Pengertian Ekonomi Digital Beserta Manfaat Yang Harus Kamu Ketahui

TWIBBONK.com – Pengertian Ekonomi Digital Beserta Manfaat Yang Harus Kamu Ketahui. Kini, perkembangan teknologi dunia semakin tak terelakkan.

Revolusi Industri 4.0 (termasuk hingga 5.0) telah memaksa banyak negara di dunia untuk terus berinovasi. Teknologi tidak lagi terbatas pada satu sisi, tetapi masuk ke semua area yang sulit disentuh. Salah satunya adalah bidang ekonomi.

Panggilan tidak selalu mudah, dan ekonomi tidak terkecuali. Banyak hal yang perlu dikembangkan atau ditingkatkan untuk membuka potensi ekonomi. Ketika ekonomi menjadi digital, setiap aktivitas dalam kehidupan kita sehari-hari menjadi lebih praktis.

Mendagri melaporkan di situs Kementerian Keuangan RI bahwa untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital diperlukan peningkatan infrastruktur telekomunikasi dan perlindungan konsumen digital.

Apa Itu Ekonomi Digital?

Ekonomi digital adalah setiap kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dengan bantuan internet. Hal ini dapat membuat perbedaan dalam kegiatan ekonomi di masyarakat kita dan di dunia bisnis.

Transisi dari yang semula manual menjadi sepenuhnya otomatis dan terintegrasi satu sama lain. Ini membuat semua aktivitas menjadi cepat dan mudah.

Bisa dibilang kenyamanan dunia bisnis. Siapa pun yang dulunya membutuhkan toko untuk berbisnis kini dapat memulai bisnis melalui marketplace secara gratis.

Juga, proses pembayaran untuk Belanja telah berubah. Dompet elektronik yang dulunya bisa dibayar tunai, kini menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan. Karena pelanggan dapat melakukan pembayaran online kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.

BACA JUGA :   Cara Sebelum Terjun Ke Dunia Bisnis Untuk Pemula 2021

Tantangan Ekonomi Digital

Seperti disebutkan sebelumnya, perkembangan ekonomi digital menghadirkan sejumlah tantangan. Berinvestasi dalam ekonomi di Indonesia sendiri memiliki beberapa tantangan. Salah satunya adalah keamanan siber.

Tantangan lainnya adalah persaingan yang semakin ketat karena berkembangnya e-commerce yang menjadi pintu masuk produk luar negeri. Oleh karena itu, jika produk lokal tidak dikembangkan, akan digantikan oleh produk dari negara lain.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan ketersediaan Internet yang berkualitas.

Hal ini dikarenakan akses internet saat ini hanya terkonsentrasi di kota-kota besar dan pulau-pulau seperti Jawa, Sumatera, Bali dan Nusa Tenggara.

Selain itu, semua tantangan yang ada sebagian besar dapat diselesaikan dengan regulasi yang dibuat sesuai dengan perkembangan zaman.

Keuntungan Ekonomi Digital

Salah satu manfaat terciptanya ekonomi digital adalah membuka peluang di dunia usaha, di bidang kesehatan, di bidang transportasi, maupun di bidang perbankan.

Dengan adanya ekonomi di bidang kesehatan itu sendiri, masyarakat Indonesia mulai beralih menggunakan layanan kesehatan online.

Hal ini dapat mengurangi waktu tunggu di rumah sakit, dimana mengantri untuk membayar obat seringkali menyita banyak waktu pasien. Sekarang dengan perawatan kesehatan online, Anda dapat mengurangi semua waktu pasien harus menunggu.

Manfaat ekonomi digital juga dirasakan di bidang transportasi. Membuat bisnis pengiriman online lebih mudah. Layanan pembayaran cashless kini menjadi kemudahan yang bisa Anda rasakan di rumah sendiri.

BACA JUGA :   Tips Memulai Bisnis Franchise Makanan Keuntungan Besar

Untuk alasan ini, layanan perbankan digital adalah manfaat paling menguntungkan dari ekonomi teknologi. Salah satunya tentu saja pasar yang menawarkan layanan online dan perkembangan usaha kecil membutuhkan digital banking.

Inilah inti, tantangan, dan manfaat ekonomi teknologi. Kemudahan ekonomi  secara otomatis membuka berbagai peluang bisnis di berbagai sektor.

Transisi semua-manual ke semua-digital asli. Hal ini membuat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari menjadi lebih cepat dan praktis.

Artikel Seputar Tentang Trading Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment