Kenali Apa Itu Segmentasi Demografis dalam Pasar 2021

TWIBBONK.com – Kenali Apa Itu Segmentasi Demografis dalam Pasar 2021. Pandangan bisnis tentang pasar bukan hanya tentang siapa pembeli produk yang ditawarkan. Pasar merupakan kelompok sasaran potensial konsumen dengan berbagai karakter.

Karena kita memiliki karakter yang beragam, maka diperlukan upaya segmentasi. Segmentasi pasar adalah pembagian konsumen ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan karakteristik dan kualitas individu. Upaya untuk membagi konsumen ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil akan membuat produsen atau perusahaan lebih efektif dan kompetitif dalam pemasaran.

Melakukan segmentasi pasar tentu tidak bisa sembarangan. Hal ini membutuhkan strategi yang memiliki beberapa persyaratan segmentasi: terukur, logis, dapat dibedakan, dapat diterapkan, dapat diakses, dan tujuan yang jelas, tetapi tidak terlalu sempit. Ada beberapa jenis segmentasi pasar yang bisa Anda lakukan di aplikasi Anda sendiri. Ada item berdasarkan geografi seperti kota tempat tinggal, perilaku seperti loyalitas, psikografis seperti minat karena pekerjaan dan hobi, dan demografi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pendapatan.

Artikel ini secara khusus membahas segmentasi demografis pasar. Apa yang termasuk dalam segmentasi demografis ini? Bagaimana cara kerjanya dan variabel apa yang memengaruhinya? Berikut penjelasannya.

Segmentasi Demografis Pasar

Jika Anda menjual kosmetik, siapa pembeli Anda? Tentu saja, target pasar utama Anda adalah wanita. Selain wanita, menciptakan pasar untuk produk makeup, yaitu dari wanita remaja hingga dewasa. Contoh pengelompokan pasar seperti ini adalah semacam segmentasi demografis.

BACA JUGA :   Tips Sukses Menjalankan Bisnis Online Sambil Kerja Kantoran

Variabel dalam Segmentasi

Meskipun ada banyak variabel yang dapat diklasifikasikan sebagai data demografi, pasar khususnya Indonesia pada umumnya menggunakan 7 variabel utama berikut ini:

Geografis

Segmentasi Demografis Data geografis memungkinkan untuk segmentasi pasar berdasarkan lokasi konsumen. Karena daerah yang berbeda memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda, maka perlu dilihat konsumen berdasarkan lokasi geografis. Misalnya, orang yang tinggal di pegunungan membutuhkan pakaian yang tebal, dan orang yang tinggal di pantai lebih memilih pakaian yang lebih ringan seperti kaos biasa. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memahami bahwa lingkungan perumahan dari pasar sasaran mempengaruhi preferensi konsumen.

Usia

Variabel ini dengan jelas mengkategorikan pasar berdasarkan usia, kelompok usia, atau generasi. Tentu saja, setiap kelompok umur memiliki kesamaan: kebiasaan, pengalaman, sifat, dan bahkan cara berpikir mereka karena mereka tumbuh di era yang sama. Hal ini dapat digunakan sebagai indikator untuk mengambil pendekatan pemasaran.

Jenis Kelamin

Setiap jenis kelamin atau gender tentu memiliki kebutuhan uniknya sendiri akan sesuatu. Dalam perumpamaan tersebut, pria dikatakan mewakili Mars dan wanita mewakili Venus, yang berarti bahwa kedua jenis kelamin secara alami memiliki preferensi yang berbeda.

Tingkat Pendidikan

Klasifikasi pasar menurut latar belakang pendidikan tidak dapat dikesampingkan. Faktanya, segmentasi ini adalah salah satu demografi yang paling umum digunakan. Ini terkait erat karena kebanyakan individu bangga dengan gelar atau almamater mereka. Selain itu, sebenarnya banyak produk atau produk yang khusus digunakan oleh orang-orang dengan tingkat pendidikan tertentu.

BACA JUGA :   Pengertian Marketplace Contoh dan jenis - Jenisnya

Pekerjaan

Sama halnya dengan keempat variabel di atas, tenaga kerja juga merupakan hal yang umum digunakan untuk mengklasifikasikan pasar.

Tingkat Pendapatan

Mengetahui berapa pendapatan konsumen target Anda memiliki dampak besar pada bagaimana tim pemasaran dapat memasarkan produk atau layanan mereka secara lebih efektif. Dengan kata lain, bisnis dapat memasarkan produk atau layanan mereka kepada konsumen yang benar-benar mampu membelinya.

Bagaimana Segmentasi Demografis Bekerja di Pasar

Segmentasi mengacu pada membagi pasar menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil berdasarkan kesamaan variabel. Pengelompokan ini memudahkan untuk menganalisis setiap kelompok karena sifatnya yang homogen dalam hal kebutuhan, keinginan, atau persepsi. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara kerja segmentasi demografis ini?

Data segmentasi yang dikumpulkan berdasarkan demografi berfungsi sebagai referensi atau sumber analisis perusahaan untuk menemukan faktor-faktor yang dapat memotivasi konsumen untuk membeli suatu produk atau layanan. Pengelompokan demografis menggunakan variabel yang ada sangat berguna karena setiap variabel secara langsung mempengaruhi permintaan.

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment