5 Tips Usaha Ice Tea yang Menguntungkan

5 Tips Usaha Ice Tea yang Menguntungkan – Keberadaan toko atau kios yang menjual es teh kini mudah ditemukan, terutama di tempat-tempat ramai. Bukan tanpa alasan es teh sendiri menjadi minuman yang bisa memberikan kesegaran dan harganya murah.

Anda Ingin Bisnis Minuman es Teh?

Jika Anda tertarik menjalankan bisnis di bidang ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah lima tips untuk menjalankan bisnis es teh yang sukses.

1. Siapkan modal

Hal pertama yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis es teh adalah modal. Mengetahui modal Anda berarti Anda dapat memulai bisnis dalam skala yang sesuai dengan anggaran Anda.

Misalnya, jika Anda tidak memiliki modal terlalu banyak, pertimbangkan untuk memulai bisnis es teh skala kecil terlebih dahulu. Setelah menghasilkan keuntungan, mulailah berpikir untuk mengembangkan bisnis.

Ekuitas merupakan aspek penting yang perlu Anda pertimbangkan. Ada beberapa aspek dari bisnis es teh yang membutuhkan biaya. Misalnya membeli peralatan, bahan baku, tenda jika perlu, bahkan mendapatkan izin. Inilah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan bisnis es teh.

Anda perlu melakukan perhitungan rinci untuk mendapatkan nilai nominal tertentu. Jika tidak, Anda akan menghadapi beberapa kesulitan nanti. Perhitungan modal yang dibutuhkan dapat dilakukan sebagai berikut:

Biaya tenda dan izin

  • Biaya beli tenda Rp 1.000.000
  • Proses perizinan dan pembalasan Rp 500.000

Perlengkapan dapur

  • Teko Gooseneck 4 buah Rp 700.000
  • Teko keramik 50 buah Rp 2.000.000
  • Alas piring dan gelas 100 set Rp 2.000.000
  • Botol gas 12 kg Rp 400.000
  • Kompor gas Rp 500.000
  • Dispenser air Rp 300.000
  • 5 galon air mineral Rp 150.000
  • Wadah seduh teh Rp 100.000
  • 4 lusin sendok teh Rp 50.000

Peralatan toko

  • 5 set kursi dan meja Rp 5.000.000
  • Meja kas dengan peralatan Rp 500.000
BACA JUGA :   Tips dan Penjelasan Untuk Menjadi Seorang Content Creator Pemula

Bahan baku

  • 5 jenis teh (5 kg) Rp 200.000
  • Gula pasir 5kg Rp50.000

Total modal awal Rp 13.450.000

Di atas untuk modal toko es krim ukuran sedang yang menggunakan meja dan kursi untuk pengunjung. Informasi di atas dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Misalnya jika tidak membutuhkan tenda, Anda tidak perlu mencantumkan budget untuk tenda di detail toko es teh. Informasi di atas juga belum termasuk biaya listrik, karena setiap daerah memiliki tarif yang berbeda.

2. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi berperan dalam menentukan sukses tidaknya bisnis Anda. Memilih lokasi yang tepat berarti peluang menang terbuka lebar.

Saat menentukan lokasi, Anda bisa melakukan sedikit riset untuk mengetahui situasi di lokasi potensial untuk membuka usaha. Apakah ada potensi yang menjanjikan atau sebaliknya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis es teh di mana saja. Misalnya, pastikan lokasi potensial jual es teh berada di dekat tengah keramaian.

Tentu saja, pusat keramaian menjadi magnet untuk menarik pelanggan. Dengan begitu, Anda perlu mempertimbangkan faktor yang satu ini sebelum memulai bisnis Anda.

Ada beberapa tempat yang lalu lintasnya padat, antara lain kantor, sekolah, atau kampus. Banyak orang mengunjungi tempat-tempat ini setiap hari.

Manfaatkan kesempatan ini untuk membuka bisnis es teh. Es teh sendiri adalah minuman jutaan orang. Artinya hampir semua orang suka minum es teh yang bisa memberikan kesegaran di hari yang panas.

Meski saat ini banyak kemudahan konsumen seperti pilihan pengiriman, pembelian offline tetap memiliki pasar yang besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mewaspadai keramaian atau lalu lintas di sekitar tempat tersebut untuk membuka lapangan usaha.

3. Cari tahu lebih banyak tentang pesaing

Es teh merupakan minuman yang mudah ditemukan dimana saja mulai dari dekat sekolah, kantin kantor, hingga warung pinggir jalan. Jadi jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis es teh, Anda memiliki banyak persaingan.

Pesaing mengurangi potensi keuntungan. Tapi tetap tenang karena ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap menguntungkan dan menciptakan pasar Anda sendiri, meskipun ada banyak penjual es teh di luar sana.

BACA JUGA :   Tips Mudah Membuat Logo Terbagus Khusus Merek Bisnis

Opsi pertama adalah mempelajari pesaing. Apa artinya? Anda bisa mengamati pola penjualan dan produk apa saja yang dijual oleh kompetitor. Anda dapat menggunakan celah yang ada.

Misalnya, jika sebagian besar penjual es teh umumnya tidak menawarkan diskon, Anda dapat mulai mengembangkan program promosi untuk menarik pelanggan.

Cara ini sangat efektif dalam menarik pelanggan. Bahkan, cara ini digunakan oleh para startup di bidang F&B untuk menciptakan pasar yang kemudian berdampak positif pada produk mereka. Anda bisa menirunya dengan memberikan promosi yang menarik. Misalnya, promosi “Beli 1 dan dapatkan 1 gratis”.

Meski begitu, Anda harus menghitung biaya masuk dan keluarnya. Jangan sampai promosi menyebabkan kerugian finansial. Tidak masalah menghasilkan keuntungan kecil selama bisnis Anda terus berjalan dan berkembang.

4. Pikirkan tentang variasi teh

Cara lain untuk menarik pelanggan adalah dengan membuat berbagai jenis teh secara umum. Saat ini para pelaku bisnis es teh perlu berpikir kreatif.

Tidak hanya dengan menjual es teh pada seperti biasanya, kedai teh pun juga banyak yang berinovasi dengan cara memadukan teh dengan bahan lain. Produk teh yang sedang booming adalah teh boba.

Anda dapat bergabung dengan tren ini dan bergabung. Dengan berpartisipasi dalam sebuah tren, produk Anda juga akan terintegrasi ke dalam arena saat ini.

Namun, ada inovasi lain yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis es teh Anda.

Anda tidak perlu jauh-jauh membandingkan bisnis Anda dengan bisnis yang sudah memiliki nama mewah. Anda bisa mulai dengan mencari penjual teh di daerah Anda.

Ingatlah untuk menjual es teh yang tidak dijual oleh vendor lokal. Ini membuka peluang Anda untuk menang. Semakin unik varian Anda, semakin besar kemungkinan produk es teh Anda diterima oleh masyarakat.

Meski demikian, Anda harus memperhatikan kualitas dan rasanya. Jangan menjual produk yang Anda sendiri tidak ingin minum.

5. Menjual dan mempromosikan secara online

Menjalankan industri berarti Anda perlu mempromosikan produk Anda untuk menjualnya di pasar. Selain pemasaran produk secara langsung, Anda bisa menggunakan media online yang saat ini banyak digunakan oleh para pelaku ekonomi.

BACA JUGA :   Cara Mudah Investasi Agar Aman dan Paling Menguntungkan

Menggunakan sistem online akan memudahkan Anda untuk menarik lebih banyak calon pelanggan daripada memasang promosi pribadi atau hanya memasang spanduk di toko Anda.

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda di internet. Anda bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Sebelum mereka tertarik untuk mencoba produk es teh Anda, beri tahu masyarakat terlebih dahulu produk Anda. Jika memungkinkan, bekerjalah dengan perusahaan rintisan yang menawarkan layanan pengiriman. Saat ini ada dua perusahaan rintisan besar di Indonesia yang sudah menawarkan layanan ini.

Taksiran keuntungan Dari bisnis Es teh

Bisnis es teh merupakan jenis bisnis yang sudah banyak dijalankan oleh masyarakat. Bukan tanpa alasan es teh menjadi produk minuman yang paling digemari oleh masyarakat umum.

Oleh karena itu, ada potensi keuntungan yang luar biasa ketika Anda menjalankan bisnis yang satu ini. Tentunya keuntungan tersebut berbanding lurus dengan kemauan dan tekad Anda untuk memimpinnya.

Dengan kisaran harga jual Rp 5 ribu untuk segelas es teh, Anda bisa mendapatkan ratusan ribu dalam sehari jika Anda bisa menjual setidaknya 20 gelas es teh. Lalu, jika dihitung dalam satu periode bulanan, bukan tidak mungkin penjualan yang Anda hasilkan mencapai puluhan juta rupiah. Berikut perhitungannya.

Harga segelas es teh: Rp 5 ribu

Estimasi penghasilan harian: 100 gelas x Rp 5 ribu

Perkiraan Penghasilan Mingguan: (100 gelas x 5.000 Rupiah) x 7 (hari)

Perkiraan Penghasilan Bulanan: (100 gelas x Rp 5.000) x 7 (hari) x 4 (minggu)

Total Pendapatan Per Bulan: Rp 14 Juta

Modal awal: Rp 13,4 juta

Profit di bulan pertama : Rp 700 ribu

Total penjualan di atas merupakan estimasi penjualan selama satu bulan dengan estimasi penjualan es teh 100 gelas per hari.

Anda dapat membuat perkiraan sendiri berdasarkan harga per gelas es teh, hari penjualan, dan jumlah gelas yang terjual.

Kemudian kurangi modal awal dan biaya operasional bulanan. Intinya menunjukkan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Jadi kapan Anda akan memulai bisnis es teh dengan peluang menang yang besar?

Leave a Comment