Cara Mudah Membuat Trading Plan Saham Terbaik

TWIBBONK.com – Cara Mudah Membuat Trading Plan Saham Terbaik. Berinvestasi tanpa rencana seperti berjalan tanpa arah. Saya tersesat karena tidak tahu harus kemana.

Sama seperti kehidupan, berinvestasi dalam saham membutuhkan perencanaan yang matang untuk mencapai tujuan Anda. Seperti perdangan saham yang harus jelas tujuan akhirnya untuk mendapatkan keuntungan.

Inilah pentingnya memiliki trading plan saham. trading plan saham memberikan panduan tentang apa yang harus dilakukan, termasuk strategi untuk membeli dan menjual saham. Agar mendapatkan keuntungan yang banyak dan jauh dari resiko.

Cara Mudah Membuat Trading Plan Saham Terbaik

Perencanaan perdagangan saham merupakan kegiatan perencanaan sebelum perdagangan saham. Saat membuat Trading Plan Saham, Anda dapat mengatur atau mencantumkan komponen penting dari jual beli saham sebagai ‘kompas’.

Sayangnya, meskipun sangat penting, banyak investor tidak memiliki rencana perdagangn saham. Perdagangan saham hanyalah lingkaran keuangan.

Fear of Missing Out (FOMO) sudah menjadi fenomena di kalangan anak muda. Termasuk investasi atau perdagangan saham. Takut kalah atau tertinggal, maka pilihlah jalan bergabung.

BACA JUGA :   Cara Mudah Trading Binance, Khusus Pemula Wajib Tahu!

Karena mereka bingung dan tidak tahu harus berbuat apa atau bagaimana berdagang saham. Akibatnya, biasanya terlihat seperti ini:

Gaya tindak lanjut ini berisiko. Ada banyak diskusi tentang manfaat A-shares di media sosial, sehingga mudah untuk membeli saham.

Bahkan manajer, netizen, artis yang mengulas, dan influencer bukanlah analis saham. Mereka belum tentu memahami analisis fundamental yang mendasari investasi saham.

Dengan terlibat dalam perdagangan saham, Anda bisa terjun ke jurang terdalam. Bukan untung, tapi stagnan alias merugi. Ini terjadi pada investor yang tidak memiliki trading plan saham.

Cara Membuat Trading Plan Saham

Kebanyakan orang malas merencanakan trading saham karena dianggap sulit, kompleks, dan menguras otak. Ingin sesuatu yang bebas repot? Berikut cara membuat trading plan saham yang mudah yang harus menyertakan komponen penting.

1. Saham Yang Ingin Anda Beli

Cara pertama untuk mengembangkan trading plan saham adalah dengan memutuskan saham mana yang ingin Anda beli. Pantau pergerakan harga saham dan lihat laporan keuangan dan analitik lainnya.

Jika Anda ingin berada di sisi yang aman, carilah saham lini pertama atau blue-chip atau saham unggulan yang menghasilkan, memiliki fundamental yang kuat, dan tidak mudah terpental pada indeks LQ45.

2. Pasang Harga Beli Saham

Langkah selanjutnya dalam membuat trading plan saham adalah menentukan tingkat pembelian Anda. Berapa banyak Anda akan membeli saham itu?

BACA JUGA :   Berikut Ini Keuntungan Reksadana dari Jenis - Jenisnya

Ini disebut membeli tanpa menggunakan emosi. Emosi tidak bekerja di pasar saham, jadi Anda harus memiliki rencana yang matang dan jelas.

Ada patokan untuk harga pembelian suatu saham. Jika harga saham tidak sesuai dengan skenario atau rencana, jangan beli.

3. Posting Harga Jual Saham yang Bersangkutan

Penentuan harga jual saham juga harus dimasukkan dalam trading saham. Jika Anda ingin menjual saham dengan harga tertentu, Anda harus memiliki target.

Jika Anda tidak mengatur tingkat penjualan, Anda akan bingung. Saya tidak tahu harus berbuat apa, lagi pula, ini semua tentang perasaan.

Misalnya, Anda membeli saham ABCD dengan harga yang direncanakan (Rp 2.850 per saham). Kemudian, jika Anda menetapkan harga jual saham pada level Rp3.050, maka analisis akan berbalik dari tren turun menjadi tren naik.

4. Perhitungan Manfaat dan Risiko

Setelah menetapkan harga beli dan jual saham, Anda dapat menghitung potensi keuntungan. Misalnya, jika target harga beli Anda adalah Rp1.000 dan target penjualan Anda adalah Rp1.500, maka potensi keuntungan Anda adalah 50%.

Strategi ini juga dapat menghitung seberapa besar risiko harga saham akan gagal dan akhirnya turun. Melakukannya memungkinkan Anda mengambil risiko ini.

5. Untung Rugi

Dalam perdagangan saham, segala sesuatunya tidak selalu berjalan sesuai rencana. Ada kemungkinan bahwa trading plan saham Anda salah. Harga saham yang dibeli tidak bergerak seperti yang diharapkan dan terus turun dengan bebas.

BACA JUGA :   Tips & Cara Memulai Trading Saham 2021

Ketika kondisi ini terjadi, fase cut-loss dapat dilakukan. Cut loss adalah menjual saham dengan harga lebih rendah dari harga beli.

Cut loss merupakan contingency strategy alias strategi kontingensi yang dapat diambil untuk mencegah kerugian yang lebih besar dari jatuhnya harga saham.

Buat Trading Plan Saham dan Bertindak!

Baik trader maupun investor harus merencanakan perdagangan saham mereka sejak awal untuk menentukan strategi yang tepat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan meminimalkan resiko.

Dalam dunia investasi, bagaimana Anda berencana untuk berdagang tidak hanya berlaku untuk saham, itu juga berlaku untuk bagaimana Anda berencana untuk berdagang untuk Forex, Kripto, dan investasi lainnya. Jadi, mari rencanakan perdagangan Anda terlebih dahulu dan ambil tindakan!

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment