Tips Mudah Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

TWIBBONK.com – Tips Mudah Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi. Pengguna laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan touchpad yang merupakan salah satu komponen utama dari sebuah laptop, dan keberadaannya sangat penting saat menggunakan laptop karena touchpad yang bekerja dengan menerima respon sentuhan jari pengguna sangatlah penting.

Beberapa orang telah mengganti touchpad dengan mouse, tetapi sangat merepotkan, terutama bagi pengguna laptop dengan mobilitas tinggi.

Dengan touchpad, Anda dapat meletakkan laptop di pangkuan Anda dan langsung menggunakannya, sehingga Anda tidak punya waktu untuk menemukan meja di mana semua orang dapat menggunakan mouse. Namun, touchpad juga rentan terhadap masalah.

Cara Memperbaiki Touchpad Yang Rusak

Seperti perangkat elektronik lainnya, touchpad dapat mengalami berbagai masalah, mulai dari masalah kecil hingga kerusakan yang tidak berfungsi dengan baik.

Ada tiga masalah umum dengan touchpad. Anda sebenarnya bisa memperbaiki sendiri ketiga masalah ini tanpa harus membawa laptop ke service center. Ikutin langkah – langkah di bawah ini cara praktis memperbaiki touch laptop rusak.

1. Touchpad Disable

Laptop biasanya memiliki tombol untuk menonaktifkan touchpad. Tentunya setiap laptop mungkin memiliki lokasi yang berbeda untuk tombol ini dan cara mengaktifkannya.

Pada artikel ini, saya menggunakan laptop dengan tombol F7 yang juga berfungsi untuk mengaktifkan/menonaktifkan touchpad. Mengakses tombol F7 akan memungkinkan touch laptop ini berfungsi dengan baik lagi.

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap HP Sony Xperia 10 III Lite

Seperti disebutkan sebelumnya, letak tombol ini tidak selalu sama pada semua produk laptop, namun biasanya memiliki gambar yang mirip, seperti ikon jari menyentuh touchpad dan simbol lingkaran dengan coretan di tengahnya.

Menekan tombol ini secara tidak sengaja dapat membuat touchpad tidak dapat digunakan. Sebelum membawa laptop Anda ke pusat layanan, periksa dulu apakah ini benar-benar masalahnya.

2. Driver Touchpad Rusak Atau Perlu Diperbarui

Driver juga bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan touchpad, karena driver berperan penting di semua perangkat keras di perangkat laptop Anda. Driver yang rusak atau kedaluwarsa dapat membuat touchpad tidak berfungsi.

Untuk memeriksa status dan pembaruan, Anda dapat pergi ke Device Manager dengan mengklik kanan tombol Start Windows dan kemudian mengklik ‘Device Manager’.

Kemudian pilih ‘Mouse and other pointing devices’, klik subkategori, klik kanan dan pilih ‘Update Driver’. Tunggu sekitar 5 menit sampai laptop update, lalu jangan matikan laptop.

Setelah menyelesaikan pembaruan driver, restart laptop dan periksa apakah touchpad berfungsi normal. Jika Anda tidak memiliki koneksi internet, Anda biasanya dapat menggunakan CD atau DVD driver yang disertakan dalam paket.

Telusuri CD untuk menemukan dan menginstal driver touch dan ikuti petunjuk di bawah ini. Setelah proses instalasi selesai seperti di atas, restart laptop Anda.

3. Perangkat Keras Touchpad Rusak

BACA JUGA :   Apple iPad Pro Terbaru Fitur Canggih Dengan Harga Fantastis

Kemungkinan terakhir adalah kerusakan pada hardware touchpad. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh perangkat keras yang ketinggalan zaman atau terlalu sering kepanasan.

Overheating biasanya disebabkan oleh sirkulasi udara yang tidak mencukupi ke dalam perangkat laptop, yang menyebabkan hardware touchpad menjadi panas dan rusak.

Cara Merawat Touchpad Laptop

Selain masalah umum di atas, touchpad terkadang berhenti berfungsi karena masalah lain seperti permukaan yang kotor atau kesalahan sistem.

Touchpad laptop juga harus dirawat untuk menghindari masalah. Berikut adalah cara yang sangat mudah untuk mengelola touch laptop Anda.

1. Bersihkan permukaan touchpad yang kotor

Kedengarannya sepele, namun sebenarnya berdampak signifikan terhadap keberlangsungan touch sebuah laptop. Touchpad mengandalkan sensor motor di permukaannya.

Jika Anda jarang membersihkan permukaan touch, ini bisa menjadi penyebab utama touchpad tidak berfungsi dengan baik. Bersihkan touch laptop Anda secara teratur, setidaknya setelah digunakan.

2. Pindai laptop Anda dengan antivirus

Virus komputer sebenarnya yang paling berbahaya, selain dari risiko menginfeksi/merusak file sistem (yang dapat menyebabkan kegagalan sistem, seperti membuat sistem tidak dapat di-boot misalnya).

Artikel Seputar Tentang Gadget Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

BACA JUGA :   Anda Harus Tahu! Jarak Normal Saat Menonton TV 2021

Leave a Comment