Pengertian Asuransi Yang Wajib di Ketahui!

Pengertian Asuransi – Di zaman sekarang ini, banyak bahaya yang bisa terjadi. Kasus nyata adalah pandemi yang telah terjadi di negara ini selama lebih dari 1,5 tahun dan berdampak besar baik pada aspek ekonomi maupun sosial.

Beberapa dari Anda mungkin telah diberhentikan atau ‘dibaringkan di rumah’, beberapa dari Anda/anggota keluarga pernah terpapar Covid-19, ada yang mengalami pemotongan gaji dan lainnya. Apakah Anda siap untuk mengalami ini? Ke depan, asuransi akan diperkenalkan sebagai sarana perlindungan.

Apa Itu Asuransi?

Asuransi adalah suatu bentuk perjanjian antara tertanggung dan penanggung untuk mengalihkan risiko keuangan yang mungkin timbul secara tidak terduga dengan cara tertanggung membayar iuran yang besar kepada penanggung yang dikenal dengan premi. Dalam hal ini tertanggung adalah nasabah dan penanggung adalah perusahaan yang menyediakan produk asuransi.

Apa Fungsi Dari Asuransi?

Asuransi membantu kita menutupi risiko tak terduga yang mungkin kita hadapi di masa depan. Tetapi tidak menjamin bahwa risiko tersebut dapat hilang, tetapi dapat membantu meminimalkan kerugian finansial yang dapat Anda derita jika risiko tersebut terjadi.

Tidak seperti investasi yang dapat memberi kita pengembalian dan menghasilkan lebih banyak uang, insurance lebih fokus untuk memastikan perlindungan terhadap risiko yang tidak terduga.

BACA JUGA :   Tips & Cara Memilih Asuransi Syariah 2021

Jadi asuransi adalah cara kita mempersiapkan apa yang kita tidak mampu. Banyak sekali bahaya yang kita hadapi—mulai dari risiko kecelakaan, risiko sakit, hingga risiko kehilangan kepala keluarga.

Insurance bisa menutupi semuanya. Namun, Anda harus terlebih dahulu memahami bahwa setiap jenis yang berbeda, karena tidak ada produk insurance yang dapat menanggung semua risiko, dan semua jenis yang berbeda membawa risiko yang berbeda.

Apa Saja Jenis-Jenis Asuransi?

Insurance dibagi menjadi beberapa jenis:

Insurance Mobil

Asuransi Mobil adalah yang menanggung risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan yang Anda miliki, seperti sepeda motor atau mobil. Ada dua jenis insurance mobil: All Risk dan Total Loss Only (TLO). Ada banyak produk insurance mobil yang tersedia di Indonesia. Dengan jenis ini, Anda dapat meminimalkan biaya yang harus Anda keluarkan jika terjadi sesuatu yang tidak terduga pada kendaraan Anda.

Insurance Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah yang melindungi tertanggung dalam bentuk biaya pengobatan, biaya operasi, obat-obatan, dll. Dengan insurance kesehatan, Anda dapat meminimalkan biaya yang terkait dengan perawatan/pengobatan kembung.

Ada insurance kesehatan rawat inap dan rawat jalan tergantung jenis perawatannya. Ada juga berbagai jenis penyedia, yaitu pemerintah (BPJS Kesehatan) dan swasta.

Indonesia memiliki berbagai macam produk kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan yang menawarkan berbagai premi mulai dari kesehatan yang murah hingga kesehatan yang mahal.

BACA JUGA :   Keuntungan Dan Kerugian Unit Link Untuk Persiapan Masa Depan Anak Anda

Insurence Jiwa

Asuransi jiwa adalah yang melindungi dari kerugian finansial apabila meninggalnya anggota keluarga yang dipertanggungkan mengakibatkan hilangnya pendapatan bagi individu/keluarga yang menjadi mata pencaharian utama keluarga tersebut.

Ada beberapa jenis insurance jiwa, seperti berjangka, seumur hidup, konsolidasi unit, dan donasi, dan Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, apakah Anda sudah memiliki asuransi di atas? Memilikinya memungkinkan Anda untuk lebih tenang menghadapi risiko yang mungkin timbul di kemudian hari. Jangan lewatkan fakta ini!

Leave a Comment