Berikut Perbedaan dari Online Shop Marketplace dan E-Commerce

TWIBBONK.com – Berikut Perbedaan dari Online Shop Marketplace dan E-Commerce. Dengan berkembangnya teknologi dan berbagai kemudahan yang diberikan oleh internet, banyak pula transaksi perdagangan yang dilakukan secara online. Anda pasti sering mendengar istilah toko online, marketplace, dan e-commerce. Apa bedanya?

Sebelum mengetahui perbedaan antara marketplace, toko online, dan e-commerce, Anda harus terlebih dahulu memahami apa artinya masing-masing.

Martketplace

Marketplace adalah situs web yang menghubungkan penjual dan pembeli melalui Internet. Salah satu pasar pertama di dunia yang mempopulerkan pasar adalah eBay.

Diluncurkan pada tahun 1995, website ini membuat proses penjualan menjadi lebih mudah dan efisien. Dua puluh tahun kemudian, kami telah melihat pasar berkembang pesat dan sekarang Anda dapat menemukan pasar untuk segala sesuatu mulai dari barang bekas hingga makanan.

Di Indonesia sendiri, marketplace merupakan salah satu startup tersukses di Indonesia dan telah mencapai status unicorn seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Konsep dari marketplace juga sama dengan pasar tradisional, dengan kemajuan teknologi membeli dan menjual barang saat ini sudah menggunakan platform online. Pada dasarnya, marketplace menyediakan tempat bagi orang-orang yang ingin berjualan di website Anda. Ini kemudian menampilkan produk Anda di pasar saat pembeli potensial mencarinya. Jika calon pembeli benar-benar ingin membeli produk, mereka dapat membayar melalui pasar itu sendiri.

Berbeda dengan pasar tradisional, penjual tidak perlu membayar sewa untuk mendapatkan tempat di pasar. Ini jelas merupakan salah satu daya tarik pasar. Siapa yang tidak mau berjualan gratis? Cukup daftar dan Anda bisa mulai berjualan.

BACA JUGA :   Ketahui Ancaman Bagi Pembisnis Yang Sudah Mapan 2021

Jadi di mana keuntungan pasar? Sebagian besar pasar menggunakan layanan iklan premium sebagai sarana monetisasi. Jika Anda pernah mencari item di Tokopedia, Anda mungkin pernah melihatnya ditandai dengan pengeras suara. Produk yang menggunakan layanan TopAds Tokopedia agar tampil di urutan teratas pencarian.

Semua pasar, tidak hanya Tokopedia, kini menawarkan layanan iklan PPC. Anda tidak perlu membayar untuk iklan. Anda hanya membayar ketika seseorang mengklik produk yang Anda iklankan.

Toko Online: Online Shop

Perbedaan dari Online Shop Marketplace dan E-Commerce Seperti namanya, toko online mengacu pada berbagai toko yang ada di platform online. Pada dasarnya, toko online adalah tempat di mana barang atau jasa dijual melalui Internet. Toko online tidak harus berada di situs web. Anda juga bisa membuka toko online di media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Tidak seperti marketplace, berjualan di toko online membuat Anda berhubungan langsung dengan pembeli. Saat ini sudah banyak toko online yang dioperasikan oleh Instagram di Indonesia.

Untuk melakukan pemesanan, Anda dapat menghubungi kami melalui aplikasi chat seperti WhatsApp atau LINE. Kemudian bayar melalui transfer bank, kirim bukti pembayaran dan penjual akan mengirimkan barang ke alamat Anda.

E-Commerce

Orang sering dapat menggunakan istilah e-commerce untuk menggambarkan pasar. Mereka berbeda! Untuk menjual produk sendiri dan tidak ada brand orang lain untuk di perjual belikan. Oleh karena itu, Anda tidak dapat menemukan lebih dari satu toko online seperti di pasar.

BACA JUGA :   Tips Mudah Memulai Bisnis Properti Khusus Pemula

Sebuah brand atau penjual membuat website khusus untuk menjual produk yang mereka jual. Selain itu, semua transaksi dilakukan melalui situs web menggunakan keranjang belanja dan gateway pembayaran.

Online Shop VS Marketplace VS E-Commerce: Mana Yang Tepat untuk Anda?

Setelah mengetahui apa saja ketiga tempat jual beli online tersebut, mungkin Anda akan bingung bagaimana memilih yang terbaik untuk Anda. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih platform yang terbaik untuk Anda.

Faktor teknologi dan biaya

Tentu saja, hal pertama yang harus diperhatikan adalah faktor teknologi dan biaya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, e-commerce tentu membutuhkan biaya dan pengetahuan teknis yang lebih banyak daripada marketplace melalui media sosial atau toko online.

Hemat biaya

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf sebelumnya, biaya membuat website ecommerce sendiri lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan marketplace dan toko online melalui media sosial.

Brand dan Reputasi

Bergantung pada produk yang Anda jual, terkadang menjual di pasar dan media sosial mungkin lebih menguntungkan.

Marketing dan Traffic

Setelah Anda menempatkan produk Anda di pasar, Anda tidak memiliki kendali atas promosi yang mereka buat.

Artikel Seputar Tentang Otomotif Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

BACA JUGA :   Tips Strategi Pemasaran Digital Khusus Bisnis Kecil!

Leave a Comment