Cara Efektif Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer

TWIBBONK.com – Cara Efektif Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer Anda. Khawatir laptop Anda terkena serangan virus dan tidak tahu cara menghilangkannya? Jangan bingung. Pada artikel ini, Anda dapat mengetahui cara menghapus virus dari laptop dengan aman dari malware.

Laptop yang sering terkoneksi dengan internet rentan terhadap serangan virus dan malware. Selain itu, penyebaran malware saat ini melalui berbagai metode penipuan seperti mengklik tautan acak, mengunduh aplikasi, dan permainan iklan.

Melanjutkan dapat merusak perangkat Anda dan data di dalamnya! Tapi jangan khawatir. Kita bisa memperbaikinya segera. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus virus dari laptop Anda. Ya!

1. Instal pemindai virus

Langkah pertama cara menghapus virus dari laptop Anda adalah menginstal pemindai virus. Pemindai virus dapat memindai data laptop Anda dan membantu Anda menemukan dan menghapus serangan malware yang mencurigakan dari perangkat Anda.

Berbagai perangkat lunak antivirus tersedia saat ini. Anda dapat memilih salah satunya seperti Bitdefender, Avira atau Avast.

2. Pastikan file Anda dicadangkan

Langkah kedua, pertama pastikan Anda memiliki cadangan file penting Anda di laptop Anda. Selalu pastikan Anda memiliki cadangan data laptop Anda untuk berjaga-jaga. Misalnya, Anda dapat menyimpan data ini di hard drive eksternal atau di cloud.

Hal ini untuk memastikan bahwa file atau data penting dari laptop Anda tidak akan hilang setiap kali perangkat Anda terkena serangan virus atau malware.

BACA JUGA :   Cara Mudah Pakai Telegram Web dan Telegram Desktop di Pc 2021

3. Matikan koneksi internet laptop

Jika laptop Anda terhubung ke internet, putuskan dulu koneksi internet dari laptop Anda. Perlindungan ini biasanya dilakukan karena Anda terhubung ke internet sehingga malware bisa masuk ke perangkat Anda.

Anda harus ekstra hati-hati saat mengakses Internet. Perangkat yang sering terhubung ke Internet sangat rentan terhadap serangan malware jika tidak waspada. Jika Anda mencurigai malware telah menyerang perangkat Anda, segera matikan koneksi internet Anda!

4. Masuk ke Safe Mode

Setelah mematikan koneksi internet di laptop, langkah selanjutnya adalah menjalankan safe mode. Safe mode berguna untuk membantu melindungi perangkat Anda jika ingin memperbaiki kerusakan yang ada. Anda harus mengikuti cara di bawah ini agar laptop anda berada pada mode aman.

  • restart laptop
  • Tekan ‘F8’ pada keyboard Anda dan pergi ke ‘Advanced Boot Options’. Kalian akan di perlihat kan 3 plihan
  • mode aman.
  • Pilih Mode Aman.

5. Hapus file sementara

Folder sementara adalah folder khusus yang digunakan untuk menyimpan sementara file tertentu. Umumnya, file dalam folder sementara dihapus segera setelah digunakan. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, file ini masih disimpan untuk mengisi ruang disk yang tersedia.

Cara menghapus file sementara dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik ‘Mulai’
  • Cari ‘file sementara’
  • Kosongkan ruang, hapus cache dan file yang tidak di perlukan’
  • Pilih ‘File Internet Sementara’ dan kemudian klik ‘OK’.
  • Klik ‘Hapus File’.
  • Untuk pengguna Windows 10, Anda dapat langsung menghapus file sementara dengan mengetik ‘Disk Cleanup’ di kolom bilah pencarian. Setalh itu anda bisa memilih ruang yang akan anda bersihkan.
BACA JUGA :   Spesifikasi HP Infinix Keluaran Terbaru 2021

Menghapus file sementara dilakukan untuk mempercepat pemindaian virus dan mungkin juga menghapus beberapa malware.

6. Jalankan pemindaian virus

Cara efektif Menghilangkan Virus menjalankan pemindaian virus dengan perangkat lunak antivirus yang diinstal pada perangkat Anda. Anda harus menunggu beberapa saat agar proses scanning anti virus selesai. Setelah proses selesai, perangkat lunak antivirus Anda akan segera menghapus malware dari laptop Anda.

7. Copot aplikasi yang tidak dikenal

Setelah pemindaian virus selesai, Anda dapat menghapus program yang tidak dikenal. Periksa kembali daftar program dan aplikasi di laptop Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka File Explorer
  • Klik ‘PC ini’ lalu pilih ‘Komputer’.
  • Klik ‘Copot pemasangan atau ubah program’.
  • Periksa program yang ada dan, jika ragu, segera hapus program yang tidak dikenal untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Artikel Seputar Tentang Trading  Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment