Ketahui Apa itu Blockchain? Cara Kerja dan Manfaatnya

TWIBBONK.com – Ketahui Apa itu Blockchain? Cara Kerja dan Manfaatnya. Blockchain adalah cara untuk menyimpan data yang saling berhubungan secara digital antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Perkembangan teknik ini populer karena penggunaannya yang luas. Sebenarnya masih banyak bidang lain yang menggunakan teknologi ini, namun penggunaan blockchain sendiri tidak terlepas dari cryptocurrency.

Salah satu alasan mengapa begitu banyak pengguna teknologi ini adalah karena banyak orang berpikir sistemnya lebih transparan.

Blockchain ini terdiri dari dua istilah: blok, yang menurut namanya sendiri berarti kelompok, dan rantai, yang merupakan rantai.

Melihat kedua istilah tersebut, konsep blockchain mengacu pada kelompok yang terhubung satu sama lain seperti rantai. Blockchain ini berfungsi untuk menyimpan semua data digital.

Cara Kerja Blockchain

Perangkat yang terhubung dengan perangkat yang lain untuk melihat dan memantau data. Penggunaan yang paling sering dan terkenal dari teknologi ini adalah enkripsi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah asal mula aliran teknologi blockchain ini dan cara kerjanya.

Pertama, toko menerima pembayaran melalui Bitcoin. Lalu ada pelanggan yang ingin membeli dan membayar menggunakan Bitcoin.

Pemilik toko memberi saya alamat dompet itu. Kemudian pembeli membayar ke alamat tersebut. Sebuah transaksi telah dilakukan.

BACA JUGA :   Apa Yang Di Maksud Dengan DeFI (Decentralized Finance) Pada Crypto Currency

Transaksi ini akan dikirimkan dalam bentuk permintaan yang nantinya akan dikirimkan ke penambang Bitcoin. Penambang bitcoin sendiri adalah seseorang atau sekelompok orang dengan perangkat khusus yang melakukan perhitungan matematis untuk setiap transaksi bitcoin.

Mereka adalah bagian asli dari blok dan membentuk rantai. Penambang menghitung nilai bitcoin yang baru dikirim sesuai dengan kombinasi dan konversi yang ada.

Setelah mendapatkan nilai, blok baru dibuat. Blok ini nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data transaksi antara pembeli dan pemilik toko. Setelah itu, transaksi dikonfirmasi. Dan jumlah bitcoin di dompet pemilik toko akan meningkat.

Keuntungan Blockchain

Sebagai sebuah inovasi, teknologi ini memiliki beberapa keunggulan. Memiliki sistem di mana setiap blok dapat memverifikasi satu sama lain membuat kesalahan lebih kecil kemungkinannya. Kelebihan dari blockchain di bawah ini.

1. Sistem Lebih Transparan

Salah satu keunggulan teknologi ini yang membuat banyak peminat adalah sistemnya yang lebih transparan. Ini terutama terjadi dengan cryptocurrency.

Semua transaksi yang menggunakan teknologi blockchain dapat dilihat oleh masyarakat umum, dan siapa saja yang dapat belajar lebih bebas karena mereka tidak memerlukan akses untuk login.

Karena sistem yang serupa, koin apa pun yang dimiliki seseorang tidak dapat digunakan untuk tujuan apa pun tanpa sepengetahuan pemiliknya.

2. Sistem perlindungan yang Lebih Baik

Di banyak sistem yang ada, blockchain dianggap sebagai arsitektur sistem yang lebih aman. Itu juga menggunakan blockchain untuk melindungi data yang disimpan, serta lebih aman.

BACA JUGA :   Ayo Pahami Money Management Dalam Trading Forex

Dalam aplikasinya, teknologi blockchain ini menggunakan sistem pembuktian untuk penambang atau miner sebelum data atau transaksi diteruskan ke proses selanjutnya.

3. Sistem Audit Lebih Baik

Melihat dua keuntungan pertama akan membentuk sistem audit yang jauh lebih baik. Ini juga merupakan keuntungan dari teknologi blockchain. Audit juga lebih mudah jika setiap orang dapat melacak dan melihat semua data transaksi.

Juga, ada lebih sedikit kemungkinan kehilangan data. Ini karena database hanya dapat menambahkan data. Basis data tidak dapat dihapus dan tidak ada kemampuan untuk mengedit atau mengubah data.

Artikel Seputar Tentang Trading Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment