Kenali Apa itu Suplier dan Cara Mudah Mencapai Kesuksesannya

TWIBBONK.com – Kenali Apa itu suplier dan Cara Mudah Mencapai Kesuksesannya. Pernahkah Anda membayangkan apa yang terjadi sebelum suatu produk masuk ke tangan kita dan siap untuk dikonsumsi? Misalnya produk furniture yaitu meja kerja.

Ada serangkaian proses panjang yang harus dilalui produsen untuk menghasilkan meja dan mencapai rumah kita sebelum mencapai kita dan siap digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

Dimulai dengan mencari bahan baku kayu yang tepat, kayu mentah tersebut diolah menjadi papan kayu dengan bentuk dan ukuran yang tepat, kemudian dirangkai menjadi sebuah meja.

Kami tidak akan berhenti di sini, kami akan melanjutkan proses dari pengemasan, pemasaran, penjualan, hingga pengiriman ke pelanggan. Di akhir proses, tabel siap digunakan. Proses ini berlaku untuk hampir semua produk, termasuk barang dan jasa.

Terlalu banyak pihak yang terlibat dalam rangkaian panjang operasi perusahaan ini. Dimulai dari orang yang memasok bahan mentah, orang yang mengolah bahan mentah menjadi produk baru, dan kemudian orang yang melakukan pemasaran dan distribusi.

Masing-masing pihak memegang peranan penting dan tidak dapat digantikan oleh pihak lain manapun. Dipastikan hilangnya salah satu pihak tanpa adanya pengganti baru secepatnya akan mengganggu keseimbangan dan kelancaran rantai proses bisnis ini.

Dalam pembahasan artikel ini, kita akan mengupas salah satu pihak yang berperan penting dalam keberhasilan proses tersebut. Pihak itu adalah suplier.

Pengertian Suplier

Suplier menempati rantai produksi paling awal yang menyediakan bahan baku ke perusahaan/produsen. Misalnya seperti di atas, pemasok adalah orang yang mensuplai kayu bulat, barang setengah jadi berupa kayu bulat atau papan.

Ada Beberapa Jenisnya, Apa Sajakah Itu?

Sedikit sudah saya singgung tentang jenis-jenis provider sebelumnya yaitu dua jenis. Perbedaannya adalah apakah suplier mengolah bahan baku terlebih dahulu.

Suplier yang memasok bahan baku langsung ke perusahaan/produsen disebut pemasok non rakitan. Sementara itu, pemasok manufaktur memproses bahan baku di tempat sebelum mengirimnya ke pabrik.

Tips Sukses Sebagai Suplier

Kami percaya bahwa kesuksesan tidak instan. Ini sama dengan menjadi suplier yang sukses di bidang pilihan Anda, dan prosesnya tidak instan.

Dibutuhkan banyak kerja keras, pengorbanan, tanggung jawab yang besar, keberanian dan kejujuran untuk terus berkembang dan bertahan sebagai suplier besar yang dipercaya oleh banyak perusahaan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memulai langkah-langkah menjadi pemasok yang sukses.

  • Stocking bahan baku dari produksi/aset sendiri

Produk yang dipasok oleh Suplier kami adalah bahan baku berkualitas tinggi. Produk ini adalah kontributor terbesar untuk transisi suplier yang sukses. Untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas, Anda harus memiliki sumber yang solid.

  • Memberikan harga yang wajar sesuai dengan kualitas bahan baku yang dipasok
BACA JUGA :   Cara Untuk Menghindari Bisnis Bangkrut

Tentunya kualitas yang baik membutuhkan harga yang tidak murah. Kalimat ini seolah menjadi rumusan dan landasan masyarakat yang menilai kualitas dan harga suatu produk, apakah layak atau tidak.

Jika produk dibandrol dengan harga yang mahal, tentu produk yang Anda dapatkan sangat bagus. Suplier juga harus mempertimbangkan hal ini.

Harga yang ditawarkan kepada produsen harus realistis, wajar dan sepadan dengan kualitas bahan baku yang akan dipasok.

  • Memastikan bahan baku tiba di lokasi produsen dengan cepat dan akurat

Kepercayaan datang dari pengalaman memuaskan yang diulang-ulang. Kunci untuk membangun kemitraan yang kuat dan langgeng adalah menjaga rasa saling percaya antara suplier dan produsen.

Salah satunya adalah terus memastikan bahwa bahan baku tiba di lokasi produsen dengan kualitas yang tepat pada waktu yang tepat. Jangan terburu-buru dan mengalami kerusakan bahan baku produksi.

  • Jujur dan terpercaya

Tip terakhir adalah menjadi suplier yang jujur dan dapat diandalkan yang melakukan semua pekerjaan. Sebuah perusahaan atau produsen ingin mengetahui situasi dunia nyata di lapangan sehubungan dengan bahan baku yang akan diproduksi.

Kualitas, kuantitas, fluktuasi harga pasar dan yang terpenting, ketika muncul masalah teknis yang dapat mengganggu produksi dan berpotensi merugikan produsen.

Kerja sama dengan bisnis terjalin erat ketika pemasok dapat melakukan apa yang jujur dan dapat diandalkan serta dapat memuaskan produsen sebagai pelanggan.

BACA JUGA :   Strategi Efektif Menjalankan Bisnis Kuliner Sukses, Harus Anda Coba.!

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment