Ketahui Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Laporan Keuangan 2021

TWIBBONK.com – Ketahui Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Laporan Keuangan 2021. Sama seperti darah yang sangat vital bagi kehidupan seseorang, demikian pula keuangan perusahaan. Darah merupakan unsur penting yang berperan penting dalam kelancaran metabolisme tubuh. Ketika terjadi sesuatu pada darah yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah, maka sistem metabolisme tubuh akan terganggu.

Misalnya ada penyumbatan pembuluh darah, tekanan darah yang terlalu rendah/tinggi, atau penyakit yang menyerang sel darah seperti leukemia. Penyebab yang mengganggu sistem tubuh dan kehidupan manusia bisa terancam. Begitu pula dengan keuangan perusahaan. Perannya sama pentingnya bagi manusia seperti darah. Keuangan merupakan faktor penting dalam menjalankan proses bisnis perusahaan dengan lancar.

Bayangkan jika sesuatu terjadi pada keuangan Anda dan uang tunai perusahaan tiba-tiba keluar dari saku Anda. Ada apa? Jika Anda kehabisan uang tunai/modal usaha, perusahaan Anda akan kolaps. Anda tidak dapat membayar karyawan Anda, Anda tidak dapat berinvestasi, Anda tidak dapat menghasilkan, Anda bahkan tidak dapat bertahan dalam operasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantauan, pengendalian dan pengelolaan kondisi keuangan ini dengan baik.

Salah satu caranya adalah dengan memiliki aturan untuk mencatat pengeluaran dan pendapatan keuangan perusahaan Anda, termasuk data investasi, kewajiban, dan semua biaya operasional. Data ini juga memberikan wawasan tentang posisi keuangan perusahaan melalui laporan keuangan yang disediakan secara berkala untuk kebutuhan perusahaan.

BACA JUGA :   Membeli Reksadana di Bank Untuk Aset Masa Depan

Ada berbagai jenis laporan keuangan yang disiapkan untuk kebutuhan yang berbeda. Jika Anda memerlukan informasi tentang untung dan rugi bisnis Anda, Anda memerlukan laporan laba rugi. Bila ingin mengetahui apakah pergerakan modal suatu perusahaan bertambah atau berkurang, Anda bisa melihat laporan Capital Changes.

Ketahui Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Laporan Keuangan 2021

Laporan Keuangan Ada juga laporan neraca dan arus kas yang memberikan data lebih lengkap mengenai posisi keuangan suatu perusahaan. Anda tidak perlu membuat keempat jenis, cukup buat sesuai kebutuhan. Mereka juga dibuat secara berkala. Bisa 1 tahun sekali, 1 bulan, 3 bulan atau 4 bulan sekali.

Laporan Laba Rugi

Laporan keuangan pertama adalah laporan laba rugi. Bisa dibilang, ini adalah jenis laporan yang paling sederhana dan paling sering dibuat. Hal ini dikarenakan laba atau rugi suatu perusahaan merupakan tujuan akhir yang dikejar oleh suatu perusahaan melalui serangkaian proses bisnis.

Laporan Perubahan Modal

Permodalan merupakan aspek penting yang mendukung perkembangan usaha. Hal tersebut merupakan fakta yang tidak dapat disangkal, namun variabel modal bukanlah satu-satunya variabel yang mempengaruhi kemajuan suatu usaha. Variabel lain juga ikut bermain dalam prosesnya. Namun, modal adalah sumber daya awal yang pentingnya tidak dapat disangkal. Tanpa modal, Anda tidak bisa berbisnis.

BACA JUGA :   Cara Mudah Membeli Saham Bagi Pemula, Anda Wajib Coba.!

Laporan perubahan modal ini sangat berguna untuk memantau status modal usaha Anda. Apakah modal Anda bertambah atau berkurang karena kerugian bisnis? Laporan Perubahan Modal memuat data jumlah modal awal, catatan penarikan dana dalam periode akuntansi tertentu, dan hasil perhitungan laba rugi perusahaan yang diperoleh dari: Laporan laba rugi.

Semua data ini memberi Anda gambaran tentang seperti apa modal akhir Anda setelah melalui proses operasi bisnis selama periode waktu tertentu. Ketika sebuah perusahaan mendapat untung besar, modalnya meningkat secara otomatis dan sebaliknya.

Neraca

Neraca dibuat untuk menemukan data keuangan yang lebih detail. Dengan kata lain, menyangkut nilai aset yang dimiliki perusahaan, kewajiban yang dipikul dan dibayar perusahaan, dan data permodalan.

Laporan aset ini merupakan aset yang dimiliki oleh perusahaan yang digunakan untuk menjalankan usahanya. Apakah aset tetap atau aset tetap. Aset tetap, seperti bangunan, tanah, atau kantor, yang nilainya dapat bertambah atau berkurang. Data tentang aset ini dapat membantu bisnis memahami posisi keuangan mereka, mengajukan pinjaman, atau mencari investor.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas, tidak berbeda secara signifikan dari jenis laporan sebelumnya, berfokus pada informasi tentang arus kas perusahaan. Ini lebih merupakan catatan uang masuk dan keluar dan kemana uang Anda bergerak. Laporan arus kas ini juga memberi Anda gambaran besar tentang nilai total setiap akun.

BACA JUGA :   Cara Memulai Pinjaman Ekuitas Rumah Yang Sukses

Catatan atas Laporan Keuangan

Jenis laporan ini jarang digunakan. Biasanya hanya digunakan oleh perusahaan publik besar. Model laporan ini memuat catatan yang rinci, rinci dan lengkap atas informasi laporan keuangan. Biasanya ditulis di halaman belakang dan laporannya sangat tebal.

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment