Kenali Apa Itu Fintech.! dan Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital

TWIBBONK.com – Kenali Apa Itu Fintech.! dan Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Dibandingkan 10 tahun yang lalu, teknologi telah berkembang sangat cepat. Tidak hanya merambah ranah teknologi itu sendiri, tetapi juga bidang lainnya. Teknologi keuangan tidak terkecuali. Perkembangan teknologi yang tiada mati nya dan akan terus berkembang semangkin canggih.

Dari transaksi melalui smartphone hingga pembayaran dan investasi dengan uang elektronik, semuanya kini menjadi mudah. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi fintech adalah bagian dari itu.

Apa itu Fintech?

Ya, istilah fintech memang menjadi perbincangan beberapa tahun terakhir. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan fintech? Fintech adalah singkatan dari Financial Technology dan merupakan gabungan antara teknologi dan keuangan atau sistem keuangan.

Menurut National Digital Research Center (NDRC), Fintech mengacu pada inovasi di sektor jasa keuangan atau inovasi keuangan dengan teknologi modern.

Definisi tersebut tidak jauh berbeda dengan yang dijelaskan oleh Bank Indonesia. Bank Indonesia dalam situs resminya mendefinisikan financial technology sebagai perpaduan antara teknologi dan jasa keuangan, yang mengubah model bisnisnya dari model bisnis tradisional ke tingkat menengah.

Sehingga masyarakat yang awalnya harus berurusan dengan transaksi tatap muka atau tatap muka kini dapat memproses transaksi dari jarak jauh dalam hitungan detik.

Apa saja manfaat Fintech?

Fintech telah berhasil memberikan banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan berkat penggunaan teknologi yang dipadukan dengan sistem keuangan. Dari memfasilitasi layanan keuangan hingga mendukung inklusi keuangan, Anda perlu mengetahui manfaat fintech.

  • Kemudahan Layanan Keuangan
BACA JUGA :   Daftar Aplikasi Terpopuler Versi Android Dengan Rating Tinggi

Salah satu manfaat yang ditawarkan fintech adalah kemudahan layanan keuangan, yang mungkin paling Anda hargai. Bandingkan dengan 10 tahun yang lalu. Ketika Anda ingin mentransfer uang, Anda mungkin harus pergi ke mesin ATM atau teller bank.

Tentu saja cukup merepotkan karena memakan waktu yang lama. Belum lagi semakin banyak waktu yang terbuang dalam antrian tentunya.

Namun berkat keberadaan fintech, segalanya bisa disederhanakan. Sekarang Anda hanya dapat mengirim uang melalui smartphone Anda.

Beberapa layanan fintech juga memungkinkan Anda untuk membayar berbagai tagihan bulanan seperti listrik, telepon, dan BPJS. Anda tidak perlu meninggalkan rumah untuk membuat kesepakatan ini, menghemat waktu dan energi Anda.

  • Membantu UKM mendapatkan modal usaha dengan suku bunga yang lebih rendah

Sebelum munculnya fintech, sebagian besar usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia mengandalkan pinjaman bank untuk membiayai bisnis mereka. Anda tidak perlu mengandalkan atau ketergantungan dengan pinjaman. Namun, perlu diingat kembali bahwa pinjaman bank biasanya memiliki tingkat bunga yang cukup tinggi. Persyaratannya cukup sulit dan sangat membuang waktu anda.

Kenali Apa Itu Fintech adalah solusi terbaik untuk membantu membina usaha kecil dan menengah. Saat ini, Indonesia memiliki sejumlah besar penyedia layanan tekfin yang menawarkan pinjaman modal perusahaan dengan suku bunga yang relatif rendah dibandingkan dengan suku bunga bank.

BACA JUGA :   Detoks Digital: Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sistem yang juga dikenal sebagai peer-to-peer lending ini merupakan praktik berbasis platform online yang mempertemukan pelaku UMKM yang membutuhkan dana dan pihak yang mau berinvestasi dan meminjamkan.

  • Dukungan Inklusi Keuangan

Inklusi keuangan berarti akses ke lembaga keuangan publik. Pada 2019, Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DKNI) menargetkan konsolidasi keuangan 75%. Namun sejauh ini baru 49% dari target yang tercapai. Untuk itulah pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan keuangan inklusif yang menyasar mereka yang berada di bawah piramida ekonomi. Biasanya, orang-orang ini tinggal di desa-desa terpencil.

Fintech menjadi solusi alternatif untuk membantu mencapai tujuan inklusi keuangan ini. Secara umum, karena layanan Fintech berbasis online, siapa pun dapat dengan mudah mengaksesnya selama mereka memiliki Internet. Hal ini sejalan dengan pilar ketiga pembangunan inklusi keuangan Indonesia: layanan keuangan digital yang inovatif.

Artikel Seputar Tentang Trading Anda Bisa Membacanya di Sini : www.twibbonk.com

Artikel terupdate tentang informasi menarik dan sangat bermanfaat dari Twibbonk.com, Ayo bergabung dan Ikutin chanel Telegram dengan Klik Link https://t.me/twibbonk Agar tidak ketinggalan dengan berita terupdate dari Twibbonk.com Selamat bergabung terima kasih.

Leave a Comment