Penjelasan Cara Kerja Chatbot dan Manfaat Nya Dalam Bisnis

TWIBBONK.com – Penjelasan Cara Kerja Chatbot dan Manfaat Nya Dalam Bisnis. Pernahkah Anda disambut oleh ‘seseorang’ melalui jendela obrolan setelah mengunjungi sebuah situs web? Ini sebenarnya adalah robot obrolan, juga disebut chatbot.

Chatbots adalah salah satu penemuan teknologi yang dapat meniru percakapan manusia.

Banyak perusahaan sekarang menggunakan fungsi chatbot untuk menggantikan fungsi call center atau layanan pelanggan. Pelajari lebih lanjut tentang apa itu chatbot, cara kerjanya, dan bagaimana mereka dapat menguntungkan bisnis Anda berikutnya!

Apa itu chatbot?

Sistem canggih dengan menggantikan suara yang ada pada voice dan perekam suara. Biasanya chatbot juga akan merespon pengguna dan menjawab sesuai dengan pertanyaan sih pengguna.

Chatbot adalah akronim dari chatterbot, yang sebenarnya adalah kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Berikut adalah contoh percakapan chatbot dengan pengguna.

Anda mungkin sudah familiar dengan contoh seperti di atas. Mungkin Anda juga mengirim pesan ke toko online dan pertanyaan Anda dijawab dengan sangat cepat dan segera dengan sambutan atau pengenalan diri dari pengelola.

Dua skenario di atas adalah contoh implementasi chatbot.

Faktanya, chatbots sebenarnya banyak digunakan saat ini di berbagai bidang bisnis digital. Karena chatbot membantu mendukung layanan pelanggan dan meningkatkan efisiensi kerja.

Bagaimana chatbot dapat menguntungkan bisnis? Simak uraiannya di bawah ini!

BACA JUGA :   Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Uang dari Youtube 2021

Keuntungan chatbot untuk bisnis

Seperti yang dilaporkan Business Insider, beberapa survei menunjukkan bahwa chatbot banyak digunakan di berbagai sektor bisnis. Menurut survei Oracle, 80% bisnis berencana untuk mengandalkan chatbots untuk meningkatkan pengalaman pelanggan pelanggan mereka.

Tingkatkan kepuasan pelanggan

Salah satu kunci sukses bisnis adalah kepuasan pelanggan. Penelitian menunjukkan bahwa 68% pelanggan akan pergi karena mereka tidak puas dengan layanan pelanggan yang buruk. Dengan fungsi chatbot, pelanggan dapat menerima layanan karena tersedia 24 jam sehari.

Menghemat waktu

Manfaat lain dari chatbots untuk bisnis adalah menghemat waktu pelanggan untuk mendapatkan informasi. Karena tersedia 24 jam sehari, pelanggan tidak perlu banyak waktu untuk mendapatkan respon dari sisi bisnis.

Efektif dan hemat biaya

Menggunakan chatbot untuk bisnis Anda dapat membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih efisien. Hilangkan kerumitan mengulang jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan. Ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda.

Minimalkan kesalahan

Kesalahan dapat terjadi ketika berurusan dengan pelanggan oleh staf/manajer layanan pelanggan. Namun, Anda dapat meminimalkan ini dengan menggunakan chatbot. Dengan desain yang baik, chatbots akan secara konsisten memberikan jawaban yang tepat atas pertanyaan.

Bagaimana cara kerja chatbot?

Jadi bagaimana cara kerja chatbot di aplikasi atau situs web? Pada dasarnya, chatbots bekerja dengan mengandalkan kata kunci atau kata kunci dalam sistem. Agar tetap relevan, ada tiga jenis sistem operasi yang dijalankan bot:

BACA JUGA :   Jenis-Jenis Biaya Pengelolaan Bisnis, Yang Harus Anda ketahui.!

1. Pattern matching

Dengan cara ini, bot bekerja dengan menyesuaikan pola saat mengelompokkan teks. Bot mencari kata kunci dan merespons dengan jawaban yang paling cocok dengan kata kunci tersebut, atau dalam bentuk pola kata yang paling cocok dengan kata kunci tersebut. Ini memungkinkan bot untuk menyesuaikan jawaban berdasarkan pertanyaan yang dimasukkan oleh pengguna.

2. Decision tree-based

Penjelasan Cara Kerja Chatbot dan Manfaat Nya Dalam Bisnis dengan Sistem kerja Chatbot ini sangat mudah di aplikasikan dan sangat membantu. Ini karena pengguna harus mengikuti urutan jawaban yang diprogram ke dalam bot. Pengguna hanya dapat memilih pertanyaan yang disediakan oleh sistem.

3. Contextual

Cara bot bekerja dengan cara ini bergantung pada sistem kecerdasan buatan pembelajaran mesin (ML). Faktor ini membuat metode konteks menjadi yang terbaik dari dua metode lainnya. Bot yang menggunakan metode kontekstual dapat menghasilkan percakapan yang lebih alami.

Artikel Seputar Tentang Teknologi Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment