Penyebab dan Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas Dengan Mudah

TWIBBONK.com – Penyebab dan Cara Mengatasi ponsel Cepat Panas Dengan Mudah. Apa yang menyebabkan ponsel saya cepat panas? Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pengguna smartphone atau smartphone adalah mengapa ponsel cepat panas. Berbeda dengan ponsel lawas (kuno), smartphone atau smartphone memiliki lebih banyak komponen dengan fungsi yang berbeda dan kompleks. Jadi, ada banyak alasan mengapa ponsel Anda benar-benar cepat panas karena ada begitu banyak komponen dan begitu banyak kerumitan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Cepat Panas Dengan Mudah

Anda bisa mengetahui penyebab baterai cepat panas pahami penjelasan di bawah ini. Jika ponsel cepat panas, baterai ponsel juga cepat habis. Fix adalah mencari tahu bagian mana yang bermasalah dan memperbaikinya. Berikut Twibbonk yang merangkum 8 penyebab overheating pada ponsel Anda dan cara mengatasinya.

1. Batera Rusak

Penyebab paling umum ponsel menjadi panas adalah baterai. Jika Anda dapat merasakan bagian mana dari ponsel yang lebih cepat panas, Anda dapat mengetahui penyebab ponsel lebih cepat panas. Jika bagian belakang ponsel Anda cepat panas, baterai bisa menjadi penyebab utamanya.

Baterai yang rusak atau aus lebih cepat panas daripada baterai baru. Jadi trik untuk memanaskan ponsel Anda dari baterai adalah dengan membawanya ke tukang reparasi dan meminta penggantian.

2. Charger rusak atau menggunakan charge palsu

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap Hp vivo Y3 Standard

Jika bagian ponsel Anda yang cepat panas berada di dekat port pengisi daya, maka masalah pengisi daya dapat menyebabkan ponsel Anda cepat panas. Pengisi daya yang tidak memenuhi spesifikasi ponsel Anda memasok lebih banyak atau lebih sedikit daya dari yang diperlukan. Ponsel Anda akan cepat panas meskipun baterai sudah terisi penuh karena arus yang diterima tidak sesuai dengan arus yang dibutuhkan.

Terkadang mengisi daya baterai dengan pengisi daya yang tidak sesuai akan memakan waktu lebih lama untuk mengisi daya baterai. Cara paling efektif untuk mengatasi panas dengan cepat adalah dengan mengganti pengisi daya lama dengan daya sebanyak yang dibutuhkan ponsel Anda atau memiliki masalah dengan pengisi daya.

3. Menggunakan HP Anda saat mengisi daya

Jika Anda menggunakan ponsel saat mengisi daya, kinerja baterai menjadi berat dan ponsel cepat panas. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, baterai bisa membengkak dan meledak. Jadi, jika Anda tidak ingin ponsel cepat panas, ada baiknya menunggu baterai selesai diisi sebelum Anda dapat menggunakan ponsel lagi.

4. Menggunakan HP Anda di tempat yang panas

Ponsel seperti perangkat elektronik lainnya. Ponsel dapat menghasilkan panasnya sendiri ketika kinerja meningkat dan menghabiskan terlalu banyak daya. Sumber panas ponsel adalah chipset dan baterai. Ponsel dapat menghasilkan panas dengan sendirinya, jadi hindari memaparkan ponsel Anda ke panas luar.

BACA JUGA :   Cara Mudah Merekam Layar Laptop Secara Cepat dan Praktis

Panas dari dalam dan luar akan bergabung untuk menaikkan suhu ponsel dengan cepat dan merusak komponen internalnya. Cara mengatasinya adalah dengan menghindari meninggalkan ponsel di tempat yang terlalu panas terlalu lama, seperti di dekat kompor, dekat microwave, di bawah sinar matahari langsung, di dashboard mobil, atau di dekat kipas laptop yang mengeluarkan udara panas.

5. Aplikasi bermasalah menyebabkan HP cepat panas

Aplikasi dapat menyebabkan ponsel cepat panas. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang menghabiskan baterai Anda. Semakin banyak baterai terkuras, semakin cepat ponsel memanas. Ponsel Anda juga akan cepat panas jika ada aplikasi yang menghabiskan daya baterai secara berlebihan. Selain itu, bug pada aplikasi dapat menyebabkan aplikasi tetap berjalan dan menguras baterai.

Untuk melihat apakah ada aplikasi ‘baterai lemah’, Anda dapat memeriksa di Pengaturan > Baterai. Maka solusi terbaik adalah mematikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dan mencegah aplikasi dimulai ulang secara otomatis. Jika itu tidak cukup, Anda dapat menghapus aplikasi dari ponsel Anda.

6. Lupa mematikan mode “Overclock”

Penyebab dan Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas Beberapa ponsel gaming yang lebih baru atau low-end memiliki fitur ‘overclock’ yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja chipset agar berjalan lebih cepat. Fitur overclock memiliki banyak julukan, mulai dari performance mode hingga turbo mode. Apapun namanya, pada dasarnya memungkinkan chipset atau prosesor untuk beroperasi dengan kecepatan penuh.

BACA JUGA :   Daftar Perlengkapan Yang Wajib Anda Bawah Saat Liburan ke Pantai

Terus menggunakan mode overclock akan memanaskan ponsel Anda lebih cepat dan menguras baterai lebih cepat. Solusi terbaik adalah mematikan mode overclock saat Anda tidak membutuhkannya.

Artikel Seputar Tentang Gadget Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment