Cara Mudah Mengganti Oli Motor, Agar Kinerja Mesin Tetap Maksimal

TWIBBONK.com – Cara Mudah Mengganti Oli Motor, Agar Kinerja Mesin Tetap Maksimal. Sebelum saya ke intinya, saya ingin bertanya kepada teman-teman saya terlebih dahulu. Ada yang tau cara ganti oli motor yang benar dan benar?

Saya akan mengatakan itu sangat mudah, tetapi saya yakin beberapa dari Anda tidak tahu bagaimana menukar sepeda motor yang bagus dengan yang benar.

Nah, disini saya ingin sedikit berbagi informasi tentang cara mengganti oli motor yang benar dan apa yang harus dilakukan sebelum mengganti oli mesin.

Cara Mudah Mengganti Oli Motor

Apa itu minyak? Oli merupakan salah satu bagian terpenting dalam tenaga mesin sebuah kendaraan, baik itu sepeda motor maupun mobil. Hal ini dikarenakan oli berfungsi untuk mencegah terjadinya rugi-rugi mesin.

Untuk penggantian oli mesin sendiri, interval waktunya tidak sama. Misalnya, penggantian oli di mobil harus dilakukan setiap 10.000 km. Untuk ganti oli pada sepeda motor itu sendiri, jarak tempuhnya adalah 3.000 km, yang sangat rapuh. (12 bulan).

Perlu anda ketahui juga fungsi dari oli ini untuk meminimalisir gesekan antar komponen mesin seperti piston, ring piston dan blok mesin yang terbuat dari logam.

BACA JUGA :   Motor Suzuki Gixxer 250SF Deluan Rilis Di Thailand

Selain itu, kelebihan oli juga dapat membersihkan kotoran-kotoran logam yang diakibatkan oleh putaran mesin itu sendiri.

Bahkan, tidak hanya dapat membersihkan debu di dalam mesin dari putaran piston itu sendiri, tetapi juga melindunginya agar mesin tetap stabil dari gejala overheating yang nantinya akan menimbulkan overhead.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus memeriksa waktu penggantian oli mesin dengan cermat. Sebuah mesin yang kuat dan tahan lama tergantung pada bagaimana Anda merawat motor dengan mengganti oli secara teratur, tergantung pada keadaan. tepat waktu.

Tentu Anda sudah tahu cara mengganti oli mesin, tapi saya rasa ada sebagian orang yang belum tahu cara mengganti oli mesin.

Jangan asal mengemudi, hati-hati ya guys. Mengenai Cara Mudah mengganti oli motor yang harus anda ketahui, berikut penjelasannya di bawah ini.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat sebelum mengganti oli mesin Anda. Diantaranya adalah.

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Siapkan Oli Mesin

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengganti oli adalah menyiapkan oli untuk digunakan di mesin motor. Pilih merek oli yang sesuai dengan kondisi motor Anda, dan jika sepeda motor Anda matic, gunakan oli matic.

Namun, jika sepeda motor Anda bebek atau kopling, Anda bisa menggunakan oli khusus empat langkah. Merek oli apa yang sangat kami rekomendasikan untuk digunakan? Banyak! Untuk merek oli sendiri, Anda bisa menggunakan beberapa merek ternama.

BACA JUGA :   Spesifikasi Harga Motor Beat Street Terbaru 2021

Sebagai contoh:

  • Enduro Racing (4 tak)
  • Enduro Racing (Matic)
  • AHM Oli
  • Yamaha Lube
  • Shell Advance
  • Mottul
  • Federal

Ini adalah merek oli terkenal yang dapat digunakan untuk perawatan mesin sepeda motor. Anda dapat menemukan masing-masing merek oli ini di bengkel terdekat tempat Anda tinggal.

Pembuangan Oli Mesin

Langkah kedua adalah membuang sisa cairan oli dari mesin. Gunakan kunci ring washer untuk mengendurkan baut-baut pada bagian knalpot mesin dan biarkan oli mengalir dengan sendirinya.

Tunggu beberapa saat hingga oli benar-benar terkuras, lalu periksa kembali mesin motor apakah masih ada oli yang tertinggal, dan jika ada oli cair, tiupkan udara ke blok mesin kompresor di sebelah kanan. Ada lubang untuk oli di mesin.

Masukan Oli Motor

Langkah ketiga adalah membuka oli yang dibeli untuk injeksi ke dalam mesin, dan menggunakan corong atau alat lain untuk memasukkan oli ke dalam mesin agar oli cair tidak menetes ke mana-mana.

Setelah semua oli mengalir ke mesin pada tempatnya, tutup kembali lubang oli menggunakan baut atau tutup oli yang disediakan oleh pembuat mobil.

Nyalakan Mesin Motor

Setelah Anda mengisi mesin dengan oli, segera hidupkan dan biarkan memanas selama beberapa menit agar mesin dapat berjalan seperti biasa dan menyerap oli yang baru saja Anda tuangkan.

Perawatan harus dilakukan sebelum menghidupkan kembali mesin yang baru saja diganti, dengan motor berhenti beberapa kali untuk menyerap oli yang baru saja diganti. Setelah itu, hidupkan segera dan biarkan selama beberapa menit.

BACA JUGA :   Spesifikasi Harga Skutik Motor Yamaha, NMax Dan Aerox

Saat mesin panas, Anda bisa menjalankan motor agar oli yang baru saja dituangkan meresap ke seluruh bagian mesin.

Artikel Seputar Tentang Gadget Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment