Ketahui Perbedaan Kas Perusahaan dengan Kas Bank 2021

TWIBBONK.com – Ketahui Perbedaan Kas Perusahaan dengan Kas Bank 2021. Bandingkan catatan atas laporan keuangan antara perusahaan dan bank. Caranya adalah dengan menarik rekening tunai Anda dari kredit uang kertas Anda. Ini dapat ditemukan pada laporan mutasi bank Anda di kolom Kredit dan tanda terima rekening kas Anda. Anda juga dapat melakukan perbandingan ini dengan menarik uang kertas dari rekening koran Anda di kolom Biaya.

Oleh karena itu, penting untuk memasukkan rekonsiliasi bank dalam laporan keuangan perusahaan. Ada dua jenis catatan kas perusahaan.

  • Akun kas di buku besar perusahaan
  • Laporan bank yang berisi rincian pembayaran dan penerimaan tunai yang dilakukan melalui bank

Ketahui Perbedaan Kas Perusahaan dengan Kas Bank 2021

Perbedaan Kas Perusahaan dengan Kas Bank Pembukuan perusahaan dan catatan keuangan bank memberikan petunjuk tentang ketidaksesuaian saldo kas. Hal ini disebabkan adanya perbedaan waktu pencatatan transaksi. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang rekonsiliasi bank, yang akan kita bahas di bawah ini.

Apa itu rekonsiliasi bank?

Rekonsiliasi bank adalah jumlah transaksi yang membuat saldo kas pada persediaan dan laporan bank berbeda dengan saldo kas pada pembukuan perusahaan. Tujuan merekonsiliasi laporan bank Anda adalah untuk memastikan bahwa Anda memiliki catatan yang baik tentang rekening kas bank dan kas perusahaan Anda. Rekonsiliasi juga bertujuan untuk mencari pengeluaran dan penerimaan yang tidak dicatat oleh perusahaan.

BACA JUGA :   Pengertian Ekonomi Digital Beserta Manfaat Yang Harus Kamu Ketahui

Mengapa Rekonsiliasi Bank Terhadap Laporan Keuangan Perusahaan Perlu Dilakukan?

Setidaknya ada dua alasan untuk melakukan rekonsiliasi bank atas laporan keuangan perusahaan.

  • Anda dapat memeriksa perbedaan antara saldo buku bank dan buku perusahaan.
  • Anda juga dapat mengetahui apa yang menyebabkan perbedaan saldo kas antara perusahaan dan bank.

Hal-Hal yang Mengakibatkan Perbedaan Kas Perusahaan dengan Kas Bank

Ada beberapa faktor yang mendorong perbedaan antara kas perusahaan dan kas bank. Ini akan dijelaskan di bawah ini.

  • Transaksi yang dicatat dimasukkan dalam laporan keuangan perusahaan dan digunakan sebagai penerimaan kas. Namun ternyata pihak bank tidak mencatat transaksi tersebut. Beberapa contohnya adalah:
  • Perusahaan menyimpan dana di bank pada akhir bulan. Namun, bank tidak menerima setoran hingga akhir bulan depan. Ini dikenal sebagai deposit dalam perjalanan atau deposit dalam perjalanan.
  • Perusahaan menyimpan dana di bank, yang disetorkan ke bank pada akhir bulan. Namun karena pihak bank sudah melaporkannya, maka simpanan tersebut akan dicatat sebagai simpanan pada bulan berikutnya. Ini juga dikenal sebagai deposit pengiriman
  • Perusahaan tidak menyetor atau menahan uang tunai di bank. Hal ini dikarenakan uang tersebut digunakan langsung untuk kegiatan operasional perusahaan.
  • NSC atau Non Sufficient Check, cek yang tidak dapat diuangkan karena kekurangan dana.

Bagaimana prosedur untuk melakukan rekonsiliasi bank?

Ada beberapa langkah untuk rekonsiliasi bank, dan ada juga posting yang perlu Anda ketahui. Untuk itu, kami akan memberikan informasi tentang langkah-langkah di bawah ini.

BACA JUGA :   Cara Sebelum Terjun Ke Dunia Bisnis Untuk Pemula 2021

Pembuatan Rekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi bank melibatkan beberapa langkah:

  • Mulailah dengan saldo di rekening koran atau rekening kas perusahaan Anda (saldo per buku).
  • Mengurangi atau menambah saldo bank berdasarkan pos-pos yang terdaftar dalam pembukuan perusahaan tetapi tidak pada laporan bank.
  • Tambahkan saldo terutang yang belum ada di saldo bank Anda.
  • Kurangi cek saat bepergian dari saldo bank Anda
  • Mengurangi atau menambah saldo per buku yang ada di laporan bank tetapi tidak ada di buku perusahaan.
  • Tambahkan saldo buku dengan menerima uang tunai langsung dari bank atau pendapatan bunga dari saldo bank Anda
  • Kurangi saldo per buku Anda karena beberapa transaksi, termasuk biaya pencetakan cek, biaya administrasi bank, dan potongan yang sebelumnya dipotong dari bank Anda (menggunakan cek yang telah jatuh tempo atau dikurangi dengan cek kosong).
  • Hitung jumlah yang disesuaikan per buku dan saldo bank. Pastikan saldonya sama.
  • Buatlah jurnal untuk setiap buku dalam rekonsiliasi bank.

Pos-pos Pada Sisi Bank 

Anda juga harus tahu pos di sisi bank. Untuk penjelasannya, yaitu:

  • Account Payable atau Hutang Usaha (Interim Deposit) : Rekening tersebut dicatat oleh akuntan perusahaan, tetapi bank belum mencatatnya, sehingga hutang usaha harus ditambah.
  • Cek Terbuka (Open Cheques): Akuntan perusahaan telah memverifikasi semua cek dalam laporan keuangan perusahaan. Tetapi bank tetap tidak membayarnya, sehingga cek yang beredar dipotong.
BACA JUGA :   Ayo ketahui.! Manfaat Software Akuntansi Berbasis Cloud untuk Bisnis Anda

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment