Cara Efektif Hemat Kuota Internet/Paket Data di Smartphone

TWIBBONK.com – Cara Efektif Hemat Kuota Internet/Paket Data di Smartphone. Kuota internet Anda terbuang percuma? Apakah Anda malas untuk terus mengisi paket data internet Anda? Mungkin ada alasan mengapa kuota internet Anda cepat habis. Agar kuota internet kamu tidak cepat habis, simak 7 cara paling efektif untuk menghemat kuota internet di smartphone kamu.

Kuota internet cepat habis seiring dengan kebutuhan akses data di smartphone yang semakin meningkat. Semakin banyak Anda menggunakan media sosial, semakin banyak Anda mengunduh game, dan semakin sering Anda streaming video dan musik, paket internet Anda akan semakin mencolok.

Cara Efektif Hemat Kuota Internet/Paket Data di Smartphone

Berikut cara menghemat kuota internet atau paket data yang terbukti ampuh jika saat ini Anda dalam kondisi seperti ini:

1. Tetapkan Batas Kuota Internet

Cara paling efektif untuk menghemat kuota Internet Anda adalah dengan menetapkan batas penggunaan Internet Anda. Cara ini hanya bisa dilakukan di ponsel dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop dan versi terbaru. bagaimana ? Pertama, periksa penggunaan internet Anda di menu Pengaturan > Jaringan seluler > Pengaturan paket data.

Tetapkan kuota yang ingin Anda batasi. Perhitungan batas pemakaian kuota internet bisa dalam MB atau GB. Ketika penggunaan internet Anda mencapai batas, Anda akan mendapatkan notifikasi secara otomatis di smartphone Anda.

BACA JUGA :   Spesifikasi Terlengkap Hp Xiaomi Redmi 10

2. Aplikasi yang berjalan di Layar Belakang Segera Matikan

Aplikasi yang berjalan otomatis di background menyedot kuota internet kita tanpa kita sadari. Beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang antara lain WhatsApp, Facebook, Instagram, game dan aplikasi sejenis lainnya. Koneksi data tidak serta merta dimatikan oleh sistem operasi bahkan setelah menutup aplikasi. Jadi paket data bisa tersedot lebih cepat.

Untuk mengatasinya, jangan matikan atau izinkan aplikasi berjalan di latar belakang. bagaimana ? Buka menu Pengaturan > Penggunaan data. Kemudian klik aplikasi yang ingin Anda batasi lalu klik Batasi Data Latar Belakang Aplikasi. Namun, metode ini membatasi fungsionalitas aplikasi. Anda bisa membuat pengaturan matikan aplikasi yang berjalan di layar belakang.

3. Matikan Pembaruan Otomatis Google Play Store

Cara Efektif Hemat Kuota Internet/Paket Data Salah satu penyebab utama kuota internet cepat habis adalah fitur update aplikasi otomatis Google Play Store. Pembaruan aplikasi bisa datang kapan saja. Jika tidak disetel, pembaruan aplikasi akan diunduh secara otomatis dari Play Store. Bayangkan memiliki 5 aplikasi game di ponsel Anda, masing-masing berukuran 1 GB. Ketika semuanya diperbarui secara otomatis, Play Store menyedot kuota 5GB. Sebagai solusinya, kamu bisa mematikan fitur auto-update di Play Store.

bagaimana ? Buka Play Store > Setelan > Perbarui Otomatis Aplikasi. Kemudian pilih Gunakan Wi-Fi saja untuk memperbarui aplikasi saat ponsel cerdas Anda terhubung ke Wi-Fi. Namun, jika Anda ingin memperbarui secara manual, sebaiknya pilih opsi Jangan perbarui aplikasi secara otomatis. Perbarui juga aplikasi Anda jika Anda memiliki bonus kuota tengah malam atau jika Anda hanya terhubung ke WiFi.

BACA JUGA :   Review Vivo X50 Pro Kapasitas ROM Hingga 256 GB

4. Kurangi penggunaan aplikasi yang memakan kuota

Banyak aplikasi seperti Instagram, Facebook, YouTube, Netflix, dan Spotify menghabiskan kuota. Aplikasi berbasis streaming foto, video, dan audio lebih banyak menggunakan paket Internet. Terutama jika Anda streaming dalam pengaturan resolusi tinggi seperti 480p, 720p atau 1080p. Kuota internet bisa langsung habis. Untuk mengatasi masalah ini, lihat video pada pengaturan resolusi yang lebih rendah atau nonaktifkan video gambar GIF untuk diputar secara otomatis.

Selain aplikasi berbasis streaming, aplikasi game juga memakan banyak kuota. Terutama bagi mereka yang menyukai game multipemain. Aplikasi ini membutuhkan kuota internet yang banyak untuk bisa terkoneksi dan streaming dengan pemain lain saat bermain game. Pada saat yang sama, aplikasi terus terhubung ke server melalui Internet. Meskipun konsumsi kuota Anda tidak sebesar saat streaming, kuota Anda bisa cepat habis saat Anda terus bermain. Belum lagi apakah ada pembaruan fitur baru yang mengharuskan Anda mengunduh ratusan file MB.

5. Gunakan versi “lite” dari aplikasi

Versi aplikasi “Lite” lebih kecil dari versi standar aplikasi. Aplikasi terbaik dunia seperti Facebook Lite, Twitter Lite, LinkedIn Lite, TikTok Lite, Spotify Lite, dll. memiliki versi Lite. Aplikasi versi Lite menggunakan kuota internet yang lebih sedikit. Ukurannya yang kecil juga membuatnya cocok untuk dipasang di ponsel dengan ROM atau kapasitas penyimpanan yang kecil.

BACA JUGA :   HP Samsung Galaxy A21 Layar Super AMOLED Jernih Dan Tajam

Artikel Seputar Tentang Gadget Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment