Pengertian Marketplace Contoh dan jenis – Jenisnya

TWIBBONK.com – Pengertian Marketplace Contoh dan jenis – Jenisnya. Dalam beberapa tahun terakhir, industri marketplace Indonesia sebenarnya sangat berkembang. Mereka membantu masyarakat Indonesia melakukan one-click shopping dari rumah. Tapi apa sebenarnya marketplace itu?

Apa itu Marketplace?

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli di berbagai toko. Konsepnya sendiri sebenarnya hampir identik dengan pasar tradisional.

Pengertian Marketplace Contoh dan jenis – Jenisnya marketplace tidak bertanggung jawab atas produk yang dijual karena berfungsi untuk menyediakan tempat bagi penjual yang ingin menjual dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi lebih mudah dan lebih mudah.

Perdagangan itu sendiri sebenarnya diatur oleh marketplace . Kemudian, setelah menerima pembayaran, penjual mengirimkan barang kepada pembeli. Salah satu alasan mengapa marketplace ini terkenal adalah kemudahan penggunaan dan kenyamanannya. Banyak yang menggambarkannya sebagai department store.

Marketplace pertama kali menjadi populer pada tahun 1995. Tahun itu, ketika Amazon dan eBay menjadi populer, banyak orang menggunakannya. Pada tahun yang sama, sebuah bank Amerika bernama Bank Presiden juga meluncurkan perbankan online pertamanya.

Pada tahun 1998, PayPal diluncurkan, membawa lebih banyak kemudahan untuk transaksi online. Asia saja Jack Ma memulai Alibaba di Cina pada tahun 1999.

Dua puluh tahun telah berlalu dan industri marketplace terus berkembang. Anda sekarang dapat menemukan beberapa penyebab untuk kategori yang berbeda. Mulai dari pakaian hingga bahan kerajinan.

BACA JUGA :   Cara Mudah Riset Produk untuk Jualan Online, Yang Harus Kamu Coba!

Shoope, Lazada sudah ada platform toko online di Indonesia Termasuk tokopedia dan lain nya. Kedua perusahaan tersebut telah sangat sukses di Indonesia, menjadikannya dua dari 4 startup unicorn teratas di Indonesia.

Jenis marketplace

  • pasar horisontal

Dalam diskusi lebih lanjut Anda mungkin menemukan istilah seperti pasar horizontal dan vertikal. Apa artinya?

Pasar horizontal menjual berbagai produk dalam kategori yang berbeda. Tokopedia dan Bukalapak termasuk dalam tipe ini. Anda bisa berbelanja online untuk perlengkapan, kebutuhan sekunder dan primer anda, dari belanja online semua itu bisa terpenuhi dengan sangat mudah.

Secara umum, pasar horizontal muncul sebagai toko serba ada, meningkatkan kenyamanan sebagai nilai jual.

  • pasar vertikal

Pasar vertikal lebih terspesialisasi daripada pasar horizontal. Marketplace, yang dikategorikan vertikal, adalah situs web yang menjual produk dengan jenis yang sama.

Misalnya, Anda memiliki pasar yang hanya menjual produk atau sepatu bayi. Jika Anda memilih untuk menjual di pasar vertikal, Anda dapat memamerkan produk Anda dengan lebih baik.

Hal ini karena pengunjung website vertical marketplace Anda pasti mencari apa yang mereka cari dan bisa lebih fokus mengatakan apa yang membuat produk Anda lebih unggul dari penjual lain.

  • Pasar Murni

Pasar murni adalah jenis kolaborasi penjualan yang hanya menyediakan fungsi penjualan, pembayaran, dan perdagangan di situs pasar.

Pedagang yang membuka toko di pasar murni seringkali memiliki kebebasan untuk menyesuaikan toko mereka, seperti mengubah tampilan, menyortir produk, dan memilih layanan pengiriman.

BACA JUGA :   Bisnis Kopi Kemasan Dan Cara Menjalan Kan Nya 2021

Jenis pasar murni ini saat ini paling diminati oleh masyarakat umum. Contoh pasar dengan jenis kerjasama ini antara lain Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Elevenia, dan perusahaan ternama di pasar Indonesia.

  • pasar konsinyasi

Konsinyasi adalah sistem kerja sama di mana pasar memiliki kendali penuh atas promosi, penyimpanan, pengiriman, dan layanan pelanggan. Dalam kemitraan ini, penjual hanya perlu menawarkan produk.

Contoh pengadopsi awal pasar model kolaborasi ini termasuk Zalora dan Berrybenka. Namun, beberapa pasar murni mulai mengeksplorasi model konsinyasi dengan fitur seperti ‘toko resmi’ atau ‘mal’ untuk menunjukkan toko khusus yang telah bekerja sama dengan pasar.

Artikel Seputar Tentang Otomotif Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment