Software ERP dan CRM: Pengertian, Perbedaan, dan Manfaatnya

TWIBBONK.com – Software ERP dan CRM: Pengertian, Perbedaan, dan Manfaatnya. Dua sistem bisnis, Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM), keduanya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan merampingkan proses bisnis perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan secara keseluruhan.

Meskipun fungsi kedua sistem ini tumpang tindih dalam beberapa kasus, fungsi intinya sangat berbeda. Jadi keduanya perlu dilihat sebagai sistem yang terpisah dan independen.

Apa perbedaan utama antara Software ERP dan CRM? Di bawah ini kami ulas pengertian, perbedaan, dan manfaat masing-masing.

Apa Itu Software CRM?

Software CRM digunakan untuk merekam dan menyimpan semua informasi yang terkait dengan interaksi pelanggan perusahaan.

CRM, seperti Microsoft Dynamics CRM, menyediakan sistem standar untuk mengumpulkan dan berbagi data pelanggan dan membuat katalog interaksi pelanggan.

Data standar dibagikan di seluruh perusahaan untuk menghasilkan wawasan berharga tentang hubungan pelanggan yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

CRM secara umum memperkuat dan menyederhanakan hubungan antara pelanggan dan perusahaan.

Software CRM ini dapat digunakan sebagai Software mandiri atau sebagai bagian dari solusi ERP. Fungsi dari CRM di bawah ini.

  • Mengotomatiskan proses pemasaran bisnis seperti ledakan email atau kampanye iklan online
  • Identifikasi peluang bisnis baru yang potensial dan prospek penjualan
  • Mengamati pelanggan dan perilaku pembelian mereka
  • Sederhanakan proses penjualan dan kurangi jumlah pekerjaan yang berulang
BACA JUGA :   Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Gearing Ratio Beserta Pengertiannya

Manfaat Software CRM

Manfaat utama software CRM adalah menyimpan informasi tentang pola perilaku pelanggan dan interaksi perusahaan.

Informasi atau data dikumpulkan, dibagikan, dan digunakan di seluruh perusahaan. Dapat mengetahui aktifvitas pelanggan dan sangat berguna bai perusahaan.

Sejumlah besar data terperinci tentang pelanggan dan perilaku pelanggan dapat diproses untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dalam meluncurkan upaya pemasaran yang berhasil untuk satu atau lebih segmen lainnya.

Jadi, pada akhirnya, kami memaksimalkan penjualan perusahaan kami, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan melakukan kegiatan pemasaran kami dengan cara yang paling ekonomis dan efisien.

Apa Itu Software ERP?

Sedangkan CRM berfokus pada memimpin dan interaksi pelanggan, ERP berfokus pada semua aspek bisnis, seperti mengurangi biaya, meningkatkan visibilitas dan merampingkan proses.

Jadi, ERP lebih “mengawasi” apa yang dilakukan tim Anda dan seberapa efisien kinerjanya.

Software ERP mencakup fungsi untuk berbagai proses bisnis seperti keuangan, SDM, manajemen inventaris, dan distribusi.

Tujuannya adalah dengan mengumpulkan informasi dan memaksimalkan fungsi ERP.

Perusahaan besar biasanya menggunakan solusi perencanaan sumber daya perusahaan, tetapi beberapa bisnis kecil juga memilihnya.

Software ERP dikenal karena menyertakan alat yang terkait dengan informasi kantor depan dan belakang, bersama dengan komunikasi internal dan pertukaran data yang lebih baik. Otomatisasi juga merupakan fitur utama karena konektivitas antara beberapa alur kerja.

Menggunakan ERP dengan benar dapat membantu tim Anda:

  • Lacak informasi login dan proses bisnis secara real time di dalam dan di seluruh departemen
    Menetapkan strategi departemen dan seluruh perusahaan berdasarkan pengetahuan di seluruh perusahaan.
BACA JUGA :   Cara Mudah Riset Produk untuk Jualan Online, Yang Harus Kamu Coba!

Keuntungan dari Software ERP

ERP sangat di butuhkan bagi perusahaan dengan fitur dan fungsi yang sangat canggih. Hal ini terutama berlaku untuk perusahaan besar dan kompleks atau bisnis kecil yang sedang berkembang.

Sistem ERP memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan dan mengelola data perusahaan dan menyediakan akses ke fungsi terkait utama di seluruh perusahaan.

Sistem ERP yang terintegrasi penuh dapat memberikan informasi terkini dan real-time ke semua bagian perusahaan yang terkena dampak.

Bagi sebagian besar eksekutif bisnis, informasi ini sangat penting, dan sistem ERP sangat diperlukan untuk pengambilan keputusan.

Artikel Seputar Tentang Teknologi Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment