Pengertian E-wallet Fungsi dan Cara Kerjanya 2022

Kebanyakan orang sudah mengetahui apa itu e-wallet, dan mungkin sudah banyak yang menggunakannya. e-Wallet atau dompet digital adalah salah satu metode pembayaran yang populer untuk belanja online di toko online.

Namun, kebanyakan dari mereka hanya menggunakannya tanpa mengetahui banyak tentang apa itu e-wallet, cara kerjanya, atau bahkan tentang berbagai jenis e-wallet di Indonesia. Nah, kali ini Twibbonk akan membahas pengertian lengkap tentang apa itu dompet digital.

Pengertian E-wallet

Dompet elektronik atau e-Wallet adalah sebuah teknologi berupa layanan transaksi online melalui smartphone. Dompet elektronik memungkinkan kamu menghemat uang dan membayar secara online.

Dompet digital dalam bentuk aplikasi ini adalah sejenis akun prabayar, artinya kamu dapat menyimpan uang di dompet elektronik sehingga Anda dapat bertransaksi nanti.

Uang itu sendiri dapat diisi ulang melalui rekening bank yang terhubung.

Berbicara tentang masalah pembayaran pasti terkait dengan keamanan. Oleh karena itu, e-wallet memiliki kata sandi yang ditetapkan untuk masuk dan bertransaksi.

Cara Kerja e-Wallet

Pembayaran menggunakan e-wallet bisa dibilang praktis, namun hingga saat ini kamu hanya perlu melakukan transaksi tanpa mengetahui cara kerjanya. Berikut cara kerja dompet elektronik:

BACA JUGA :   Aplikasi Caption Keren Upload Foto Instagram 2021, Wajib Coba.!

Ada beberapa hal yang terlibat dalam perdagangan online.

  • Pengguna dompet elektronik
  • Perangkat yang digunakan
  • Jenis dompet elektronik yang Anda gunakan
  • Layanan token (mis. VISA)
  • Bank

Fungsi e-Wallet

Sebagai aplikasi dompet digital di luar yang sebelumnya hanya berurusan dengan pembayaran, e-wallet memiliki banyak fitur dan fitur, antara lain:

Transaksi online

Fungsi pertama dari dompet digital adalah untuk bertransaksi secara online, salah satunya untuk membayar belanjaan di e-commerce. Selain itu, saat ini banyak transaksi e-commerce yang menyediakan metode pembayaran menggunakan dompet elektronik.

Membayar Tagihan

Anda memiliki banyak sekali tagihan yang harus Anda bayar setiap bulannya, misalnya tagihan listrik, Wi-Fi, PDAM atau tagihan lainnya. Dompet elektronik memungkinkan Anda membayar tagihan tersebut dengan cepat dan mudah.

Yang lebih menarik adalah biasanya banyak voucher atau cashback yang ditawarkan oleh dompet digital. Jadi tagihan Anda mungkin lebih kecil.

Beli pulsa Atau Paket Data

Jika dulu Anda harus ke konter untuk isi pulsa dan membeli paket data, kini hanya bisa dilakukan secara online. Selain itu, tidak perlu repot mengingat nomornya karena Anda bisa mengeceknya langsung melalui fungsi kontak yang disediakan oleh e-wallet.

Tentu saja, membeli pulsa dan paket data melalui dompet digital lebih aman daripada over the counter. Karena ada resiko angkanya akan tercecer.

Transefer uang

Selain itu, fungsi dompet elektronik adalah pengiriman uang antar pengguna dompet elektronik atau transfer ke rekening bank menjadi mudah meskipun dengan biaya pengelolaan yang kecil. Namun, Anda juga bisa mendapatkan biaya manajemen gratis dari e-wallet tertentu.

BACA JUGA :   Aplikasi Stok Barang dan Penjualan Terbaru 2022

Menyimpan Uang

Akhirnya, e-Wallet memungkinkan Anda menggunakannya untuk penghematan. Kamu dapat dengan mudah dan aman menyimpan uang di dompet digital kapan saja.

Beberapa fitur dompet digital. Bagaimana tertarik untuk menggunakannya? Jika demikian, Anda harus mengetahui contoh e-wallet Indonesia berikut ini:

contoh e-wallet indonesia

Industri financial technology (fintech) Indonesia semakin berkembang. Perkembangan ini telah melahirkan banyak inovasi baru, salah satunya adalah dompet elektronik.

Ada berbagai layanan e-wallet yang sudah dikenal banyak orang saat ini, dan berikut akan dibahas satu per satu.

Dana

Dompet digital pertama adalah DANA. Anda mungkin sudah sering mendengar tentang dompet elektronik ini. Layanan dompet digital Dana diluncurkan pada tahun 2018 oleh Vincent Iswara. Dana memungkinkan Anda untuk membayar tagihan, bertransaksi menggunakan barcode, dan membayar transaksi e-commerce khususnya Bukalapak.

GoPay

Contoh kedua dari dompet elektronik adalah Gopay, yang merupakan dompet elektronik yang populer dan banyak digunakan. Gopay merupakan bagian dari aplikasi Gojek, sehingga otomatis terintegrasi dan mudah digunakan.

OVO

OVO mulai beroperasi sebagai dompet digital pada tahun 2017. Saat ini, OVO semakin berkembang setelah Grab mengakuisisi sahamnya di Tokopedia. Bahkan baru-baru ini, OVO sudah mulai memasuki layanan keuangan seperti investasi, pinjaman dan asuransi.

ShopeePay

ShopeePay adalah bagian dari Shopee, salah satu metode pembayaran di marketplace. Anda dapat menggunakan ShopeePay untuk transaksi online dan transfer uang dari merchant ShopeePay melalui belanja offline sama seperti e-wallet lainnya.

BACA JUGA :   Cara Mudah Membuat Bot Telegram Secara Cepat Tanpa Coding

Leave a Comment