Strategi Sukses Pemasaran Bisnis 2022

Strategi Sukses Pemasaran Bisnis 2022 – Kita sedang menuju endemi setelah pandemi COVID-19. Secara global, jumlah pasien Covid-19 semakin menurun, dan kurvanya semakin landai, termasuk Indonesia. Tingkat PPKM di beberapa daerah sudah diturunkan dan pemerintah mulai melonggarkan aturan pemakaian masker.

Ini adalah tanda yang sangat baik untuk sektor ekonomi. Siklus ekonomi yang sempat terhenti bahkan stagnan saat pandemi melanda, kini mulai bergerak kembali.

Pada saat ini, tampaknya pengusaha atau pemilik bisnis perlu memikirkan strategi pemasaran baru yang tepat sehingga mereka dapat memperoleh manfaat sekaligus beradaptasi dengan situasi sosial.

Salah satu sinonim dari momen ini adalah maraknya toko dan bisnis fisik, disertai dengan strategi pemasaran online yang dipercaya masyarakat sebagai cara jual beli yang baik dan praktis.

Strategi Sukses Pemasaran Bisnis 2022

Menyeimbangkan Penjualan Offline dan Online

Masyarakat yang dulunya terbiasa berjualan offline, atau bertatap muka langsung dengan konsumen, mungkin harus beradaptasi dengan berjualan online di masa pandemi di Indonesia.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyeimbangkan keduanya. Memang tidak mudah untuk diterapkan, namun patut dicoba sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis yang efektif.

BACA JUGA :   6 Bisnis Online Rumahan Paling Populer 2021

Anda dapat menggunakan ajakan bertindak (CTA) atau ajakan bertindak untuk memandu konsumen online dari offline. Misalnya, Anda dapat mengundang orang untuk mengunjungi situs web atau media sosial bisnis Anda dengan memasang papan iklan yang Anda pasang di toko fisik atau di dalam toko.

Ajakan bertindak dapat berupa “Kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut” atau “Pindai saya” dengan menampilkan kode QR yang mengarah ke promosi khusus atau serupa. Selalu ingat untuk menyertakan alamat web dan media sosial Anda di semua media cetak di toko fisik Anda.

Strategi Pemasaran Bisnis Yang Tepat

Untuk beradaptasi dengan momen tersebut, ada beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda, antara lain:

Tentukan Konsep Toko Offline

Seperti disebutkan sebelumnya, memasuki era endemik berarti toko atau bisnis bata-dan-mortir mulai muncul kembali. Jika Anda memiliki toko atau bisnis yang sudah berjalan offline sebelum pandemi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperbaikinya.

Pertama, kami mendefinisikan konsep toko offline. Masih mempertahankan tema lama yang telah digunakan atau dirombak total. Siapkan budget yang lumayan untuk merombak ini.

Anda dapat menemukan ide tema toko offline di internet dengan saran. Temukan sesuatu yang akan menarik konsumen untuk mengunjungi dan menjelajahi toko Anda tanpa merasa bosan atau bosan.

Inovasi Produk Pemasaran Bisnis

Entah sudah berapa kali dibahas, tapi penting untuk diingat sekali lagi bahwa inovasi produk adalah bagian yang sangat penting dari strategi pemasaran Anda. Tidak hanya trendi sekarang, itu terjadi setiap saat.

BACA JUGA :   Apa Itu Konsep Dasar Akuntansi Pajak, Sifat dan Fungsinya

Inovasi produk bukan berarti harus selalu menimbun barang baru, tapi bagaimana mengemas barang lama agar terlihat seperti baru. Anda dapat mencoba mengubah kemasan produk, label atau logo bisnis menjadi promosi yang berbeda.

Inovasi produk bisa menjadi strategi pemasaran yang sangat menguntungkan. Anda tidak hanya dapat menambah nilai jual, Anda dapat memperkuat posisi bisnis Anda di antara pesaing Anda, tetapi juga memperluas jaringan pasar bisnis Anda melalui inovasi produk di masa yang mewabah ini.

Maksimalkan Program Promosi Anda

Apapun kondisinya, program promosi adalah solusinya. Kalimat ini sebenarnya tidak berlebihan. Promosi yang menarik akan selalu membawa keuntungan bagi para pelaku bisnis.

Maksimalkan program promosi Anda dengan menyesuaikan kebutuhan konsumen Anda. Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan menyajikannya dalam bentuk promosi dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan sekaligus menjaga kepuasan pelanggan.

Manfaatkan Google Bisnis

Di masa endemik, satu hal yang bisa Anda coba sebagai strategi pemasaran adalah menambahkan bisnis Anda ke Google Business, yang sinkron dengan Google Maps.

Dengan begitu, konsumen akan percaya bahwa bisnis yang Anda jalankan benar-benar ada dan tidak ajaib. Informasi bisnis yang dimasukkan ke Google Maps juga memungkinkan konsumen untuk menghubungi atau berkunjung langsung ke alamat yang ditampilkan di Google Maps.

Leave a Comment