5 Cara Merawat Mesin Mobil Tetap Prima

TWIBBONK.com – 5 Cara Merawat Mesin Mobil Tetap Prima. Seperti kebanyakan mesin, semakin sering Anda mengendarai mobil, terutama mobil, semakin buruk kondisi dan kinerja mesin mobil Anda.

Penurunan performa mesin mobil ini bisa terjadi pada mobil yang digunakan sehari-hari untuk mobilitas tetapi tidak mendapatkan perawatan rutin karena pemilik mobil terlalu sibuk.

Jika kebiasaan ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin mobil Anda akan menghadapi masalah mesin apalagi dengan mudah. Mobil harus dirawat agar tidak terjadi, dan cara kerja tidak harus dilakukan di bengkel.

Cara Merawat Mesin Mobil Tetap Prima

Perawatan mobil tidak harus dilakukan di bengkel, karena kita sebagai pemilik dan pengemudi mobil dapat melakukannya sendiri di rumah.

Berlawanan dengan anggapan banyak orang akan merepotkan, merawat mobil agar mesin tetap prima sebenarnya tidak terlalu sulit.

Kunci untuk ini adalah konsistensi. Betul sekali. Semakin konsisten kita dengan mobil kita, semakin sedikit masalah yang akan kita hadapi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mobil Anda tetap dalam kondisi prima:

1. Selalu panaskan mesin

Cara pertama dan termudah untuk merawat mobil Anda adalah dengan menghangatkan mesin mobil Anda setiap hari. Lakukan ini bahkan jika Anda tidak menggunakan mobil hari itu.

Tujuannya agar mesin selalu dalam kondisi baik karena selalu berjalan. Mesin yang tidak dinyalakan terlalu lama akan cepat rusak.

BACA JUGA :   Spesifikasi Yamaha Meluncurkan Aerox 155 VVA MAXI Signature

2. Periksa level cairan di radiator secara teratur

Radiator merupakan salah satu komponen terpenting dari mesin mobil, jadi pastikan air radiator selalu berada di antara ketinggian air maksimum dan minimum.

Untuk melihat level cairan radiator cukup dengan melihat tabung cadangan cairan pendingin dan melakukannya secara rutin.

Jika cairan menunjukkan penurunan, tambahkan segera. Pastikan kendaraan berada di jalan yang rata. Artinya, tidak berhenti pada posisi menanjak atau menurun.

3. Amati kondisi ban dengan rajin

Bagian terpenting dari sebuah mobil selain mesin adalah ban. Ban mudah bocor atau rusak jika tidak dirawat secara rutin.

Salah satu penyebab kempes adalah bahkan pada mobil yang jarang digunakan, ban tidak menerima tekanan yang sama seperti saat dikendarai.

Jadi, jika Anda ingin ban mobil Anda lebih awet, jangan malas, selalu periksa kondisi ban Anda dan jangan lupa untuk mengisinya dengan udara jika mulai kehabisan udara.

4. Lakukan pemeriksaan oli mesin

Anda dapat memeriksa level oli mesin dengan menarik tongkat indikator level oli. Pastikan Anda memiliki pel di tangan Anda untuk membersihkannya.

Satu hal yang perlu diingat adalah Anda perlu mengetahui level oli minimum dan maksimum sebelum memeriksa oli mesin Anda.

Selanjutnya bersihkan stick leveling sampai bersih, masukkan kembali ke posisi semula, lalu lepas stick lagi.

Level oli mesin terlihat dan mudah dibaca, jadi Anda tahu jika Anda perlu menambahkan oli.

BACA JUGA :   Spesifikasi Harga Dari Mobil Daihatsu Rocky 1.2

5. Cara mudah merawat baterai Anda

Mobil dengan aki kotor menghadapi banyak masalah, salah satunya adalah kegagalan atau mesin mati. Ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain, tetapi keberadaan baterai sangat penting.

Pastikan aki mobil selalu dalam keadaan bersih dan bila perlu bersihkan setiap selesai menggunakan mobil. Membersihkannya sangat mudah dan hanya membutuhkan alat sederhana.

Gunakan sikat dengan bulu yang lembut untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada aki mobil dan pastikan tidak ada residu yang tertinggal.

Artikel Seputar Tentang Gadget Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment