Contoh Produk Digital dan Cara Membuatnya!

Contoh Produk Digital – Tentu mendengar kata produk identik dengan bisnis dan transaksi jual beli. Pada dasarnya, barang dibagi menjadi barang dan jasa. Jelas, ada satu lagi yang disebut produk digital.

Era digitalisasi tampaknya memberikan dampak yang sangat besar bagi bisnis secara keseluruhan. Jika Anda mengetahui bisnis digital yang menjual produk melalui e-commerce, maka muncul tren baru: produk digital.

Hal ini berbeda dengan bisnis digital dimana transaksi dilakukan secara online dengan toko tetapi tetap menjual barang fisik. Versi digital suatu produk adalah ekspresi dari model bisnis baru yang dilakukan secara digital dan menjual produk non-fisik.

Artinya seluruh bisnis tidak memiliki toko fisik dan tidak menjual barang fisik. Meski demikian, model bisnis ini tetap bisa menghasilkan uang. Bahkan, sekarang banyak orang menuntut lebih dan lebih.

Apalagi selama pandemi terakhir, kebiasaan melakukan berbagai hal secara digital membuat orang lebih memilih model bisnis ini.

Jadi, apa itu produk digital? Apakah Anda memiliki beberapa contoh? digital hanyalah produk yang hanya ada dalam bentuk digital.

Produk digital hanya ada dalam bentuk digital. Menurut Productfolio, sebagian orang mungkin mengartikan produk digital sebagai produk non fisik yang dijual secara online.

Produk adalah tentang nilai. Jadi, versi digital dari suatu produk adalah segala sesuatu yang ada dan memiliki nilai dalam bentuk digital.

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap Hp Asus ROG Phone 5s Pro

Seperti produk pada umumnya, produk digital dapat berupa layanan atau bentuk layanan.

Bayangkan dalam keadilan. Tentu Anda sudah bisa menebak apa saja contoh produk digital tersebut. Ya?

Peramban Google yang Anda gunakan saat ini adalah contoh produk versi digital. Karena produk Google ini tidak memiliki bentuk fisik, namun tetap memiliki nilai.

Biasanya, aplikasi atau perangkat lunak adalah contoh produk. Dengan kata lain, setiap orang telah menggunakannya saat ini.

Ada beberapa contoh produk lain yang mungkin dijual dan digunakan dalam bentuk digital maupun software.

Contoh Produk Digital

Cara mudah untuk membedakan produk digital adalah dengan melihat dua aspek. Yang pertama tidak memiliki bentuk fisik dan yang kedua memiliki nilai.

Ada banyak produk digital yang kami gunakan. Berikut adalah beberapa contoh.

Game Termasuk Produk Digital

Selain aplikasi umum, game adalah contoh produk digital yang banyak diunduh. Game bisa menjadi hiburan yang praktis dan ada di mana-mana bagi banyak orang.

Padahal, saat ini banyak sekali kompetisi game online yang menawarkan hadiah fantastis.

Sebenarnya, produk digital ini tidak mengejutkan, karena ada banyak kategori permainan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Dari sekian banyak game yang kamu suka, yang mana?

BACA JUGA :   Spesifikasi Realme GT Master Edition Terbaru 2021

E-Book

Selain aplikasi, gambar dan video, produk digital juga bisa berupa file pdf.

E-book adalah salah satu produk favorit banyak orang.

Tentunya keadaan ini terkena dampak pandemi, dimana sistem pembelajaran yang dilakukan di rumah mengurangi penggunaan buku cetak.

Akibatnya, buku teks dalam format pdf banyak digunakan.

Selain buku teks, Anda dapat menemukan novel, dongeng, resep, dan manga dalam format digital ini.

Aplikasi

Contoh produk digital yang pertama adalah aplikasi atau software.

Bahkan ketika Anda bangun di pagi hari, wajar untuk menggunakan produk ini setiap hari. Beberapa orang mengandalkan aplikasi alarm.

Aplikasi yang paling populer saat ini adalah media sosial dan e-commerce. Keduanya sangat mendukung kehidupan kita saat ini.

Foto dan Video

Contoh produk digital selanjutnya adalah foto dan video. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa foto dan video memiliki hak cipta dan tidak dapat digunakan atau difoto oleh orang lain tanpa izin.

Dengan demikian, foto dan video menjadi produk yang layak jual, terlepas dari unsur artistik dan estetika dari foto dan video itu sendiri.

Ada beberapa situs jual beli foto dan video berbayar yang bisa Anda gunakan untuk menjual karya Anda.

Kursus Online

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, produk digital juga bisa berupa layanan, seperti kursus online.

Pandemi tampaknya membuat banyak orang lebih terbiasa dengan pembelajaran online. Banyak les online, kursus atau tempat pelatihan muncul.

BACA JUGA :   Cara Cepat Dapatkan Modal Pengembangan Bisnis!

Sumber daya yang tersedia berkisar dari topik formal hingga memasak, menggambar, mendesain, dan tip penjualan online.

Kursus online ini tidak hanya menawarkan banyak manfaat, tetapi juga dapat menjadi cara belajar yang semakin canggih di masa depan.

Cara Membuat Produk Digital

Setelah memahami contoh produk digital, bagaimana cara membuatnya? Tentu saja itu tergantung pada jenis produk.

Aplikasi dan game pasti dibuat oleh para profesional di bidang IT, atau oleh perusahaan dan pengembang aplikasi.

Sementara itu, Anda dapat membuat foto, video, dan desain grafis dengan beberapa alat sederhana. Mulai dari kamera ponsel hingga kamera profesional.

Anda mungkin memerlukan bantuan dari aplikasi pengeditan seperti Adobe dan Corel.

Kemudian, jika Anda ingin membuat novel dalam format ebook, pada dasarnya Anda cukup mengetik di Microsoft Word, menggunakan aplikasi pengeditan sederhana untuk membuat sampul, dan kemudian menyimpannya sebagai file pdf.

Bagaimana dengan layanan kursus online? Tentu saja, aplikasi pendukung seperti Zoom dan Google Meet diperlukan.

Pengetahuan tentang bidang kursus yang dipelajari diperlukan. Anda juga dapat memberikan layanan kursus secara manual atau melalui situs online kami.

Leave a Comment