Penjelasan Tentang Portofolio dan Perbedaan nya Dengan CV

TWIBBONK.com – Penjelasan Tentang Portofolio dan Perbedaan nya Dengan CV. Untuk mendapatkan pekerjaan, Anda biasanya perlu melampirkan portofolio. Jadi, jangan menganggap portofolio dan resume sebagai hal yang sama. Resume dan portofolio adalah dokumen pelengkap untuk melamar pekerjaan, tetapi keduanya adalah dua hal yang berbeda.

Apa sebenarnya portofolio itu? Apa bedanya dengan resume? Apa contoh portofolio yang baik? Jangan khawatir. Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda di artikel ini. Nah, simak deskripsinya!

Apa itu portofolio?

Penjelasan Tentang Portofolio Pada dasarnya, portofolio adalah kumpulan dokumen individu, kelompok, organisasi, atau perusahaan yang terkait dengan semua pekerjaan yang diselesaikan.

Sebenarnya, definisi portofolio dapat dilihat dari berbagai perspektif.

Tetapi ketika kita berbicara tentang portofolio sebagai dokumen untuk pekerjaan, yang kita maksud adalah kumpulan dokumen pekerjaan pribadi yang disusun secara menarik untuk menunjukkan kemampuan dan kompetensi.

Saat mencari pekerjaan, portofolio penting dalam menggambarkan perkembangan kemampuan individu untuk mencapai suatu tujuan. Bagi perekrut, portofolio digunakan sebagai acuan untuk menentukan apakah pelamar berkompeten untuk pekerjaan tersebut.

Sederhananya, portofolio adalah dokumen pendukung untuk melengkapi bukti keahlian khusus seperti desainer grafis, penulis konten, fotografer, copywriter, programmer, dll.

Perbedaan Antara CV dan Portofolio

Bahkan setelah membaca penjelasan di atas, saya berpikir, “Jadi apa perbedaan antara portofolio dan resume?”

Untuk menghindari kesalahan, perhatikan tiga hal di bawah ini yang menjelaskan perbedaan antara resume dan portofolio!

BACA JUGA :   Contoh Produk Digital dan Cara Membuatnya!

Informasi yang terdaftar

Perbedaan mendasar antara resume dan portofolio pertama berkaitan dengan informasi yang terkandung di dalamnya.

Biasanya, informasi di resume (CV) menjelaskan resume lengkap, seperti tanggal lahir, pendidikan, pengalaman organisasi, dan keterampilan dasar yang Anda miliki.

Di sisi lain, informasi dalam portofolio mengungkapkan kemampuan dan potensi individu melalui bukti kerja terlampir.

Integritas data

Perbedaan selanjutnya adalah kelengkapan detail yang disertakan.

Resume berisi informasi rinci tentang data pribadi yang lengkap, tetapi disajikan sesingkat mungkin. Hal ini memudahkan dan mempercepat perekrut untuk menemukan informasi yang mereka cari.

Berdsarkan sifatnya 

Karena berisi informasi dasar, CV lebih bersifat umum dan biasanya diisi hanya sekali saat melamar pekerjaan.

Tidak seperti resume, portofolio lebih spesifik tergantung pada posisi yang Anda lamar. Portofolio tidak dapat mencakup semua keterampilan, tetapi harus relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Manfaat Portofolio

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa portofolio sangat penting untuk menunjang karir masa depan mereka. Setiap pekerjaan yang Anda lamar memiliki persyaratan yang harus Anda penuhi, salah satunya adalah melampirkan portofolio.

Lalu, apa saja keuntungan dari portofolio? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Tunjukkan profesionalitas anda

Manfaat pertama adalah untuk menunjukkan profesionalisme. Dalam proses perekrutan karyawan, perusahaan harus secara alami memilih kandidat untuk mendapatkan dukungan.

Bangun merek pribadi Anda

BACA JUGA :   Software ERP dan CRM: Pengertian, Perbedaan, dan Manfaatnya

Memiliki situs web portofolio akan membuat keterampilan dan keahlian Anda dikenal lebih banyak orang. Ini dapat membantu Anda membangun personal branding di bidang Anda.

Tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan

Skill Share melaporkan bahwa portofolio sangat penting bagi pekerja lepas untuk mendapatkan pelanggan baru. Dengan portofolio yang Anda buat, orang akan mengetahui secara langsung hasil kerja Anda.

Sebagai Evaluasi diri

Membangun portofolio dapat menguntungkan diri sendiri. Sebagai bahan refleksi, Anda dapat mengamati proses pengembangan kemampuan Anda sendiri. Anda juga dapat lebih memahami kekuatan dan kelemahan Anda sendiri sehingga Anda dapat memperbaikinya lebih lanjut di masa depan.

Artikel Seputar Tentang Trading  Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment