Tips Membuka Toko Online Khusus Pemula 2022

Kita semua memahami meningkatnya kebutuhan bisnis untuk memanfaatkan platform online jika mereka ingin terus bertahan dan berkembang. Nah, beberapa dari Anda mungkin baru saja mempertimbangkan untuk membuka toko online, tetapi bingung harus mulai dari mana.

Biasanya, gangguan ini dialami oleh pemilik bisnis yang tidak memiliki pengalaman bisnis online sebelumnya. Namun, tidak perlu khawatir lagi, karena kami telah menyiapkan beberapa tips untuk membuka toko online, terutama untuk pemula. Selamat mendengarkan!

Tips Membuka Toko Online Khusus Pemula 2022

Tentukan Niche Bisnis Anda

Pada prinsipnya, pada tahap ini Anda memutuskan produk mana yang akan dijual dan kepada siapa produk tersebut akan dijual. Sebagian besar pemilik bisnis yang baru memulai bisnis tidak mempertimbangkan ceruk atau ceruk mereka secara mendalam.

Faktanya, ceruk pasar memiliki dampak signifikan pada bisnis Anda, seperti angka penjualan Anda, seberapa banyak usaha dan investasi yang Anda butuhkan untuk mendukung pelanggan Anda, dan peluang Anda untuk memenangkan pelanggan setia.

Jadi, menentukan niche Anda adalah salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum membuka toko online. Sebuah ceruk pasar dapat ditentukan dengan mempertimbangkan tiga hal: harga, audiens, dan peluang pasar.

BACA JUGA :   Pilihan Investasi Terbaik Untuk Karyawan 2021

Dropshipping Atau Memiliki Produk Anda Sendiri Dalam Stok

Jika Anda sudah mengetahui produk apa yang ingin Anda jual dan target pasar Anda, pertimbangkan opsi drop-shipping sebelum memutuskan untuk memproduksi atau membeli inventaris Anda sendiri.

Dropshipping adalah hal yang populer akhir-akhir ini. Bahkan, cara ini dianggap sebagai trik sederhana untuk menjalankan bisnis di pasar. Jika tidak, tidak perlu modal besar, tidak perlu inventaris sendiri, tidak ada biaya pengelolaan gudang, dan tidak perlu repot dengan pemilihan dan pengemasan produk.

Namun demikian, dropshipping memiliki masalah sendiri. Misalnya, Anda tidak dapat mengontrol pemenuhan pesanan. Antrian panjang untuk pesanan produsen berarti lama menunggu konsumen memesan dari toko. Tentu saja kekecewaan konsumen ditujukan kepada toko tersebut.

Kebijakan pengembalian juga akan menjadi masalah dengan metode dropship. Di sisi lain, jika Anda memilih untuk menawarkan produk Anda secara langsung sebagai reseller atau produsen, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

Tentukan Nama Toko Online Anda

Untuk bisnis yang melakukan bisnis bata-dan-mortir, sebagian besar nama toko di pasar akan direkonsiliasi dengan merek yang sudah ada sebelumnya. Namun, jika Anda baru pertama kali memulai bisnis dan langsung memutuskan untuk membuka toko online, maka pilihlah nama yang cocok untuk toko Anda.

Saat memutuskan nama toko, pertimbangkan hal berikut:

  • Pilih nama yang mudah diucapkan
  • Carilah nama dengan tanda tangan agar konsumen langsung tahu produk apa yang dijual toko Anda.
  • Pastikan nama tidak menggunakan merek yang sudah ada
  • Jika Anda ingin membuat situs web resmi suatu hari nanti, dapatkan nama domain yang dapat Anda
  • Gunakan dengan mudah.
  • Hindari nama yang terlalu panjang atau merujuk pada satu produk tertentu.
  • Anda memiliki penawaran penjualan yang unik.
  • Anda memiliki produk untuk dijual, Anda tahu kepada siapa Anda menjual, dan nama yang menarik bagi konsumen. Pertanyaan selanjutnya adalah membedakan produk di toko Anda dengan produk sejenis lainnya yang sudah tersedia di pasaran atau di platform jual beli online lainnya.
BACA JUGA :   Tips Mudah Mengelola Cash Flow untuk Perkembangan Bisnis Anda

Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengidentifikasi bagaimana pesaing Anda melakukan bisnis mereka. Kemudian lakukan bisnis Anda dengan lebih baik. Dengan begitu, Anda akan memiliki poin unik yang ditawarkan kepada konsumen.

Misalnya, bisnis lain mungkin memiliki kebijakan pengembalian yang rumit. Anda di sini dengan pengembalian produk yang mudah.

Pasarkan Toko Anda!

Kini, proses launching toko online sudah hampir berakhir. Sekaranglah saatnya untuk merencanakan pemasaran toko Anda. Ada banyak cara untuk memasarkan toko Anda, mulai dari beriklan hingga menyewa layanan influencer.

Sayangnya, metode ini membutuhkan banyak uang dan belum tentu bisa digunakan. Selain itu, toko Anda baru saja dibuka. Jadi, menyebarkan informasi tentang toko Anda melalui media sosial bukanlah hal yang buruk.

Anda selalu memiliki pilihan untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda nanti berdasarkan sumber daya dan hasil yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengandalkan penilaian konsumen. Namun, jika Anda ingin pengunjung Anda menceritakan kisah mereka, Anda perlu menarik mereka dengan berbagai program loyalitas.

Leave a Comment