Apa itu Akuntansi Manajemen: Manfaat dan Fungsinya Bagi Perusahaan

TWIBBONK.com – Apa itu Akuntansi Manajemen: Manfaat dan Fungsinya Bagi Perusahaan. Akuntansi manajemen merupakan hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan.

Semua rencana dan keputusan manajemen didasarkan pada data akuntansi manajemen. Sebagai seorang pembisnis anda harus lebih memahaminya.

Pengertian Akuntansi Manajemen

2. Mulyadi (2001)

Informasi keuangan diperoleh terutama dari berbagai jenis akuntansi manajemen yang digunakan oleh pengguna internal suatu perusahaan.

3. Halim dan Supomo (2000)

Suatu kegiatan atau proses yang menghasilkan informasi dalam bentuk keuangan untuk manajemen yang berguna untuk membuat keputusan ekonomi ketika menjalankan fungsi Akuntansi manajemen.

Pihak Yang Membutuhkan Akuntansi Management

1. Manajer Keuangan

Dapatkan informasi perusahaan terkait modal kerja, beban biaya, laba atas investasi, laba atas modal, dan banyak jenis keuangan lainnya.

BACA JUGA :   Cara Mudah Menjadi Content Writer Profesional

2. Manajer Produksi

Diperlukan data informasi mengenai rincian biaya produksi seperti total biaya produksi, biaya per unit produk, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya tidak langsung lainnya yang berperan langsung dalam proses produksi.

3. Manajer Pemasaran

Anda memerlukan informasi tentang semua komponen biaya yang terlibat dalam menentukan harga jual produk, menentukan sistem penjualan kredit atau tunai, biaya komisi penjualan, komisi pemasaran, dan informasi nilai diskon untuk produk tertentu.

4. Manajemen Top Level

Mereka juga membutuhkan informasi perusahaan sebagai bahan penelitian untuk menentukan kebijakan strategis mereka selanjutnya.

Fungsi Akuntansi Management

1. Alat Analisis Keputusan

Digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan terkait strategi perusahaan berdasarkan data kualitatif dan kuantitatif.

2. Sumber Data dan Informasi Keuangan yang Relevan

Ini digunakan sebagai sumber data untuk merencanakan anggaran dan kegiatan untuk periode mendatang dan yang menjadi dasar biaya operasional perusahaan.

3. Sumber Informasi Pertanggungjawaban Tingkat Manajemen

Semua departemen dalam perusahaan memiliki tanggung jawab yang sama sesuai dengan tugasnya. Proses akuntansi diperlukan sebagai sumber informasi untuk mendukung pekerjaan masing-masing unit bisnis dan menciptakan sinergi dengan unit bisnis lainnya.

4. Mengukur dan Monitoring Kinerja Perusahaan

Manajemen mengambil kendali atas kegiatan perusahaan. Pemantauan dan pengendalian ini kemudian dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk memastikan proses bisnis berjalan dengan optimal.

Penerapan Akuntansi Manajemen

Misalnya, jika Anda memiliki manajer produksi yang membutuhkan informasi tentang anggaran produksi Anda untuk melihat produk mana yang laris dan perlu dibuat ulang, berapa yang harus Anda hasilkan?

BACA JUGA :   Penjelasan Tentang Portofolio dan Perbedaan nya Dengan CV

Lantas, bagaimana dengan pengawasan karyawan dalam kegiatan produksi? Oleh karena itu, akuntansi manajemen diperlukan untuk mengetahui total biaya produksi, beban tenaga kerja, dll.

Manfaat Akuntansi Manegement

1. Memudahkan Perencanaan Perusahaan

Rencana ini didasarkan pada manfaat laporan keuangan dan sumber lain untuk menghasilkan rencana bisnis yang efektif dan efisien serta untuk menentukan tujuan kinerja perusahaan.

2. Memudahkan Pemantauan Kinerja Perusahaan

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan perusahaan, manajemen memantau dan menyelesaikan masalah tersebut sesuai dengan informasi yang tersedia untuk memastikan bahwa perusahaan beroperasi dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan.

3. Sebagai Acuan Kegiatan Perusahaan

Berikan referensi tentang jenis bisnis apa yang ingin Anda bentuk dan kegiatan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

4. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Perusahaan dapat lebih mudah mengidentifikasi kebijakan mana yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

5. Menyediakan Informasi yang Akurat

Informasi yang terkandung tidak terbatas pada data historis perusahaan dan berorientasi pada masa depan perusahaan sehubungan dengan fungsinya dalam rencana bisnisnya.

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

BACA JUGA :   Cara Membaca Arah Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Leave a Comment