Tips Mudah Investasi Saham dan Reksadana Online Dengan Aman

TWIBBONK.com – Tips Mudah Investasi Saham dan Reksadana Online Dengan Aman. Berkat kemajuan teknologi, investasi saham juga merambah dunia digital online. Berinvestasi itu mudah dan Anda bisa melakukannya kapan saja, di mana saja.

Salah satunya adalah berinvestasi di pasar modal seperti saham dan reksa dana. Bertindak sebagai perantara atau jembatan antara Bursa Efek Indonesia (BEI) dan investor, perusahaan sekuritas menawarkan platform investasi saham online.

Sama seperti investasi saham offline, Anda perlu berhati-hati dengan investasi saham online. Karena semakin canggih teknologinya, semakin canggih pula kejahatan yang mengintai.

Ada banyak mod yang digunakan penjahat atau hacker untuk memanfaatkan pengguna. Nah, itulah beberapa tips aman berinvestasi saham dan reksa dana secara online.

1. Pilih Investasi Saham sekuritas yang terdaftar di OJK

Saat ini, banyak platform investasi saham online dapat dengan mudah ditemukan di perusahaan sekuritas. Anda harus memilih efek yang menjadi anggota BEI dan telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selanjutnya, lihat performanya agar Anda bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman. Dengan begitu Anda tidak terjebak dalam berinvestasi di perusahaan palsu.

BACA JUGA :   10 Contoh Usaha Kecil-Kecilan Dengan keuntungan Maksimal 2021

Apakah Anda tidak ingin modal Anda hilang karena Anda mempercayakan uang Anda pada surat berharga palsu?

2. Memahami Bagian Dalam dan Luar Ekuitas dan Reksa Dana

Sebelum berinvestasi, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu sarana investasi saham yang Anda pilih, baik itu saham maupun reksa dana. Keduanya berbeda.

Saham adalah surat berharga perusahaan. Investasi saham berarti membeli saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

3. Cari Sistem Keamanan Investasi Saham Canggih 

Agar investasi online Anda aman, platform yang ditawarkan harus memiliki sistem keamanan yang canggih dan berlapis.

Jadi, jangan gunakan password sebagai alat proteksi. Namun, ada juga kode OTP hingga kode PIN sebagai langkah otentikasi.

Dengan begitu, data dan transaksi pribadi Anda di platform investasi online terpelihara dan terlindungi dari serangan peretas.

4. Penggunaan Jaringan Internet Pribadi

Pastikan untuk menggunakan jaringan internet pribadi untuk melakukan aktivitas investasi online atau berdagang di luar rumah Anda. Bawa modem internet sendiri atau hubungkan dari ponsel?

Hanya untuk memastikan, jangan gunakan Wi-Fi publik. Karena jaringan internet dapat diakses oleh semua orang, tidak hanya Anda. Peluang peretasan atau pencurian data jauh lebih besar.

Jadi meskipun lebih baik aman dengan biaya internet Anda sendiri daripada memilih Wi-Fi gratis, itu mengancam keamanan data pribadi Anda.

5. Cek keamanan perangkat dari virus

Pastikan perangkat yang Anda gunakan serta internet aman. Misalnya, ponsel atau laptop aman atau ‘virus’ bebas dari malware.

BACA JUGA :   Pengertian dan Fungsi Dari Kustodian

‘Virus’ di ponsel atau laptop Anda dapat membahayakan keamanan data Anda. Jadi instal perangkat lunak antivirus untuk memblokir ‘virus’ jahat dan matikan. Pastikan perangkat Anda selalu ‘bersih’ dan terlindungi.

Anda memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi sensitif atau data pribadi. Jangan pernah memberitahukan nomor rekening, tanggal lahir, alamat, kode OTP, PIN, password, dll kepada orang lain.

Waspadalah terhadap penipuan dalam semua mode: mengirim tautan atau membuka tautan, sejumlah transfer uang, dan email palsu.

Jika ada perbedaan yang ditemukan, segera hubungi pusat panggilan sekuritas yang sesuai untuk melaporkan atau memverifikasi fakta.

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment