Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai HP cepat Habis 2021

TWIBBONK.com – Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai HP cepat Habis 2021. Penggunaan smartphone saat ini rata-rata cenderung meningkat, dari anak-anak hingga orang tua yang sudah menggunakan smartphone.

Tapi pernahkah Anda mengalami situasi yang tidak menyenangkan ketika mendapatkan notifikasi “baterai lemah” saat bermain game di ponsel Anda dan bahkan saat Anda tidak menggunakan ponsel Anda?

Dalam situasi seperti ini, baterai baru maupun baterai HP lama sering cepat habis.
Sebelum membahas cara memperbaiki baterai  baru yang cepat habis, Anda harus tahu dulu penyebabnya.
Apa yang menyebabkan baterai cepat habis, bahkan dengan baterai baru.

Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Masih Baru

Baterai HP cepat habis karena banyak faktor, termasuk baterai itu sendiri, faktor HP, dan faktor manusia. Mari kita bahas satu persatu.

1. Faktor Baterai

Daya Tahan Baterai

Sebagai pemilik dan pengguna ponsel, Anda pasti tahu berapa lama daya tahan baterai ponsel Anda. Daya tahan baterai bisa menjadi salah satu faktor yang menguras baterai Anda dengan cepat.

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap Hp Advan G9 Perfecto

Semua baterai HP harus memiliki masa pakai sesuai dengan waktu penggunaan dan kualitas sel baterai menurun dengan setiap pengisian daya.

Kualitas Baterai

Jika Anda pernah mengalami baterai HP baru yang cepat habis, sebaiknya tanyakan apakah baterai tersebut berkualitas baik.

Secara umum, semakin mahal baterai HP, semakin tinggi kualitas sel baterai.

Jika Anda telah mengganti baterai HP Anda dengan yang asli (asli) dan baterai terus terkuras atau hampir habis, mungkin ada faktor lain yang mempengaruhi baterai.

Suhu Baterai cepat Panas

Temperatur baterai yang tinggi (panas) dapat menyebabkan baterai HP cepat habis.

Penyebab naiknya suhu baterai dapat dipengaruhi oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

2. Faktor HP

Masalah sistem

Baterai HP sering terbuang percuma karena sistem yang bermasalah. Misalnya jika Anda melakukan upgrade/downgrade software yang ada di software tersebut, terkadang ada beberapa bug yang bisa membuat baterai Anda semakin boros.

Untuk mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang, setiap kali Anda ingin keluar dari aplikasi, jangan langsung menekan tombol “Home”, melainkan tekan tombol “Kembali” sampai Anda keluar dari aplikasi.

3. Faktor Manusia

Charging yang di Gunakan

Pernahkah Anda menggunakan pengisi daya/adaptor untuk mengisi daya sesuatu yang tidak asli atau memiliki arus keluaran yang lebih besar atau lebih kecil?

Jika iya, Anda perlu menghentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap HP vivo iQOO Pro 5G Terbaru

Hal ini karena jika Anda menggunakan baterai atau charger di luar spesifikasi ponsel Anda, kualitas sel baterai akan cepat memburuk dan baterai HP akan cepat habis.

4. Faktor lainnya

Berada di Lokasi dengan kualitas Sinyal Rendah

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa baterai ponselnya lebih boros dari biasanya saat berada di lokasi dengan kualitas sinyal yang rendah.

bagaimana itu?

Saat ini kebanyakan smartphone terhubung ke jaringan dengan pengaturan otomatis (4G, 3G, 2G), jadi jika Anda berada di lokasi yang sulit sinyal, secara tidak langsung akan berusaha mencari jaringan terbaik meskipun ponsel Anda tidak menggunakannya.

Hal inilah yang menyebabkan baterai HP cepat terkuras saat sinyal dalam posisi sulit.

Solusinya adalah mengubah pengaturan dari Auto ke 2G Only atau GSM Only jika Anda berada di lokasi yang sulit sinyal atau hanya tersedia sinyal 2G.

Mencegah ponsel mencoba mencari jaringan terbaik secara otomatis, seperti 4G atau 3G.

Cara mengatasi Baterai HP Cepat Habis

1. Matikan Aplikasi Yang berjalan Di Layar Belakang

Dengan mengurangi aplikasi yang berjalan di background, kinerja HP menjadi lebih ringan dan secara tidak langsung menghemat baterai HP.

Cara :

  • Pilih menu Aplikasi Terinstal
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hentikan.
  • Pilih Paksa Berhenti.

2. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Solusi ini memiliki tujuan yang hampir sama dengan poin di atas.

BACA JUGA :   Review Apple iPad Pro 11 Memory Internal 512 GB

Dengan menghapus aplikasi yang tidak perlu, Anda dapat mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang yang dapat menguras baterai Anda.

3. Matikan add-on

Fitur tambahan pada smartphone Anda dapat menguras baterai Anda tanpa disadari.

seperti GPS, Wi-Fi dan Bluetooth.

Sebaiknya nonaktifkan add-on ini saat tidak digunakan.

Atau setidaknya kurangi agar tidak berjalan bersamaan di latar belakang. Dan hanya mengaktifkannya saat Anda membutuhkannya.

4. Kurangi kecerahan layar

Anda dapat menghemat baterai dengan menurunkan kecerahan layar. Ini karena kecerahan layar dapat menghabiskan lebih banyak daya.

Periksa di Pengaturan > Konsumsi baterai.

5. Dinginkan Suhu Baterai

Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai HP cepat Habis Penggunaan telepon yang berlebihan menyebabkan suhu baterai naik, yang menghabiskan lebih banyak baterai.

Gunakan ponsel Anda dengan benar, atau setidaknya istirahat dan biarkan ponsel Anda beristirahat agar suhu baterai normal.

Artikel Seputar Tentang Gadget Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment