Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Online 2022

Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Online 2022 – Jualan makanan secara online menjadi salah satu bisnis yang sedang ngetren terutama di masa pandemi. Hal ini terkait erat dengan kebijakan pemerintah yang membatasi interaksi fisik masyarakat. Alhasil, para pelaku usaha kuliner semakin banyak menggunakan platform digital untuk berjualan.

Dari sisi bisnis, bisnis kuliner melalui online marketplace memiliki potensi yang luar biasa. Pertama-tama, pemilik memiliki peluang lebih besar untuk memperluas pasar mereka. Kedua, karena tidak perlu menyewa tempat dan pemasaran dapat dilakukan secara digital, maka anggaran yang dibutuhkan sangat kecil.

Apakah Anda salah satu yang tertarik untuk memulai bisnis kuliner online? Di bawah ini kami telah menyiapkan 5 taktik efektif bagi mereka yang ingin menjual makanan melalui platform digital. Ayo, mari kita lihat!

Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Online 2022

Rencana Keuangan

Memiliki bisnis yang terus berkembang adalah dambaan setiap pebisnis. Salah satu kunci untuk mencapai tujuan tersebut adalah memiliki rencana keuangan yang rapi.

Ketika Anda menjalankan bisnis kuliner online, Anda perlu tahu persis berapa banyak modal yang di butuhkan dan dari mana asalnya. Juga, tentukan strategi dan tujuan penjualan yang perlu Kamu capai secara teratur.

BACA JUGA :   Cara Mudah Melakukan Pembukuan Toko Kecil, simak Penjelasan nya!

Rencana keuangan yang baik akan membuat bisnis Anda lebih menarik bagi investor dan bank. Hal ini otomatis memperbesar peluang bisnis kuliner online yang Anda jalankan akan mendapatkan tambahan modal.

Tentukan Target Pasar

Berbagai jenis makanan memiliki target pasar yang berbeda. Jadi, putuskan terlebih dahulu pasar mana yang ingin Anda bidik. Kemudian pastikan Anda benar-benar tertarik untuk bekerja di pasar tersebut. Misalnya, memulai bisnis minuman Sevlac atau Boba tidak ada gunanya jika Anda tidak tertarik untuk dicintai oleh anak muda.

Rajinlah dalam mengeksplorasi dan membuka media sosial. Cari tahu jenis makanan apa yang sedang tren dan apa yang dicari orang. Hanya dengan begitu Anda dapat memutuskan kepada siapa makanan tersebut akan dijual.

Pilih Pemasok

Faktor penting lainnya dalam memulai bisnis makanan online adalah memilih pemasok bahan baku. Pilih distributor dengan sistem pengiriman yang akurat dan tepat waktu. Jadi makanan yang Anda hasilkan dikirim segar ke tangan pelanggan Anda.

Juga, jangan lupa untuk menemukan distributor cadangan. Hal ini penting jika pemasok utama sedang mengalami masalah pengiriman, sehingga kami dapat terus memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan kami.

Strategi Pemasaran

Langkah terakhir adalah memutuskan platform mana yang akan digunakan untuk penjualan. Setiap platform memiliki pro dan kontra, jadi pilihlah dengan bijak. Juga, pertimbangkan diskon dan biaya administrasi yang mungkin dibebankan kepada penjual untuk setiap transaksi.

BACA JUGA :   Jenis-Jenis Biaya Pengelolaan Bisnis, Yang Harus Anda ketahui.!

Nah, buat kamu yang ingin jualan makanan secara online lebih mudah, kamu bisa mencoba fitur pemesanan makanan di GrabFood. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyinkronkan akun merchant GrabFood Anda dengan back office di sistem pencatatan kasir otomatis. Dengan begitu, setiap kali ada transaksi GrabFood yang masuk, bisa otomatis tercatat di aplikasi Kasir dan diproses secara otomatis.

Memilih Tempat Bisnis Kuliner Online

Anda tidak perlu menyewa tempat untuk menjalankan bisnis kuliner online. Namun, Anda harus memutuskan di mana makanan Anda akan diproses atau diproduksi. Pastikan ruangan Anda luas dan bersih. Jika Anda ingin lebih mengurangi biaya, cari lokasi produksi yang dekat dengan pemasok bahan baku Anda.

Nama dan Kemasan Binis Kuliner Online

Dalam pepatah lama, namanya adalah doa. Jadi, jangan sembarangan memilih nama bisnis Anda. Pilih nama yang akan cepat melekat di benak konsumen dan mudah diingat. Dengan nama yang tepat, bisnis kuliner pun bisa lebih mudah masuk ke pasar yang lebih besar.

Leave a Comment