Cara Mudah Menentukan Harga Jual Agar Lebih Meningkat

TWIBBONK.com – Cara Mudah Menentukan Harga Jual Agar Lebih Meningkat. Bagaimana Anda menentukan harga jual bisnis Anda sangat penting.

Juga, strategi penetapan harga produk online memerlukan beberapa perhitungan yang berbeda dari yang offline.

Ini karena penentuan harga jual mempengaruhi hampir semua aspek bisnis Anda. Misalnya, setoran dan penarikan tunai, laba, operasi, dll.

Nah, jika Anda memiliki toko online atau baru mengenal dunia toko online maka Anda berada di artikel yang tepat.

Di sini Anda akan belajar bagaimana menentukan harga penjualan online Anda dengan beberapa strategi efektif untuk memaksimalkan uang Anda. Mari kita lihat.

Hal Penting untuk Menentukan Harga Jual Produk

Sebelum kita menyelami cara menentukan harga jual, ada tiga hal yang perlu diperhatikan.

  • Biaya tetap.

Ketiganya digunakan dalam strategi untuk menentukan harga jual suatu produk. Jadi pertama-tama mari kita definisikan ketiganya.

Biaya Tetap

Ada biaya lain yang perlu diingat ketika menentukan strategi harga jual Anda. Itu biaya tetap. Biaya tersebut termasuk biaya yang harus Anda keluarkan.

Terlepas dari volume produksi, biaya ini biasanya tetap nilainya. Misalnya biaya sewa tempat, pajak, dll.

BACA JUGA :   Ayo Ketahui! Kelebihan dan Kekurangan UMKM Sebelum Mulai Berbisnis

Biaya tetap ini memaksa setiap bisnis untuk menjual produk atau jasa sebanyak mungkin. Tentu saja, tujuannya adalah untuk menutupi biaya tetap.

Namun, biaya tetap ini seringkali lebih besar daripada biaya variabel. Misalnya alokasi persewaan tempat yang bisa mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah.

Cara Mudah Menentukan Harga Jual

1. Cara Menentukan Harga Jual : Margin Pricing

Harga margin adalah formula yang menentukan seberapa besar rasio keuntungan untuk setiap produk.

Dengan menghitung harga margin, Anda dapat mengukur:

  • Apakah keuntungan yang Anda ambil terlalu besar atau tidak terlalu besar?
  • Apakah harga jual yang Anda tetapkan terlalu tinggi atau tidak?
  • Perbandingan dengan pesaing.

2. Markup Pricing

Cara Mudah Menentukan Harga Jual Harga markup adalah formula yang menentukan harga jual dengan menambahkan persentase keuntungan yang diinginkan.

Teknik sederhana ini paling sering digunakan oleh para pebisnis saat menentukan harga jual suatu produk. Misalnya produsen barang atau jasa itu sendiri, reseller, dropshippers, jastips, dll.

3. Keystone Pricing

Penetapan harga keystone hampir identik dengan penetapan harga Markup. Bedanya Keystone Pricing adalah cara penetapan harga jual pada profit 100%. alias dua kali lipat harga modal!

Teknologi ini dianggap usang karena pada zaman dahulu belum ada komputer atau kalkulator canggih yang mampu melakukan perhitungan skala besar.

4. MRSP

MRSP atau harga eceran manufaktur adalah harga yang direkomendasikan oleh produsen.

BACA JUGA :   Ayo Pahami! Apa Itu Dividen di Pasar Modal dan Perhitungannya

Caranya adalah dengan mematok harga tertentu pada produk agar penjual bekas bisa mematok harga yang tidak terlalu jauh.

Tujuannya adalah untuk menstabilkan harga pasar, mencegah pengecer menetapkan harga terlalu tinggi, dan memastikan pembeli mendapatkan harga yang adil juga.

Metode penentuan harga jual ini biasanya digunakan oleh pengecer dengan produksi skala besar. Misalnya, merek mobil, obat-obatan, kosmetik, dll.

Untuk penjual atau pengecer bekas, MRSP ini dapat digabungkan dengan metode penetapan harga margin atau markup dan harga modal.

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment