Apa Itu PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), Berikut Penjelasanya

TWIBBONK.com – Apa Itu PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), Berikut Penjelasanya. Untuk memenuhi kebutuhan belanja pemerintah yang sangat besar, pemerintah tidak hanya mengandalkan pendapatan dari pembayaran pajak. Tidak cukup hanya mengandalkan pembayaran pajak saja. Karena pos pengeluaran pemerintah untuk menjalankan pemerintahan dan program-programnya sangat besar. Belum lagi beban utang jangka panjang yang harus dicicil pemerintah. Bisa dibayangkan berapa banyak permintaan tanggungan dan uang yang harus dikumpulkan pemerintah.

Untuk itu, negara ini memiliki tiga pos pendapatan yang terus dioptimalkan untuk penarikan. Ketiga posisi tersebut mendukung perlunya anggaran nasional untuk menjalankan pemerintahan dan program-programnya. Tiga pos tersebut adalah pajak, bukan pajak dan subsidi.

Penerimaan pajak merupakan penyumbang terbesar bagi APBN. Namun, kontribusi pendapatan tidak kena pajak juga tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, 17% APBN 2019 dijamin melalui pendapatan bebas pajak.

Baru-baru ini, pemerintah telah membuat kebijakan dan aturan baru untuk memperbarui pengumpulan pendapatan tidak kena pajak ini. Artikel ini membahas pendapatan nasional bebas pajak secara bersama-sama. Berikut penjelasannya.

Apa itu PNBP?

Seperti namanya, pendapatan negara bebas pajak merupakan hasil dari dana yang dihimpun oleh pemerintah di samping kewajiban pajak yang harus dibayar warga negara. Jadi masih ada pos-pos yang bisa dimaksimalkan pemerintah untuk mengumpulkan uang.

BACA JUGA :   Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Minim 2022

Ada beberapa item bebas pajak yang menjadi fokus pendapatan negara bebas pajak Anda. Diantaranya adalah pengelolaan sumber daya alam yang dikuasai negara. Air, gas alam, tanah, hasil pertambangan, dll. Sumber daya alam yang relevan dengan hajat hidup orang banyak ini harus dikelola oleh negara.

Selain pengelolaan sumber daya alam, pemerintah dapat memungut PNBP melalui pengelolaan barang milik negara dan kekayaan lainnya, pendapatan dari pelayanan administrasi yang disediakan oleh negara, dan pemotongan kekayaan lain yang terpisah dari kekayaan negara.

Semua posisi aliran pendapatan ini termasuk dalam PNBP dan dikelola oleh pemerintah untuk memastikan pendanaan yang optimal. Mari kita bahas lebih lanjut tentang subjek atau klasifikasi penerimaan negara tidak kena pajak pada subbab berikutnya.

Objek yang Dikenai PNBP

Laporan dari berbagai sumber, termasuk sumber resmi dari Kementerian Keuangan, menunjukkan setidaknya ada enam entitas yang dikenai pendapatan negara bebas pajak. Keenam orang tersebut memenuhi empat kriteria PNBP. Empat kriteria tersebut adalah:

  • Segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan dan fungsi yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk fungsi pelayanan administrasi.
  • Segala sesuatu yang menggunakan dana APBN dan digunakan untuk kepentingan warga negara dapat dikenakan PNBP.
  • Aset negara yang dikelola.
  • Ada ketentuan hukum.

Dengan mempertimbangkan keempat kriteria tersebut, telah ditetapkan enam klasifikasi PNBP (Penerimaan Pajak Nasional Tidak Kena Pajak).

BACA JUGA :   Tips Mudah Bisnis Reseller Gas Elpiji Dengan Modal Kecil

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Milik Negara

Sumber daya alam yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak harus dikelola oleh negara. Selain untuk kepentingan masyarakat yang dikuasai harga, negara juga dapat memungut keuntungan berupa dana yang masuk ke kas negara melalui keuntungan administratif. Dana yang masuk merupakan sumber pendapatan negara yang bebas pajak.

Layanan Yang Dilakukan Oleh Negara

Pelayanan ini lebih merupakan fungsi administratif yang diberikan oleh aparatur pemerintah untuk membantu masyarakat memenuhi kewajibannya.

Pengurus PNBP

Untuk memaksimalkan penghimpunan dana PNBP, pemerintah telah membentuk satuan kerja khusus untuk memungut PNBP ini. Hanya pihak-pihak yang ditunjuk oleh peraturan perundang-undangan yang berhak memungut atau menatausahakan bukan pajak tersebut.

Kementerian Keuangan sebagai Bendahara Umum Negara

Perbendaharaan tidak hanya bertindak sebagai pengumpul, tetapi juga sebagai penerima, pelapor, dan pengelola dana bukan pajak tersebut.

Kementerian Nasional Lain dari Satuan Tugas Khusus.

Kementerian Keuangan bertanggung jawab atas penghimpunan dan pengelolaan dana PNBP, serta unit kerja lainnya yang terbagi atas:

  • RM satuan kerja

Satuan kerja ini terdiri dari tugas menerima dan mengumpulkan hanya PNBP tanpa kewenangan untuk menggunakan atau mengelola dana PNBP.

  • Aturan Tindakan Pengguna PNBP

Untuk satuan kerja ini, pekerjaannya sama dengan satuan kerja RM, dengan perbedaan satker pengguna PNBP berwenang membelanjakan dan mengelola sebagian dana PNBP.

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

BACA JUGA :   Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Instagram Dengan Bisnis Online

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment