Tips Mudah Mempertahankan Pelanggan Dengan Customer Retention

TWIBBONK.com – Tips Mudah Mempertahankan Pelanggan Dengan Customer Retention. Pernahkah Anda mendengar tentang Customer Retention? Istilah ini berkaitan dengan strategi yang mencapai keuntungan lebih besar untuk bisnis.

Ada dua cara utama untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Yang pertama adalah menambah pelanggan baru, dan yang kedua adalah agar mereka terus menggunakan produk Anda atau mempertahankan pelanggan.

Apa itu Customer Retention?

Tips Mudah Mempertahankan Pelanggan Dengan Customer Retention. Pengertian Customer Retention adalah strategi untuk mencegah pelanggan membeli produk atau menggunakan layanan bisnis. Tentu saja, ini untuk meningkatkan keuntungan.

Nyatanya, strategi customer retention ini sebenarnya efektif untuk meningkatkan bottom line Anda. Penelitian menunjukkan bahwa 25-40% dari keseluruhan pendapatan bisnis yang stabil berasal dari pesanan berulang dari pelanggan yang kembali dan setia.

Studi lain menemukan bahwa pelanggan yang sudah ada 9 kali lebih mungkin untuk berkonversi daripada pelanggan baru. Bahkan, kecenderungan pelanggan lama untuk kembali membeli suatu produk bisa mencapai 70%.

Mengapa Customer Retention penting?

Kami dulu menjelaskan apa itu Customer Retention, tetapi sekarang kami perlu memahami mengapa hal itu sangat penting bagi bisnis Anda. Baca deskripsi di bawah ini!

Memperkuat hubungan pelanggan

Alasan nomor satu Customer Retention penting adalah karena membantu memperkuat hubungan antara pelanggan Anda dan bisnis Anda. Keberhasilan bisnis Anda sangat bergantung pada pelanggan Anda. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan mereka.

BACA JUGA :   Panduan Langkah Mudah Memasarkan Bisnis Anda Di Media Sosial

Dapatkan kembali pelanggan lama

Tahukah Anda bahwa menjual produk ke pelanggan yang sudah ada lebih mudah daripada mencari yang baru? Faktanya, telah ditemukan bahwa 70% pelanggan lama lebih mungkin untuk membeli kembali. Konon, mempertahankan pelanggan yang sudah ada bukanlah sesuatu yang bisa diremehkan.

Tingkatkan kepuasan pelanggan

Alasan selanjutnya adalah Customer Retention dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda. Upaya mempertahankan pelanggan tentunya akan membuat mereka puas saat menggunakan jasa yang Anda berikan.

Menjaga loyalitas pelanggan

Semua manfaat yang disebutkan di atas berkontribusi untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

Strategi efektif untuk Customer Retention

Ada beberapa strategi Customer Retention yang dapat Anda ikuti untuk mempertahankan pelanggan Anda. Ayo lihat!

1. Orientasi Pelanggan

Customer onboarding adalah proses memperkenalkan produk kepada pelanggan. Ini adalah salah satu strategi yang paling penting untuk diterapkan. Orientasi dapat membantu pelanggan memahami produk Anda dan penggunaannya.

2. Buat Program Loyalitas

Selain orientasi, Anda juga dapat memiliki program loyalitas. Ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk menerapkan strategi Customer Retention. Dalam program ini, pelanggan menerima hadiah khusus atas kesetiaan mereka terhadap produk Anda.

3. Lakukan upsell dan cross-sell

Dalam strategi pemasaran dikenal istilah upsell dan cross-sell. Upselling adalah teknik penjualan di mana produk serupa ditawarkan kepada konsumen yang nilainya lebih tinggi dari produk yang ingin dibeli konsumen.

BACA JUGA :   Ayo Ketahui! Apa Itu Pasar Modal dan Instrumen Investasinya

4. Kirim buletin

Strategi lain yang dapat Anda terapkan adalah mengirim buletin ke pelanggan Anda. Newsletter adalah email dengan konten informasi tentang produk, layanan, atau pembaruan perusahaan. Buat buletin desain yang responsif, mobile-friendly, dan dipersonalisasi untuk pelanggan Anda.

5. Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kami

Memberikan layanan terbaik adalah cara sederhana dan tepat untuk mempertahankan pelanggan. Pelayanan yang baik kepada pelanggan merupakan kunci sukses dalam meningkatkan pendapatan usaha.

6. Pelatihan pelanggan

Hal ini dapat meningkatkan retensi pelanggan. Dengan melakukan program pelatihan, Anda tidak hanya akan memperoleh pengetahuan tentang cara menggunakan produk Anda, tetapi juga akan membantu pelanggan Anda mencapai tujuan pembelian mereka.

7. Hadiah dan Diskon

Anda juga dapat menerapkan strategi Customer Retention dengan menawarkan berbagai penawaran seperti hadiah, diskon, sertifikat hadiah, dan lainnya.

Puaskan pelanggan Anda dengan menawarkan diskon untuk produk yang sering mereka beli. Pada saat yang sama, kirim pesan singkat bahwa Anda mendapatkan diskon karena Anda telah menjadi pelanggan tetap.

Artikel Seputar Tentang Trading Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment