Cara Mudah Membangun Good Customer Relationship!

Sebagai pemilik bisnis, kami pasti memahami betapa pentingnya Good Customer Relationship. Membangun hubungan yang baik dengan konsumen adalah kunci untuk memahami kebutuhan konsumen.

Tidak hanya itu, Good Customer Relationship dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda dengan membawa konsumen kembali atau memberikan referensi.

Dalam hal membangun Good Customer Relationship dengan konsumen, usaha kecil sebenarnya lebih diuntungkan. Pasalnya, dalam skala yang tidak terlalu besar, Anda bisa menjangkau konsumen secara lebih personal. Oleh karena itu, hubungan dengan konsumen menjadi lebih kuat.

Jadi, apakah hanya usaha kecil yang dapat membangun Good Customer Relationship? Tentu saja tidak. Pada prinsipnya, setiap bisnis dapat mengelola Good Customer Relationship dengan konsumennya.

Jika masih bingung, silahkan simak penjelasan berikut untuk membantu semua konsumen bertransaksi kembali!

Cara Mudah Membangun Good Customer Relationship!

Terhubung Dengan Customer

Seperti yang disebutkan sebelumnya, teknologi dan media sosial telah berkembang hingga ada banyak cara berbeda untuk terlibat dengan konsumen.

Ada berbagai platform online dan media sosial yang dapat digunakan bisnis untuk menjangkau konsumen.

Saat bisnis terhubung dengan konsumen secara online, pastikan percakapan tidak sepihak. Bertanya kepada konsumen, mendengarkan konsumen, dan merespon ketika konsumen memiliki pertanyaan atau keluhan.

BACA JUGA :   Ayo Ketahui! Kelebihan dan Kekurangan UMKM Sebelum Mulai Berbisnis

Juga, pastikan bahwa situs web bisnis resmi menarik dan berkualitas baik. Jangan lupa untuk membuat blog untuk membangun kehadiran bisnis online Anda.

Komunikasi Good Customer Relationship

Komunikasi, seperti Good Customer Relationship lainnya, memainkan peran penting dalam hubungan antara bisnis dan konsumen. Memasarkan bisnis Anda dan mendengarkan konsumen Anda sama pentingnya.

Lebih baik meluangkan waktu untuk terlibat dengan konsumen daripada hanya mempromosikan bisnis Anda. Cari tahu apa yang benar-benar dibutuhkan konsumen Anda dan pastikan pelanggan bisnis Anda punya solusinya!

Jika bisnis Anda sudah memiliki tim atau karyawan, ajari semua karyawan cara berkomunikasi secara efektif dengan konsumen. Buat kebijakan manajemen hubungan pelanggan bagi karyawan untuk memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi.

Minta Feedback Customer

Perasaan mendengar adalah fondasi penting dalam suatu hubungan. Jadi, undang konsumen Anda untuk memberikan umpan balik untuk menunjukkan bahwa bisnis Anda mendengarkan mereka.

Kasir dapat memberi Anda kartu komentar atau melakukan survei. Di tengah pesatnya kemajuan teknologi dan media sosial, melakukan survei bukanlah hal yang sulit.

Bahkan, Anda bisa membuat survei melalui Instagram Stories. Tidak hanya praktis, tetapi juga dapat meningkatkan keterlibatan media sosial Anda.

Melebihi Ekspektasi

Saat melakukan transaksi, konsumen tentu berharap mendapatkan produk atau jasa yang baik. Dari sudut pandang bisnis, memenuhi harapan ini tidak cukup untuk menjaga Good Customer Relationship dengan konsumen.

BACA JUGA :   Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol, Tidak Perlu Takut Untuk Mencoba!

Bisnis harus terus-menerus meningkatkan standar untuk melebihi harapan konsumen.

Misalnya, ketika Anda membuka pre-order untuk suatu produk dan berjanji akan siap dalam waktu satu bulan. Kami kemudian menyelesaikan pesanan dan mencoba mengirimkannya dalam waktu 3 minggu.

Tentu saja, konsumen terkejut dan senang bahwa pesanan mereka selesai seminggu lebih awal dari yang dijanjikan. Pada titik ini, Anda akan mengesankan pelanggan Anda. Pelanggan yang terkesan dengan layanan Anda akan terus datang kembali.

Tunjukan Apresiasi Pada Customer

Tentunya jika Anda pernah menggunakan aplikasi POS dengan kemampuan customer relationship management (CRM), Anda pasti tahu konsumen mana yang menjadi pelanggan setia.

Nah, terima kasih kepada pelanggan setia Anda dengan menawarkan promosi khusus seperti diskon khusus.

Anda juga dapat membuat program loyalitas seperti poin reward. Untuk setiap pembelian, konsumen mendapatkan poin. Ketika poin mencapai jumlah tertentu, konsumen dapat dihargai.

Reward yang Anda tawarkan dapat berupa diskon hingga merchandise pada transaksi Anda berikutnya. Nilai barang yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan kemampuan usaha.

Leave a Comment