Memahami Apa Itu Blockchain Dan Manfaatnya Pada Bisnis

TWIBBONK.com – Memahami Apa Itu Blockchain Dan Manfaatnya Pada Bisnis. Istilah blockchain bisa lebih sulit dipahami daripada Bitcoin. Meskipun kedua istilah tersebut ada di dunia yang sama, Bitcoin adalah bagian dari blockchain. Sederhananya, Bitcoin adalah hadiah mata uang digital untuk kinerja sistem blockchain, dan blockchain adalah teknologi yang melahirkan Bitcoin.

Pada hari-hari awal zaman teknologi, belum tentu mendapat respons positif seperti sekarang. Banyak pihak resah dan terancam dengan terobosan sistem keuangan baru ini. Secara khusus, pihak-pihak yang perannya dapat digantikan oleh keberadaan blockchain. seperti bank misalnya.

Teknologi Blockchain dapat mengambil alih peran bank, yang bertindak sebagai pihak ketiga untuk berbagai transaksi keuangan pengguna. Pasalnya, sistem blockchain memberikan kemudahan dan biaya rendah untuk melakukan transaksi keuangan dengan siapa pun di negara lain tanpa melalui bank.

Namun, dengan kemajuan waktu dan perbaikan terus-menerus, teknologi blockchain menjadi semakin populer. Perusahaan besar mulai menerapkan sistem mereka ke teknologi blockchain. Inilah yang dilakukan perusahaan untuk mengimbangi teknologi dan daya saingnya di pasar.

Semakin banyak perusahaan besar yang berpartisipasi, semakin tinggi nilai Bitcoin di pasar. Bitcoin lebih didambakan. Selain itu, harga Bitcoin tidak terpengaruh oleh krisis COVID-19, menjadikannya alternatif investasi yang menguntungkan.

Memahami Apa Itu Blockchain Dan Manfaatnya Pada Bisnis

Namun, berinvestasi di Bitcoin tidak semudah yang Anda bayangkan. Mendapatkan bitcoin membutuhkan kerja keras dan kerja keras yang signifikan. Karena proses mendapatkannya yang sulit dan rumit. Blockchain dan cara kerja Bitcoin akan dibahas pada subbagian di bawah ini. Tapi pertama-tama, mari kita pahami apa itu sistem dan teknologi blockchain.

Jenis Digital Marketing

Memahami Apa Itu Blockchain Teknologi Blockchain adalah terobosan baru untuk sistem keuangan yang lebih digital, lebih mudah, lebih murah, dan sangat aman. Blockchain seperti buku besar transaksi dalam bentuk digital. Kumpulan catatan keuangan digital yang saling berhubungan.

Setiap catatan dalam akun pengguna disebut blok. Masing-masing blok ini diikat dengan aman ke jaringan terenkripsi dan didistribusikan ke beberapa server sekaligus. Tidak ada sistem server terpusat di blockchain, dan blok data didistribusikan secara merata sehingga setiap pengguna dapat mengetahui riwayat transaksi pengguna lain.

Jenis Blockchain

Setelah beberapa pembaruan sistem, teknologi blockchain ini memberikan solusi untuk masalah transparansi dengan membuat dua jenis blockchain.

Public Blockchain

Tidak seperti blockchain pribadi, blockchain publik menyediakan akses publik ke semua orang.

Private Blockchain 

Jenis teknologi ini membatasi siapa yang dapat melihat transaksi akun pribadi Anda. Blockchain menyediakan kode kriptografi yang tidak dapat diakses oleh akun yang tidak sah. Blockchain pribadi ini biasanya dikelola oleh perusahaan yang menggunakan sistem blockchain.

BACA JUGA :   Bisnis Layanan Pesan Antar Dan Panduan Menjalankan nya

Keunggulan Blockchain Dibanding Sistem Konvensional

Tidak ada biaya transaksi

Dalam sistem lama, pihak ketiga, seperti bank, diperlukan untuk semua transaksi keuangan. Bagus untuk biaya pengiriman uang, pembayaran, dll. Dan biasanya setiap transaksi dikenakan biaya pengelolaan transaksi. Biaya bervariasi berdasarkan transaksi.

Sangat aman

Sistem Blockchain sangat sulit untuk dibobol oleh peretas. Alasannya adalah bahwa sistem kriptografi berlapis-lapis dan blockchain tidak memiliki satu server terpusat. Sistem blockchain didistribusikan secara merata di antara semua server pengguna.

Kelemahan teknologi blockchain

Tidak dapat membatalkan transaksi yang salah

Ini adalah salah satu kelemahan yang ditakuti oleh pengguna sistem blockchain. Jika jumlah yang salah ditransfer ke akun lain, Anda akan kehilangan uang karena tidak dapat dikembalikan. Mungkin satu atau dua karakter kode krypton di akun Anda, maka uang Anda akan dikirim ke akun yang salah. Anda hanya dapat mengembalikan uang jika pemilik rekening tujuan yang salah ingin mentransfer uang kembali kepada Anda.

Memahami Apa Itu Blockchain Menggunakan Sistem yang rumit

Ini adalah sistem kerja blockchain yang sangat aman karena kompleksitas sistem yang dibangun di belakangnya. Untuk mengirim uang ke akun lain, Anda perlu mengetahui nama akun teman Anda, tetapi itu bukan nama, ini adalah string kata sandi yang panjang dan sulit diingat.

Artikel Seputar Tentang Bisnis Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

BACA JUGA :   Tips Membuka Toko Online Khusus Pemula 2022

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment