rumah untuk bertemu orang baru, kini Anda hanya perlu membuka aplikasi di ponsel Anda.

Aplikasi kencan mungkin cocok untuk kamu yang pemalu karena tidak harus bertemu langsung dengan orang lain. Kolom percakapan memungkinkan Anda membangun chemistry hingga Anda merasa lebih nyaman dan siap untuk bertemu.

Aplikasi ini juga bisa menjadi alat yang hebat jika Anda ingin memperluas jaringan sosial Anda. Misalnya, Anda mungkin tidak suka diajak berkencan dengan mantan pacar teman Anda.

BACA JUGA :   Tata Cara Download Stiker Telegram Ke WhatsApp

Di sisi lain, aplikasi kencan online memungkinkan Anda untuk mengenal orang-orang di luar jejaring sosial yang tidak sepenuhnya terhubung dengan teman atau keluarga Anda.

Anda tidak perlu mengatur diri sendiri dengan orang yang tidak Anda sukai. Fitur gesek memudahkan untuk memilih dengan siapa Anda ingin mengobrol berdasarkan preferensi Anda.

Lagi pula, kamu dan dia tidak akur, tapi setidaknya kamu sudah mendapatkan teman baru yang bisa menghiburmu dari kesepian.

Aplikasi Kencan Online Dapat Membuat Anda Cemas dan Incecure

Di balik keseruan mencari jodoh, aplikasi kencan online tanpa disadari bisa memengaruhi kesehatan mental pengguna.

Faktanya, orang yang sering menggunakan aplikasi kencan online lebih cenderung mengalami kecemasan, depresi, atau depresi terselubung.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Psychology menemukan bahwa pengguna aplikasi kencan menghadapi stres tiga kali lebih banyak daripada non-pengguna.

Anda tidak akan selalu bergaul dengan orang yang Anda sukai saat memainkan aplikasi kencan. Orang yang menggesek ke kanan terkadang membalas dengan menggesek ke kiri.

Bentuk baru penolakan cinta ini bisa menimbulkan kesedihan. Apalagi jika tujuan memainkan aplikasi kencan adalah untuk mendapatkan konfirmasi dari orang lain.

Penolakan yang berulang dapat membuat Anda mempertanyakan atau mengkritik diri sendiri, seperti tidak cukup baik untuk orang yang Anda sukai.

Seiring waktu, Anda akan mulai membuat penilaian buruk tentang diri Anda sendiri. Anda mungkin merasa bahwa orang lain tidak menginginkan Anda.

BACA JUGA :   Cara Mudah Kembangkan Bisnis Online Dari Aplikasi Telegram

Kemudian kami melakukan yang terbaik untuk membuat tampilan semenarik mungkin. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa jatuh ke dalam cara yang tidak sehat di bawah pengaruh aplikasi kencan  seperti ini.

Untuk Menjaga Pikiran Anda Tetap Tenang

Sebenarnya, sulit untuk menahan kesedihan yang Anda rasakan ketika Anda ditolak di aplikasi kencan online. Namun, ini tidak boleh dianggap serius.

Orang yang menggeser profil Anda ke kiri mungkin merasa bahwa Anda tidak memiliki minat yang sama dengan Anda, bukan karena Anda jelek atau jelek.

Ingatlah bahwa kebanyakan orang cenderung lebih nyaman berinteraksi dengan orang lain yang memiliki hobi atau minat yang sama. Ini bisa menjadi alasan untuk menolak Anda.

Atau, profil Anda mungkin tanpa disadari mengintimidasi orang lain. Misalnya, daftar pekerjaan atau almamater yang membuat orang lain merasa minder dengan Anda.

Mereka pikir Anda sangat sukses dan luar biasa. Dengan kata lain, mereka menganggap bahwa seseorang seperti Anda berada di luar jangkauan mereka.

Jadi jangan terlalu putus asa. Orang yang menggunakan aplikasi kencan online tidak mengenal Anda secara pribadi. Apa pun penilaian mereka, mereka tidak akan membuat Anda tidak dicintai.

Jika seseorang yang Anda ajak bicara di aplikasi kencan terlihat mencurigakan atau membuat komentar yang tidak pantas, segera blokir dan laporkan profilnya.

Leave a Comment